Halo semua, selamat datang kembali di Bicara Indonesia. Pada kesempatan kali ini Bicara akan mengajak kalian untuk menjelajahi tempat paling menyeramkan di alam semesta untuk kedua kalinya. Wah, kali ini ada apa saja ya? penasaran? Yuk, Ikuti kisahnya hanya di Bicara Indonesia.

Untuk kalian yang belum mampir ke artikel Tempat Paling Menyeramkan di Alam Semesta part 1 silahkan klik disini ya.

Nebula Boomerang

Nebula Boomerang

Tempat paling menyeramkan di alam semesta yang pertama adalah Nebula Boomerang. Tentunya kalian sudah sering mendengar nama nebula ini kan? Memang nebula ini cukup terkenal. By the way nebula ini adalah awan gas besar yang dikeluarkan dari sebuah bintang sekarat pada kontelasi Centaurus. Para astronom menemukan bahwa suhu pada nebula ini bisa turun hingga setengah derajat di atas titik nol mutlak.

Kalau ada diantara kalian yang berniat untuk berkunjung ke Nebula Boomerang, bersiap siaplah kalian ehehe. Jika manusia terkena suhu yang sangat dingin, maka darahnya akan membeku, dan semua atom dalam dalam tubuh kalian serta semua proses yang terjadi didalam tubuh seperti pencernaan, akan berhenti bergerak. Aliran darah, sirkulasi udara, dll akan berhenti. Well sepertinya Nebula Boomerang bukan destinasi wisata yang baik guys ehehe.

Meskipun tempatnya sangat dingin dan tidak ramah, nebula yang satu ini menjadi salah satu lokasi paling berharga dalam penelitian dunia astronomi. Karena nebula ini bukanlah nebula yang sepenuhnya matang, bintang pusatnya belum benar benar mati guys, tapi ia masih dalam masa sekarat.

Bintang Zombie

Tempat Paling Menyeramkan di Alam Semesta 2 : Bintang zombie Zombie Star

Pada umumnya jika sebuah bintang mati ia meledak dalam supernova. Tapi beda halnya dengan bintang ini, mereka dapat bangkit kembali dari kematian mereka dan kembali bersinar, mereka dinamakan bintang zombie. Setiap akhir kehidupan bintang, mereka akan menjadi white dwarf atau katai putih. Ini adalah saat dimana semua energi nuklir dari sebuah bintang telah habis dan mereka berubah menjadi bintang dingin hingga akhirnya menghilang dan menjadi hampa dalam beberapa miliar tahun.

Bintang zombie dapat mencuri energi dari bintang tetangga yang masih bersinar. Faktanya, mereka bisa melahap cukup banyak bahan bakar dari bintang lainnya sehingga dapat memicu ledakan nuklir yang luar biasa. Ledakan itu cukup untuk menghidupkan kembali bintang bintang yang sekarat, seperti halnya zombie yang bertahan hidup dengan memakan organ dalam makhkluk hidup agar mereka bisa bertahan hidup. Mereka secara resmi dikenal sebagai “Supernova tipe 1”.

selain itu bintang zombie tidak hanya aneh, mereka ternyata bisa sangat berguna guys. Karena bintang zombie in isangat terang dan kecerahannya konsisten, mereka berguna untuk menghitung jarak alam semesta. Para ilmuwan bisa menggunakan mereka untuk melacak perkembangan alam semesta, sehingga memberikan kita pemahaman yang lebih lagi mengenai gravitasi dan energi yang ada di alam semesta.

Lubang Hitam Pengembara

Tempat Paling Menyeramkan di Alam Semesta3 : Lubang Hitam Pengembara Rogue Black Hole

Well mungkin diantara kalian yang follow instagram bicara pernah melihat postingan mengenai bintang pengembara dan planet pengembara. Tapi selain itu, kini ada lubang hitam pengembara. Seperti yang kita sebutkan sebelumnya, lubang hitam itu cukup mengerikan.

Dalam galaksi kita sendiri diperkirakan ada 100 juta lubang hitam, dan mereka masih menjadi fenomena paling misterius di alam semesta. Biasanya kita tahu bahwa lubang hitam berada di suatu tempat dan mereka dengan asiknya melahap semua objek yang ada di sekitarnya, tapi kali ini berbeda.

Ada semacam lubang hitam yang sangat mengerikan yang mengelilingi ruang angkasa dan antar galaksi, yang memakan apa saja yang dilewatinya. Mereka dikenal dengan Lubang hitam pengembara yang sampai saat ini diketahui memiliki kecepatan 5 juta km per jam.

Tapi kita masih belum tahu kenapa ada lubang hitam yang berkeliaran seperti yang satu ini. Ada salah satu hipotesis yang mengatakan bahwa lubang hitam ini terlempar karena adanya tabrakan antar galaksi.

The Great Attractor

Tempat Paling Menyeramkan di Alam Semesta : The great attractor

Nah, sekarang kita ada di urutan paling akhir, yaitu The great attractor atau penarik hebat, yaitu sebuah anomali gravitasi nyata dalam ruang intergalaksi di pusat Laniakea Supercluster lokal, tempat Bimasakti berada, di Zona Penghindaran yang sangat sulit diamati dalam panjang gelombang yang terlihat.

The Great Attractor terletak jauh didalam alam semesta kita berada, ia adalah sebuah objek yang bisa dikatakan sebagai mimpi buruk astronomi. Penarik hebat ini pertama kali diteorikan pada tahun 1970-an, ketika para astronom menyadari bahwa bimasakti sedikit lebih hangat di satu sisi daripada yang lain dan bahwa ia bergerak melalui ruang angkasa dengan kecepatan sangat cepat yaitu 600 kilometer per detik.

Great Attractor Sudah Ada Sejak Lama

Dalam sebuah teori menjabarkan bahwa sejak dari miliaran tahun yang lalu, secara perlahan tapi pasti ada sesuatu yang menarik kita yaitu semua objek di alam semesta dan segala sesuatu di dekat kita untuk mendekat pada objek tersebut. Satu satunya kekuatan yang dapat melakukan hal tersebut adalah gravitasi.

Artinya diluar atau di dalam alam semesta kita ini ada sesuatu hal yang sangat besar yang memberikan tarikan gravitasi tanpa henti. Tapi para ilmuwan belum menemukan apa sebenarnya objek tersebu. Ya pemahaman kita ini terbatas guys, selain karena kurangnya alat yang super super canggih, masalah utama nya adalah bahwa penarik hebat atau objek yang satu ini berada dalam zona penghindaran yang belum dapat di cakup oleh manusia. Tempat Ini adalah area ruang yang berada di luar bimasakti ke arah konstelasi centaurus.

Yang menyebabkan zona penghindaran belum dapat dicakup oleh manusia adalah karena sebagian besar tempat tersebut dikaburkan oleh objek objek ruang angkasa lainnya. Seperti bintang, gas, dan debu yang memenuhi galaksi kita. Jadi para ilmuwan juga masih belum bisa dan belum menemukan cara untuk meneliti apa yang dapat menyebabkan anomali gravitasi yang sangat besar ini.

Bisa jadi hal ini berasal dari Lubang hitam yang super super super supermasif dan besar, red super super super superginat star, atau mungkin ada sesuatu yang memang belum pernah ditemukan sebelumnya? Hmm bicara juga nggak tau guys, kita tunggu saja penelitian lanjutan dari para ilmuwan kita ehehe. Kalo menurut kalian penarik hebat ini apa guys?

Kesimpulan

Nah, itu semua adalah Tempat Paling Menyeramkan di Alam Semesta yang kedua, cukup menyeramkan juga ya, apalagi lubang hitam pengembaranya, suatu saat pasti ia bakalan sampai di tata surya kitta guys, ya walaupun kemungkinannya masih lama banget, sekitar jutaan sampai miliaran tahun kedepan, tapi pasti terjadi.

Sumber :

  • 10 Most Terrifying Places In The Universe – Youtube