Perbedaan Nova Supernova Hipernova dan Kilonova – Tentunya kalian pernah dengar tentang supernova kan? Yap betul ledakan Bintang. Hmm kalo misalkan Nova, kalian pernah denger nggak? Bukan nama orang ya tapi wkwk, terus hipernova pernah nggak? Atau kilonova?. Well well well, apasi sebenarnya para nova ini? Kalian penasaran kan? Mereka bukan sodara kembar loh, hmm tapi bisa dibilang kakak beradik wkwkwk.

Well, pada kesempatan kali ini kita mengajak kalian untuk membahas perbedaan Nova, Supernova, Hipernova dan Kilonova. Simak pembahasannya dibawah ini ya.

Peristiwa Kosmik

Perbedaan Nova Supernova Hipernova dan Kilonova

Nova, Supernova, Hipernova dan Kilonova adalah peristiwa kosmik yang terjadi di alam semesta kita, alam semesta ini tidak hanya berisi bintang, planet dan galaksi saja guys. Mari kita ulik satu persatu peristiwa kosmik ini dan kita cari tahu perbedaannya.

Nova

Yangpertama adalah Nova, perlu kalian ketahui Nova ini berbeda dengansupernova yang terjadi karena ledakan bintang. Nova dapat terjadikarena sebuah bintang yang kembali bersinar lagi setelah mati selamabertahun tahun. Bisa dibilang Nova adalah ledakan nuklir yang disebabkan oleh akresihidrogen ke permukaan sebuah katai Putih.

Seperti yang bicara pernah ungkapkan di artikel sebelumnya, matahari dapat bersinar karena adanya reaksi fusi di inti mereka, yang mengubah hidrogen menjadi helium.

Ketika hidrogen habis, bintang bintang seperti Matahari akan melontarkan lapisan atmosfer terluarnya, sehingga hanya menyisakan inti bintang yang sangat kecil dan sangat panas yang kita kenal sebagai katai putih.

Katai putih adalah inti atom bintang mati yang sudah kehabisan bahan bakar, biasanya katai putih cenderung berada dalam sebuah sistem bintang biner dimana ia mempunyai pasangan dan saling mengorbit satu sama lain. Jika dalam sistem bintang binner terdapat katai putih dan bintang lainnya sedang dalam fase raksasa merah atau fase evolusi menjelang akhir kehidupan bintang yang terjadi sebelum bintang menjadi katai putih, si bintang katai ini mampu menarik material dari bintang raksasa merah tadi menggunakan gravitasinya.

Materialbintang raksasa merah yang ditarik oleh katai putih akan menjadihidrogen, hidrogen tersebut akan menyala dengan cepat ketika mencapaipermukaan bintang katai putih yang sangat panas. Hal ini menyebabkanledakan nuklir besar di permukaan katai putih dan akhirnya bintangini kembali bersinar. Peristiwa itulah yang kita lihat dilangitsebagai nova.

Supernova

Setelah Nova selanjutnya kita bahas mengenai Supernova, familiar sekali ditelinga kalian pastinya. Seperti yang kita sebutkan sebelumnya, Supernova adalah sebuah ledakan bintang, Sederhananya Supernova adalah proses kematian sebuah bintang masif. Pada saat terjadi ledakan, secara singkat Supernova dapat menyala dengan sangat terang, cahaya nya melampaui cahaya keterangan semua bintang di galaksi jika disatukan dan memancarkan lebih banyak energi daripada energi dari sinar Matahari di sepanjang masa hidupnya.

Perbedaan Nova Supernova Hipernova dan Kilonova

Sebuah bintang akan mengalami fase kematian tergantung pada masanya. Matahari kita tidak akan mengalami supernova karena massanya tidak cukup untuk meledak sebagai supernova. Bintang akan mengalami supernova jika memiliki massa paling minnimal 15 kali massa matahari pada sat ini.

Ohiya, supernova itu terdiri dari 2 tipe. Tipe yang pertama adalah tipeI, yakni terjadi ketika sebuah bintang mencuri materi dari bintangtetangga terdekat hingga reaksi nuklir padanya menyala, lalu yangkedua adalah Supernoba tipe II, yaitu supernova yang terjadi ketikasebuah bintang kehabisan bahan bakar nuklir yang menyebabkan iamengalami keruntuhan gravitasi.

Supernova ini merupakan sumber utama elemen berat yang ada di alam semesta.

Setiap 50 tahun sekali di dalam galaksi seukuran galaksi Bima Sakti kemungkinan akan terjadi sekali ledakan supernova. Dengan kata lain, sebuah bintang dapat meledak setiap beberapa detik atau lebih disuatu tempat di alam semesta, dan beberapa diantaranya tidak jauh dari Bumi.

Hipernova

Lalu sekarang ada hipernova.

Sebenarnya hipernova adalah sebuah ledakan supernova, namun hipernova merupakan jenis ledakan bintang yang memiliki luminositas 100 atau lebih tinggi lagi dari supernova pada umumnya. Seringkali Hipernova disebut sebagai supernova yang berluminositas super, atau super supernova, karena ledakannya lebih besar dari supernova. Tapi apa kalian bertanya tanya kenapa ledakan hipernova bisa lebih besar dibandingkan dengan supernova?

Menurut teori para ilmuwan, ada beberapa yang menjelaskan terjadinya ledakan bintang yang sangat dahsyat ini disebabkan oleh keruntuhan sebuah bintang masif populasi 3 ataupun penggabungan dua bintang dalam sistem bintang binner. Selain itu ada juga yang menjelaskan hipernova terjadi karena ledakan bintang yang memiliki massa lebih besar dari massa bintang yang menyebabkan supernova, setidaknya massanya 30-100 kali massa Matahari kita.

Hmm kalo menurut bicara sih cukup masuk akal ya, pantas saja ledakannya lebih besar, itu karena massanya yang lebih besar juga, kalo menurut kalian gimana? Ungkapkan pendapat kalian di kolom komentar ya.

Kilonova

Dan yang terakhir adalah Kilonova, Sebelumnya ada yang pernah denger? Kalo diantara kaliam ada yang mengikuti perkembangan dunia sains belakangan ini, kalian pasti ada yang pernah denger atau baca mengenai adanya penggabungan antara dua bintang neutron yang berjarak sekitar 150 juta cahaya dari Bumi, yang terdeteksi oleh observatorium gelombang gravitasi LIGO dan Virgo pada bulan agustus 2017 silam.

Peristiwa ini adalah peristiwa penggabungan bintang neutron yang pertama kali yang terjadi bersamaan dengan gelombang gravitasi yang menyertainya, yang diidentifikasi sebagai sinar gamma. Peristiwa ini menghasilkan sebuah nama baru dalam astronomi yaitu kilonova. Diketahui kilonova adalah jenis ledakan bintang yang terjadi saat dua atau lebih bintang neutron bertabrakan dan melepaskan sejumlah besar energi. Energi ini diperkirakan 1.000 kali atau lebih besar dari energi sebuah Nova.

Ledakankilonova diidentifikasi menghasilkan elemen elemen berat seperti emasdan platinum dalam jumlah besar ke seluruh penjuru alam semesta.Peristiwa kosmik yang satuini memberikan bukti terkuat bahwa tabrakan antara bintang neutronmenjadi salah satu penyebab ledakan sinar gamma dengan durasi yangpendek.

Kesimpulan

Nah guys, dari yang barusan dijelaskan oleh bicara, apa kalian bisa menarik kesimpulan apa perbedaan dari tiap peristiwa kosmik itu? Yap mereka jelas berbeda, nova, supernova, hipernova dan kilonova adalah sebuah fenomena yang terjadi akibat objek yang berbeda beda.

Nova adalah kembali bersinarnya bintang setelah mati, supernova adalah ledakan bintang yang terjadi sebagai salah satu proses evolusi sebuah bintang yang masif, hipernova hampir sama dengan supernova hanya saja massa bintangnya jauh lebih massif lagi, dan kilonova adalah ledakan yang terjadi akibat tabrakan dua bintang neutron.

Sumber :

  • Mengenal Nova, Supernova, Hipernova, dan Kilonova – Info Astronomy
  • Apakah Perbedaan Nova, Supernova, dan Hipernova? – Dictio