Hewan Prasejarah yang Masih Hidup

Hallo, sobat Bicara! Menurutmu hewan prasejarah itu apa aja sih? Apa cuma dinosaurus? Lalu, apakah di luaran sana masih ada hewan prasejarah yang masih hidup sampai sekarang? Jawabannya adalah, ada!
Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas beberapa hewan purba yang masih hidup sampai sekarang.

Berikut 10 hewan prasejarah yang masih hidup hingga saat ini. Beberapa di antaranya bahkan hidup di Indonesia lho. Penasaran? Check it out!

Hewan Prasejarah Komodo

1. Komodo

Hewan prasejarah pertama yang masih hidup hingga sekarang adalah komodo. Siapa sih orang Indonesia yang gak tahu hewan satu ini? Komodo merupakan hewan reptil purba endemik yang telah ada sejak zaman purba. Evolusinya dimulai sekitar 25 hingga 40 juta tahun yang lalu dari genus Varanus yang berkembang di benua Asia.

Kabarnya, komodo masih bersaudara dengan dinosaurus. Hal ini dikarenakan beberapa fosil dinosaurus tertentu memiliki struktur yang sama seperti komodo. Namun, tidak jarang komodo juga disebut-sebut masuk ke dalam hewan berjenis kadal sehingga dikenal juga dengan sebutan kadal terbesar di dunia.

2. Nautilus

Selanjutnya ada hewan purba laut yang bernama nautilus. Nautilus ini sudah ada sejak bumi kita belum terbagi ke dalam beberapa benua, tepatnya sekitar 500 juta tahun yang lalu. Wow, sudah sangat lama sekali, bukan? Dulunya terdapat sampai 1000 spesies nautilus, lho. Sayangnya sekarang hanya tinggal tersisa beberapa saja yang dapat ditemukan di tepian Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Moluska ini mempunyai mulut yang berbentuk aneh dan tentakel. Tidak heran penampilannya ini sangat unik dan mencerminkan penampilan hewan purba kala. Kepiting, lobster dan ikan adalah makanan nautilus.

3. Penyu Belimbing

Penyu belimbing yang bisa kita temukan di Indonesia ternyata juga merupakan salah satu hewan prasejarah yang masih hidup, guys. Spesies penyu ini merupakan yang terbesar di dunia dan juga reptil terbesar ke empat di dunia.

Siapa yang menyangka, ternyata penyu yang bisa dijumpai di perairan tropis Indo-Australia ini sudah ada di bumi sejak 100 juta tahun yang lalu. Wahh lama banget ya.

4. Buaya

Hewan purba selanjutnya yang masih hidup adalah buaya. Ya, benar buaya yang biasa kita lihat itu, lho. Dari bentuk dan penampilan fisiknya saja buaya memang identik dengan zaman prasejarah ya, guys.

Buaya yang dimaksud berasal dari zaman purba ini mencakup kaiman, aligator, buaya sepit dan gavial. Sejatinya mereka sudah ada sejak 250 juta tahun yang lalu, lho. Salah satu jenis buaya yang biasa ditemukan di Indonesia adalah buaya muara. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan habitatnya adalah di perairan rendah atau pantai daerah tropis.

5. Trenggiling

Trenggiling, hewan yang bisa menggulung dirinya ini sudah ada sejak 23 tahun yang lalu, guys. Fosilnya sudah pernah ditemukan sejak masa Miosen dan Oligosen. Hewan prasejarah yang satu ini memiliki pertahanan diri berupa bentuk badan dipenuhi sisik yang menyerupai bola. Apabila merasa terancam, trenggiling akan langsung menggulung tubuhnya.

Meskipun penampilannya nampak seperti hewan reptil, trenggiling merupakan hewan mamalia. Habitatnya adalah hutan hujan tropis dataran rendah. Di Indonesia, kita bisa menemukan trenggiling di daerah pegunungan Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali.

6. Ikan Lamprey

Lamprey merupakan hewan laut yang masih satu spesies dengan ikan. Fosil lamprey tertua pernah ditemukan hidup 360 juta tahun yang lalu. Artinya, hewan ini sudah melewati 4 kali masa kepunahan massal, guys!

Penampilan visual lamprey mirip seperti belut, hanya saja ia tidak memiliki tulang seperti belut, melainkan hanya kerangka tulang rawan dan juga sirip ekor tunggal. Mulut lamprey berukuran besar dengan bentuk yang aneh seperti corong disertai gigi-gigi bergerigi. Ikan ini memenuhi nutrisinya dengan cara menyedot darah ikan lain. Benar-benar seperti hewan yang biasa ada di film science fiction ya, guys.

7. Ikan Coelacanth

Ikan coelacanth atau yang sering juga disebut Ikan Raja Laut ternyata merupakan hewan prasejarah yang sudah berumur 400 juta tahun, guys! Selama itu, ikan ini berhasil mempertahankan bentuk dan penampilannya, lho. Ikan coelacanth memiliki sisik warna cokelat yang menghiasa tubuhnya.

Dulu, ikan ini pernah dianggap punah. Beruntungnya ikan ini kembali ditemukan pada tahun 1938. Ikan ini juga ada di perairan Indonesia lho tepatnya di laut Sulawesi, Malalayang perairan Talise dan Teluk Manado.

8. Hiu Berjumbai

Hiu berjumbai yang sekarang masih hidup di laut dalam merupakan hewan prasejarah selanjutnya yang masih bertahan. Hiu ini sudah ada sejak 80 tahun lalu, guys. Disebut hiu berjumbai karena pipinya terlihat tembam dengan 6 insangnya.

Penampilannya memang begitu menyeramkan. Tapi, jangan khawatir ya guys karena hiu ini tidak berbahaya bagi manusia kok.

9. Ubur-Ubur

Ternyata ubur-ubur adalah hewan multiorgan tertua di dunia, guys. Hewan purba laut ini sudah ada sejak 500 hingga 700 juta tahun yang lalu. Apa yang bisa membuat ubur-ubur bertahan selama ini? Hewan prasejarah ini memiliki jaringan saraf khusus yang membantunya bertahan hidup dan merasakan lingkungan sekitar.

Berbeda seperti hewan-hewan prasejarah lainnya yang populasinya semakin menurun dan dilindungi, populasi ubur-ubur justru terus meningkat, lho.

10. Salamander Raksasa Cina

Dan hewan prasejarah terakhir yang masih hidup sampai sekarang adalah salamander raksasa Cina. Satu ekor salamander ini bisa mencapai ukuran hingga 1,8 m lho.

Sayangnya, populasinya terancam punah karena terlalu banyak diburu untuk dikonsumsi atau dijadikan obat-obatan tradisional. Padahal hewan ini diyakini sudah ada dari 170 juta tahun yang lalu.

Kesimpulan

Ternyata beberapa hewan yang biasa kita lihat dan temukan sehari-hari meruapakan evolusi hewan prasejarah dulu ya, guys. Mengingat sebagian dari hewan-hewan di atas terancam punah, mari kita jaga lingkungannya agar hewan-hewan prasejarah ini bisa hidup lebih lama lagi.

Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya yang akan membahas hal-hal seru lagi ya, guys! Jadi pastikan kamu sudah subscribe channel Bicara biar gak ketinggalan.

Sumber :

  • Ada yang Berusia 500 Juta Tahun, 6 Hewan Laut Purba Ini Masih Hidup Sampai Sekarang, lo! – Bobo
  • 9 Binatang purba yang hidup di Indonesia sampai sekarang – Brilio
  • 7 Hewan Purba Ini Ternyata Masih Hidup dan Ada di Indonesia Loh! – Liputan 6
  • 15 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Sampai Sekarang dan Bisa Ditemui! – IDN Times