8 Peristiwa Langit Menakjubkan Ini Akan Terjadi di 2021

Peristiwa langit menakjubkan – Apa peristiwa langit menakjubkan yang akan terjadi pada 2021? Akankah ada fenomena langit langka alias sangat jarang terjadi ada tahun-tahun sebelumnya?

Berbagai peristiwa langit menjadi hal yang paling di tunggu-tunggu oleh masyarakat dunia di setiap tahunnya. Ya, peristiwa langit memang layak dinantikan sekalipun hanya berlangsung dalam waktu singkat, bahkan hanya hitungan menit.

Setidaknya ada delapan peristiwa langit yang akan terjadi pada tahun 2021. Apa saja?

Berikut tujuh peristiwa langit yang akan terjadi pada tahun 2021:

1. Puncak Hujan Meteor Quadrantid

Peristiwa langit menakjubkan Puncak Hujan Meteor Quadrantid

Awal tahun 2021 di awali dengan puncak hujan meteor Quadrantid. Quadrantid merupakan salah satu hujan meteor yang cukup besar. Ya, kita bahkan dapat melihat ratusan meteor berjatuhan setiap jamnya.

Puncak hujan meteor Quadrantid diprediksi akan berlangsung pada 2-3 Januari 2021.

Peristiwa langit ini dapat terlihat menjelang tengah malam pada 2 Januari 2021 hingga dini hari pada 3 Januari 2021. Adapun titik terbaik kemunculan Quadrantid adalah di langit bagian timur laut.

2. Venus Bersinar Terang

Peristiwa langit menakjubkan Venus Bersinar Terang

Anda penasaran seperti apa planet Venus bersinar terang di malam hari? Waktu yang tepat untuk mengetahui fenomena ini adalah pada 29 Maret 2021.

Planet Venus, pada waktu itu, diprediksi akan memancarkan sinar terang di malam hari, tepatnya ketika Matahari sudah terbenam. Kita dapat melihat bukti nyata bahwa Venus layak menyandang gelar ‘Bintang Kejora’.

Ya, planet Venus memang ‘dinobatkan’ sebagai benda langit yang memiliki pancaran sinar terang selain Matahari dan Bulan. Pada 29 Maret 2021, planet ini akan memancarkan semerbak cahaya putih kekuningan tanpa disertai kelap-kelip sebagaimana bintang pada umumnya.

3. Supermoon

Supermoon

Seperti yang kita ketahui, supermoon merupakan fenomena langit yang selalu terjadi pada awal tahun. Nah, pada tahun 2021, supermoon diprediksi akan menyapa umat manusia di Bumi pada tanggal 26 hingga 27 April.

Fenomena supermoon terjadi karena Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Sebagaimana namanya, Bulan akan tampak lebih besar, bulat dan memancarkan sinar terang.

Pada umunya, supermoon memiliki ukuran 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dibandingkan Bulan biasanya.

4. Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Tot

Masyarakat Indonesia biasanya paling suka menanti kemunculan gerhana Bulan total. Ya, pasalnya peristiwa langit ini dapat disaksikan dengan jelas di Tanah Air kita tercinta.

Gerhana Bulan total diprediksi akan muncul pada 26 Mei 2021. Jika cuaca mendukung, Anda dapat melihat fenomena langit ini dengan jelas pada pukul 16.45 hingga 19.52 WIB.

Anda akan melihat keindahan Bulan dengan balutan warna merah. Oleh karenanya, peristiwa langit menakjubkan ini kerap dijuluki sebagai Bulan Berdarah.

5. Gerhana Matahari Tahunan

Gerhana Matahari Tahunan

Pada bulan berikutnya, tepatnya pada 10 Juni 2021, umat manusia akan disuguhkan tontonan gerhana Matahari tahunan. Ya, peristiwa langit ini memang terjadi setiap tahun.

Adapun tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana Matahari adalah di Rusia, Kanada dan Greenland.

Sementara Indonesia bukan termasuk wilayah yang dilalui oleh jalur gerhana matahari. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia pastinya tidak dapat menyaksikan keagungan Tuhan ini.

6. Puncak Hujan Meteor Perseid

Puncak Hujan Meteor Perseid

Selain gerhana Bulan total, puncak hujan meteor Perseid juga menjadi fenomena langit yang paling di tunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Ya, fenomena langit ini akan memamerkan hujan 75-100 meter setiap jamnya.

Kita semua dapat menyaksikan ‘pertunjukan’ indah ini. Pasalnya, puncak hujan meteor Perseid dapat disaksikan di berbagai negara.

Puncak hujan meteor Perseid akan terjadi pada malam hari. Jika awan tampak sangat gelap, fenomena langit ini akan terlihat sangat jelas. Diperkirakan puncak hujan meteor Perseid berlangsung pada 13 Agustus 2021.

7. Blue Moon

Blue Moon

Perlu diketahui, fenomena blue moon bukan berarti bulan menampakkan dirinya dengan balutan warna biru. Blue moon merupakan istilah yang merujuk pada empat fase purnama dalam satu musim.

Fenomena ini terjadi dua hingga tiga tahun sekali. Pada umumnya, dalam satu musim hanya ada tiga fase purnama.

Namun, dipastikan Indonesia tidak akan mengalami fenomena blue moon. Sebab, blue moon hanya terjadi di negara-negara yang memiliki empat musim. Diperkirakan blue moon terjadi pada 22 Agustus 2021.

8. Puncak Hujan Meteor Geminid

Puncak Hujan Meteor Geminid

Di pengujung tahun 2021, kita akan mendapatkan suguhan puncak hujan meteor Geminid. Ya, fenomena langit ini diperkirakan akan terjadi pada 13-14 Desember 2021.

Hujan meteor Geminid dapat kita lihat tanpa bantuan alat apapun. Dengan kata lain, kita bisa melihatnya langsung dengan mata telanjang. Langit akan tampak ramai saat peristiwa ini terjadi. Kita pun akan dapat melihat garis-garis jalur meteor.

Kesimpulan

Setidaknya ada delapan peristiwa langit menakjubkan yang akan terjadi pada tahun 2021. Sebagian peristiwa langit tersebut dapat kita saksikan di Indonesia, ada juga sebagian lainnya yang tidak bisa terlihat dari negara ini.

Yang jelas, peristiwa langit menakjubkan adalah tontonan menarik yang layak untuk di tunggu. Sekalipun hanya berlangsung dalam waktu singkat, kita akan dibuat takjub dengan kebesaran ciptaan Tuhan.

Simak terus artikel-artikel menarik lainnya di Bicara Indonesia. Beragam informasi menarik dapat Anda temukan di sini!

Sumber:

  • 9 Peristiwa Langit Terbaik yang Akan Terjadi di 2021 – IDN Times
  • Fenomena Langit yang Akan Terjadi pada Awal Tahun 2021 Berdasarkan Kalender Astronomi – PikiranRakyat
  • Fenomena Langit yang Akan Terjadi di 2021 – Mitrapost