Halo semua, selamat datang kembali di Bicara Indonesia. Ngomong ngomong, setelah sebelumnya Bicara sempat membahas mengenai objek objek terbesar dan objek objek terkecil di alam semesta, sekarang ada lagi nih objek objek terjauh di alam semesta. Kalian pasti penasaran kan apa aja? Simak selegkapnya disini ya.

Galaksi Terjauh

Objek terjauh yang pertama adalah, GN-z11. GN-z11 merupakan galaksi terjauh dan tertua di alam semesta kita yang berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble. Galaksi yang satu ini memiliki pergeseran merah sebesar 11,09 yang diperkirakan setara dengan jarak sekitar 32 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Menurut hasil pengamatan teleskop Hubble, galaksi ini berumur sekitar 400 juta tahun setelah terjadinya Big Bang. Bagaimana bisa ilmuwan mengetahui umur galaksi ini?

Well, diketahui alam semesta kita ini telah berumur 13,8 miliar tahun semenjak awal mula terbentuknya alam semesta, yaitu bigbang.

Cahaya Dari Masa Lalu

Cahaya galaksi GN z11 yang ditangkap oleh teleskop hubble adalah cahaya yang datang terlambat sampai ke Bumi selama 13,4 miliar tahun cahaya, nah dari situ sudah dipastikan bahwa umur galaksi GN z11 adalah sekitar 400 juta tahun cahaya.

Objek terjauh dari Bumi : Galaksi GN z11

Foto galaksi GN yang kalian dapatkan atau lihat disini adalah foto galaksi muda. Kalau misalkan kita sekarang pergi ke galaksi GN z11, penampilannya tidak akan seperti ini. Foto yang kita lihat adalah foto galaksi purba yang baru bisa tertangkap oleh Bumi karena jaraknya yang sangat jauh. Kemungkinan kita baru akan bisa melihat foto galaksi GN z11 pada saat ini adalah pada 13,4 miliar tahun atau 32 miliar tahun cahaya mendatang. Well, lama sekali ya.

Bahkan kalau sekarang kita pergi kesana, Galaksi GN z11 tidak akan berada di tempatnya sekarang ini guys, seperti yang kita tau alam semesta ini berkembang, mungkin pada masa ini di sudah bergabung dengan galaksi lain, atau bergeser semakin jauh atau malah semakin dekat, nggak tau deh.

Dan by the way seain GN z11, ada lagi galaksi lain yang terjauh dari Bumi kita, yakni MACS0647-JD. Galaksi ini memiliki pergeseran merah sekitar 10,7 yang setara dengan jarak tempuh cahaya 13,26 miliar tahun cahaya. Dengan jarak nya yang sebesar itu, diperkirakan umurnya sekitar 427 tahun setelah terjadinya Big bang.

Galaksi yang satu ini adalah galaksi yang cukup muda, ukurannya juga lebih kecil dari galaksi Bimasakti dan berisi sekitar satu miliar bintang. Ia terletak pada konstelasi Camelopardis.

Walaupun jarak galaksi yang satu ini sudah diketahui, para ilmuwan masih sedikit gembling nih atas hasil penemuannya. Hal tersebut dikarenakan ada yang mengatakan pergeseran merahnya sebesar 10,3 atau 11,9. Well untuk mengetahui mana yang benar. Kita tunggu saja peluncuran teleskop Jamess Webb, nantinya dia yang aka melengkapi semua penemuan Hubble.

Bintang Terjauh

Objek terjauh yang akan kita bahas berikutnya adalah bintang terjauh, bernama Icarus. Icarus yang memiliki nama lain MACS J1149 Lensed Star 1 atau LS1. Yang merupakan sebuah Blue Supergiant Star yang berhasil ditemukan menggunakan Lensa Gravitasi milik teleskop Hubble. Bintang ini diperkirakan berjarak sekitar 9 atau 14 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Objek terjauh dari Bumi : Icarus Star
Farthest Star Ever Seen – NASA

Icarus ini ditemukan oleh seorang astrofisikawan, Patrik L Kelly, ketika ia dan rekannya sedang mempelajari Supernova SN Refdal. Pada jarak sejauh itu biasanya astronom hanya dapat menemukan galaksi atau supernova, karena Bintang tidak memiliki cahaya yang cukup terang untuk ditemukan. Tapi berbeda dengan si bintang biru yang satu ini.

Icarus berhasil ditemukan karena lensa gravitasi hubble, yaitu sebuah efek dimana cahaya icarus melewati sebuah galaksi yang berada diantara Bumi dan icarus. Galaksi tersebut berperan seperti layaknya kaca pembesar yang membuat icarus menjadi terlihat jelas.

Icarus ini diidentifikasi sebagai bintang yang stabil, kerena setelah diamati, tidak terlihat adanya perubahan suhu pada icarus, dan itu juga yang membuatnya mudah untuk ditemukan.

Bintang Icarus Diduga Sudah Tidak Ada

Icarus diperkirakan sudah tidak ada guys, karena menurut temuan para ilmuwan, sebuah bintang biru tidak memiliki umur hingga 9 miliar tahun. Dengan jaraknya yang sebesar 9 miliar tahun, kemungkinan selama itu jugalah umurnya icarus.

Dengan ukuran yang lebih besar serta cahaya yang lebih terang dari matahari kita, mungkin sekarang ia sudah runtuh menjadi Blackhole atau Bintang Neutron.

Seperti yang Bicara sebutkan tadi bahwa alam semesta kita sudah berumur 13,8 miliar tahun. Dengan melihat icarus, artinya kita sudah melihat tiga perempat masa lalu alam semesta kita. Tapi dengan diluncurkannya teleskop james webb beberapa tahun kedepan, Kelly berharap kita bisa melihat lebih jauh dari itu.

Supernova

Nah setelah galaksi dan Bintang, kini kita akan membahas objek terjauh selanjutnya yaitu supernova. Supernova terjauh yang berhasil ditemukan oleh hubble hingga saat ini. Ada 3 supernova yang tercatat terletak paling jauh dari Bumi.

SN UDS10Wil

SN UDS10Wil atau SN Wilson merupakan supernova tipe Ia (dibaca one a) yang paling jauh pada tahun 2013. Tidak ada keterangan lain mengenai Supernova yang satu ini, kalau kalian punya infonya boleh bagikan di kolom komentar ya.

Supernova ini meledak sekitar 10 miliar tahun yang lalu, yang artinya cahaya yang kita lihat saat ini dari supernova ini adalah cahaya pada 10 miliar tahun yang lalu. Ledakan bintang yang satu ini kemungkinan terjadi saat Alam semesta kita berukuran 1/3 lebih kecil dari ukurannya sekarang.

SN 1000+0216

Lalu yang kedua ada SN 1000+0216. Supernova ini merupakan supernova terjauh dari semua jenis supernova. Kecerlangannya terlihat sejak Juni hingga November 2006, ledakannya berhasil diamati pada tahun 2012. Ia termasuk kedalam Superluminous Supernova.

DES16C2nm

Supernova ini adalah supernova yang terjadi sekitar 3 miliar tahun setelah terbetuknya alam semesta. Cahaya nya baru sampai d Bumi pada 10,5 miliar tahun kemudian, tepatnya pada bulan Agustus 2016. Setelah diamati oleh para ilmuwan, ternyata supernova ini sudah menampakan diri sejak maret 2016.

Supernova ini memiliki kecerlangan 100 kali lebih terang dari supernova pada umumnya. Ia menjadi Supernova Superterang atau Superluminous Supernova paling jauh yang ditemukan hingga saat ini.

Kesimpulan

Well guys, tidak banyak informasi yang bisa kita dapatkan mengenai objek terjauh dari Bumi, dan itu tadi adalah beberapa informasi yang bisa kita berikan ke kalian .

Dan ngomong ngomong, penemuan ini adalah penemuan teleskop Hubble selama masa bertugasnya. Semoga dengan diluncurkannya teleskop James Webb nanti, Webb akan memberikan informasi yang lebih luas dan lengkap lagi mengenai objek objek antariksa yang jauh. Dan tentunya mengenai supernova ini, kita tunggu saja peluncuranya.

Anyway, itu semua adalah informasi yang bisa kita kasih ke kalian. Terimakasih sudah mampir, sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Sumber :

  • SN UDS10Wil – Wikipedia
  • SN 1000+0216 – Wikipedia
  • Record Breaker! Powerful Supernova Is Most Distant Ever Seen – Space
  • Astronomers discover the most distant supernova ever detected – Astronomy
  • Farthest Star Explosion Yet Revealed by Hubble – Space.com
  • Ilmuwan Temukan Icarus, Bintang Terjauh Berjarak 9 Miliar Tahun Cahaya – Liputan 6
  • These Are The Most Distant Astronomical Objects In The Known Universe – Forbes
  • How Far Is The Most Distant Object In The Universe? – Farmer’s Almanac