Harapan Sains di Masa Depan

Hallo, sobat Bicara! Berbicara mengenai sains, pikiran kita akan langsung menghadirkan berbagai informasi mengenai ilmu pengetahuan. Dengan sains, mungkin kita bisa menjelajah waktu di masa depan, guys. Selain itu, masih ada lagi beberapa harapan sains lainnya yang akan kita bahas kali ini.

Dari dulu, sains telah berhasil mengungkapkan berbagai hal yang sebelumnya masih menjadi misteri atau bahkan mustahil. Bahkan hingga kini masih terdapat beberapa hal yang menjadi harapan sains meskipun masih menjadi sebatas angan-angan. Apa sajakah itu? Berikut 5 harapan sains yang sekarang mustahil untuk terjadi, tapi mungkin bisa menjadi kenyataan di masa depan.

Sains

1. Kemampuan Teleportasi

Teleportasi adalah aktivitas berpindah tempat dari satu titik ke titik lainnya secara langsung. Sampai saat ini mungkin kita hanya bisa melihat praktik teleportasi melalui film-film science fiction dan futuristic saja.

Tapi, bukan tidak mungkin di masa depan kita sendiri bisa melakukannya. Pasalnya, laman sains Phys pernah melaporkan bahwa ada ilmuwan yang berhasil melakukan teleportasi kuantum 3 dimensi. Selain itu, sebuah jurnal berjudul Physical Review Letters juga telah mencatat studi dan penelitian mengenai teleportasi yang pernah dilakukan ilmuwan asal Tiongkok dan Australia.

Pada jurnal tersebut, diceritakan kalau mereka berhasil memindahkan partikel cahaya terkecil ke tempat yang sangat jauh dalam waktu yang hampir bersamaan. Hasil penelitian ini dan berbagai studi lainnya mungkin saja bisa dijadikan sebagai modal dan dasar teoritis untuk menciptakan kemampuan teleportasi yang bisa memindahkan objek tertentu di masa depan.

Kalau nantinya memang ada kemampuan teleportasi, mungkin tidak akan ada lagi yang namanya datang terlambat ke sekolah ya, guys.

2. Time Travel

Harapan sains selanjutnya adalah time travel atau menjelajah waktu. Saat ini, hal tersebut mungkin masih terdengar konyol untuk dibicarakan. Namun, bukan tidak mungkin juga hal ini bisa menjadi kenyataan di masa depan, guys.

Bahka laman sains Space mencatat bahwa secara teoritis, perjalanan waktu itu bisa dilakukan, hanya saja pada praktiknya masih tidak bisa dilakukan karena akan bertabrakan dengan hukum-hukum fisika yang ada. Untuk saat ini, time travel memang belum bisa diwujudkan.

Karena hingga kini pun manusia belum sanggup menciptakan wahana atau alat transportasi yang bisa menembus kecepatan cahaya. Kalau pun bisa, apakah manusia bisa bertahan di dalam alat transportasi tersebut? Rasanya tidak, manusia akan hancur karena massanya tidak dapat bertoleransi dengan kecepatan cahaya yang super cepat.

Tapi bukan berarti menjelajah waktu juga benar-benar hal yang mutlak mustahil ya, guys. Ilmuwan sekelas Albert Einstein dan Stephen Hawking saja tidak membantah kalau manusia mungkin bisa melakukan time travel di masa depan, meskipun kemungkinannya sekarang masih sangat kecil.

3. Menjelajahi Alam Semesta

Pada tahun 1977 silam, NASA pernah meluncurkan dua wahana yang ditugaskan untuk menjelajah alam semesta. Hal ini dicatat dalam laman resmi milik mereka. Kedua wahana tersebut diberi nama Voyager 1 dan Voyager 2 dan hingga saat ini, keduanya masih menyusuri suatu tempat yang disebut dengan zona ruang bintang. Kabarnya zona ini merupakan wilayah yang menjadi perbatasan tara surya kita.

Pencapaian kedua wahana ini untuk mencapai zona tersebut tidak lepas dari dukungan baterai berteknologi nuklir. Dengan dukungan baterai tersebut, kedua wahana ini diprediksi akan mampu mencapai zona di luar tata surya kita. Sayangnya, beberapa tahun ke depan mungkin kita akan kehilangan kontak dengan keduanya karena baterai tersebut hanya dapat bertahan hingga 50 tahun. Sementara Voyager 1 dan 2 sudah berada di luar angkasa sana sejak tahun 1977.

Kalau sekarang saja manusia sudah bisa meluncurkan wahana antariksa tanpa awak, mungkin nanti manusia bisa mengirimkan wahana penjelajah antariksa dengan awak.

Kita tunggu saja ya, guys. Sekarang ini ilmuwan masih fokus pada rencana peluncuran manusia pertama kali ke planet Mars pada tahun 2030 nanti.

4. Menghidupkan Manusia yang Sudah Tiada

Harapan sains yang satu ini mungkin terdengar sangat gila dan terkesan melawan takdir. Namun, kalau sudah berbicara sains rasanya apa saja mungkin bisa dibayangkan dan diimajinasikan. Secara teori, saat ini ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan manusia yang sudah meninggal.

Cara pertama adalah dengan mengawetkan manusia itu sendiri. Mungkin ada teknologi pengawet manusia yang bisa mengaktifkan kembali jasad manusia di tahun yang diinginkan. Seperti yang sempat viral sebelumnya mengenai teknologi Cryonic, yang katanya mampu menghidupkan orang yang sudah meninggal. Tapi ternyata faktanya cryonic bukanlah teknologi yang bisa menghidupkan orang mati, melainkan mengawetkan tubuh dan organ dalam manusia yang sudah meninggal agar awet dan tidak membusuk.

Sementara itu, cara yang kedua adalah dengan memindahkan otak manusia ke tubuh baru. Secara fisik mungkin orang tersebut berubah, namun memori dan ingatannya tetap sama. Saat ini mari kita berangan-angan saja sambil terus mengikuti perkembangan sains sesuai zaman ya.

5. Memperpanjang Usia Manusia

Dunia medis berkembang begitu cepat dan pesat mengikuti perkembangan sains dan teknologi. Bukan tidak mungkin bila di masa depan hadir teknologi baru yang bisa memperpanjang usia manusia.

Pasalnya, dilansir dari studi yang ada di laman NCBI, usia harapan hidup manusia terus menurun dibandingkan kehidupan manusia pada zaman dahulu kala.

Maka dari itu munculah harapan sains untuk bisa memperpanjang usia harapan hidup manusia. Meningkatkan usia hidup manusia mungkin akan bisa dilakukan di masa depan dengan teknologi yang bisa memodifikasi gen, sel dan DNA manusia yang ada hubungannya dengan meningkatkan imun, kekebalan tubuh dan lain semacamnya. Jika tidak, mungkin nantinya sel manusia bisa digabungkan dengan teknologi robot yang lebih tahan lama.

Kesimpulan

Sains memang selalu bisa membawa kita ke hal-hal menakjubkan. Dulunya terbang itu tidak bisa dilakukan, tapi setelah ilmuwan mempelajari konspenya dari burung kita bisa terbang dengan pesawat. Hal yang serupa mungkin bisa saja terjadi untuk mewujudkan harapan-harapan sains di atas.

Sampai sini dulu pembahasan kita kali ini, guys. Kamu tertarik dengan dunia sains dan ilmu pengetahuan? Pastikan kamu selalu stay tune di channel Bicara yang akan kembali dengan memberikan informasi bermanfaat seputar sains seperti ini.

Sumber :

  • 5 Impian Sains yang Mungkin Dapat Terwujud di Masa Depan, Apa Saja? – IDN Times
  • Teleportation is Here, But It’s Not What We Expected – BBVA OpenMind
  • Time Travel: Theories, Paradoxes & Possibilities – Space