Senja, Indah banget ya? Pantes aja banyak banget rakyat senja di Indonesia. Keren banget ngga sih? Ketika siang kita bisa lihat langit Bumi berwarna biru cerah, dan ketika sore hari berubah menjadi warna oranye atau merah terang. Kalo kalian sudah cukup takjub dengan penampakan senja di Bumi, kalian harus melihat senja di Mars. Kalian semua tau nggak di balik Planet Merah yang satu ini tersembunyi keindahan yang kalian dapat lihat ketika senja, Ternyata senja di planet mars itu berwarna biru loh.

Nah kalian penasaran kan kenapa senja di Mars ini berwarna biru? Jangan bingung, kita bakal jelasin buat kalian.

senja di mars ternyata berwarna biru

Bumi dan Mars

Bumi dan Mars memiliki banyak sekali kemiripan, dari unsur alamnya, periode rotasi dan revolusinya juga hanya berbeda beberapa jam dan beberapa hari.

Selain dari itu Bumi dan Mars juga seperti dua planet yang berada di dunia cermin. Mars dikenal dengan Planet Merah sementara Bumi adalah Kelereng Biru, Mars merupakan planet dengan gurun yang dingin sementara Bumi penuh dengan air dan kehidupan.

Dan masih banyak hal lain yang menarik untuk di bahas megenai kedua planet ini tapi yang paling menarik adalah perbedaan warna kedua planet ini yang saling terbalik ketika siang dan senja.

Tapi ini bukan kebetulan semata ya guys, ada penjelasannya secara ilmiah, fenomena ini terjadi dikarenakan beberapa penyebab.

Atmosfer

Tahukah kalian kalau atmosfer Bumi dan Mars itu berbeda? Mari kita bahas sedikit mengenai Atmosfer

Atmosfer merupakan sebuah lapisan gas yang menutupi atau melingkupi planet, dari permukaan hingga ke luar angkasa

Ia mengandung campuran campuran gas yang lebih dikenal dengan nama udara jika di Bumi. Udara adalah campuran berbagai unsur dan senyawa kimia, sehingga udara menjadi beragam yang terjadi karena kandungan uap air dan susunan masing masing bagian sisa udara atau yang disebut udara kering.

Atmosfer Bumi terdiri dari oksigen (20,97%) dan nitrogen (78,17%) , dengan argon (0.9%), karbon dioksida sekitar (0,0357%), uap air dan gas lainnya. Atmosfer di Bumi dapat dikatakan cukup tebal hingga kita bisa hidup di Bumi.

Sedangkan atmosfer planet mars mengandung nitrogen (2,7%), oksigen (0,2%), argon (1,6%), karbon dioksida (95,72%) Uap air (0,03%) dan gas lainnya, atmosfer pada planet mars ini terbilang sangat tipis. Perbedaan atmosfer pada Mars dan Bumi ini salah satu penyebab kenapa Senja di planet Mars itu berwarna biru dan di Bumi berwarna merah.

Cahaya Matahari

Kalian sebelumnya udah tau belum kalo Matahari itu punya warna dengan panjang gelombang yang berbeda beda? Panjang gelombang matahari tidak semua nya dapat ditangkap oleh mata kita, hanya beberapa cahaya yang sangat kuat saja yang bisa tertangkap oleh mata kita.

Senja di Bumi

senja di mars ternyata berwarna biru

Ketika siang hari di Bumi matahari berada di atas kita, jarak lintasan cahaya matahari dengan mata kita tidak terlalu jauh. Atmosfer di Bumi kita seperti yang kita sudah bahas tadi, sebagian besar mengandung oksigen dan nitrogen.

Oksigen dan nitrogen mempunyai kemampuan untuk menyebarkan cahaya dengan panjang gelombang yang pendek seperti cahaya biru dan cahaya ultra violet.

Panjang gelombang warna dari Matahari yang dapat kita tangkap adalah warna biru, karena warna lainnya terhamburkan ke segala arah, sedangkan warna biru tidak terlalu menyebar sehingga dapat tertangkap oleh mata kita karena gelombang warna biru memiliki lintasan warna yang pendek, dan itulah mengapa langit di siang hari berwarna biru.

Lain halnya dengan sore hari, pada sore hari lintasan cahaya matahari ke mata kita jaraknya akan lebih panjang, dan yang terjadi adalah cahaya dengan gelombang paling pendek seperti warna biru akan tersebar kemana mana.

Akibatnya mata kita hanya menangkap sedikit dari warna tersebut. Sedangkan cahaya merah yang memiliki gelombang paling panjang akan paling sedikit di sebarkan, jadi sebagian besar akan langsung tertangkap oleh mata kita. Dan itulah mengapa senja di Bumi berwarna merah.

Senja di Mars

Berwarnabiru nya Mars ketika senja juga memiliki penjelasan yang sama dengansenja Bumi yang berwarna Merah.

Atmosfer di Mars sangat renggang, takanannya setara dengan 1% tekanan atmosfer Bumi. Atmosfer di mars sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dan memiliki banyak debu yang cenderung menyebarkan cahaya merah sehingga langit tampak kemerahan pada siang hari di Mars.

Sebaliknya, di Bumis cahaya dari Matahari dihamburkan oleh molekul molekul atmosfer, yang membuat langit berwarna biru.Ketika Matahari terbenam atau senja, cahaya Matahari harus melewati atmosfer yang lebih tebal di cakrawala.

Di Mars, panjang gelombang warna biru lah yang mampu menyelinap, lewat atmosfer tebal dan berdebu daripada gelombang warna merah. Dan itulah mengapa senja di Mars berwarna biru.

Kesimpulan

Nah sekarang kalian paham kan, ternyata perbedaan warna di Bumi dan di Mars ini disebabkan karena unsur unsur dari planet itu sendiri, dan sebagian besar dipengaruhi oleh atmosfernya.

Untuk kalian ketahui, kalian harus bersyukur loh kalian bisa melihat senja di Bumi walaupun berwarna merah, jangan sedih dan jadi pengen pindah ke Mars ya, soalnya kalo di planet lain seperti Merkurius dan venus, Kita nggak bisa liat senja atau matahari terbenam loh.

Merkurius tidak mempunyai atmosfer sehingga cahaya matahari bakal langsung menghilang gitu aja, sedangkan planet venus atmosfernya sangat tebal dan padat, sampai sampai kita nggak bisa liat ada cahaya matahari menembus venus.

Waduh! Apa indahnya dunia tanpa senja ya? Wkwkwk nggak ada manusia penimat kopi dan senja nanti ehehehe. Boleh dong komen dibawah kalian lebih suka senja dengan langit oranye atau biru guys?

Hmm anyway guys, itu semua adalah informasi yang bisa kita kasih ke kalian mengenai senja di Mars ternyata berwarna biru, cukup menarik ya? Dan semoga bisa menambah wawasan kalian.

Sumber :

  • Inilah Mengapa Matahari Terbenam di Mars Warnanya Biru – Info Astronomy
  • Sunset di Mars Berwarna Biru, Ternyata Ini Sebabnya – HiTekno
  • Atmosfer Bumi – Wikipedia
  • Mars – Wikipedia