Benarkah Adolf Hitler Mengakhiri Hidupnya di Indonesia?

Adolf Hitler di Indonesia – Siapa yang tidak kenal dengan Adolf Hitler? Politisi sekaligus ketua Partai Nazi itu sangat masyhur dengan kesadisannya melakukan holocaust atau pembantaian terhadap kaum Yahudi.

Dalam sejarah, disebut Adolf Hitler meninggal dengan mengakhiri hidupnya bersama sang kekasih di bunker milik Jerman.

Namun, sekitar tahun 1983, muncul teori konspirasi yang menyebut bahwa Hitler mengkahiri hidupnya di Indonesia, ada juga yang menyebut bahwa ketua Partai Nazi itu sempat memilih menjadi pemeluk agama Islam sebelum meninggal dunia.

Lalu, benarkah Hitler mengkahiri hidupnya di Indonesia? Yuk, simak selangkapnya di bawah

Sekilas tentang Adolf Hitler: Kebenciannya terhadap Yahudi

Tokoh utama dari Partai Nazi ini lahir pada Bulan April tahun 1889 di Austria. Ia adalah pemimpin Jerman yang disegani dan juga kontroversial. Ia bertanggung jawab atas meninggalnya 11 juta orang, yang 6 juta diantaranya adalah orang Yahudi.

Bisa dibilang, Adolf Hitler adalah penyulut Perang Dunia II karena ajaran fasisme yang dicetusnya.

Benarkah Adolf Hitler Mengakhiri Hidupnya di Indonesia?

Dari sekian banyak kontroversi yang dibuatnya, sikap kontranya terhadap Yahudi menjadi yang paling sering dibicarakan hingga kini. Selama kepemimpinannya, Hitler selalu mengecualikan orang Yahudi dalam banyak hal.

Tak hanya Yahudi, Hitler juga dikenal membenci orang dengan kebutuhan khusus. Ia bahkan pernah mengeluarkan peraturan suntik mati untuk orang dewasa yang berkebutuhan khusus.

Kematian Hitler Menurut Sejarah

Menjelang akhir kekuasaannya, Hitler bersama sang kekasih, Eva Braun dan beberapa orang kepercayaannya kabur dari kerajaan pasukan Uni Soviet. Mereka bersembunyi di sebuah bunker milik Jerman bernama F├╝hrerbunker.

Namun, persembunyiannya tak berlangsung lama. Hitler akhirnya terkepung oleh pasukan Uni Soviet yang sudah menyisir sekitar 500 wilayah.

Dalam kondisi terkepung, diceritakan Hitler merasa tidak mungkin menghubungi sisa pasukannya. Ia pun memilih menelan sianida bersama sang kekasih dan menembak diri mereka sendiri. Begitulah kematian Hitler yang diceritakan oleh kebanyakan sejarah

Teori Konspirasi Adolf Hitler Mengakhiri Hidup di Indonesia

Pada tahun 2013, seorang penyelam lokal di Karimun Jawa menemukan bangkai kapal Nazi tipe U-boat. Meski terlalu cepat untuk menyimpulkan bahwa itu adalah bukti kedatangan Hitler ke Indonesia, tapi kabar begitu cepat menyebar.

Apalagi sebelumnya di tahu 2009, Program History Channel Documentary Amerika Serikat, menyebut tengkorak Hitler yang disimpan Rusia bukan milik sang Fuhrer.

Benarkah Adolf Hitler Mengakhiri Hidupnya di Indonesia?

Sebelumnya di tahun 1983 muncul artikel di Harian Rakyat yang ditulis oleh Sosrohusoso. Dalam kisah yang diungkapkannya, ia bercerita mengenai pengalaannya bertemu dengan Poch, yang merupak dokter tua asal Jerman di Pulau Sumbaea Besar pada 1960.

Poch adalah pimpinan sebuah rumah sakit terbesar di Sumbawa. Dia menyebutkan, bahwa dokter Poch yang ia temui dan di ajak berbicara itu adalah Hitler yang sudah tua.

Bukan tak beralasan, sejumlah bukti kesamaan fisik antara Poch dan Hitler pun ia sebutkan satu persatu. Mulai dari jalannya yang diseret persis seperti sang pemimpin nazi, hingga tangannya yang juga selalu bergetar.

Sosro pernah bertanya pada Poch, mengapa tangannya selalu bergetar? Tapi, yang menjawabnya saat itu adalah istrinya, Goebbels. Saat itu sang istri mengatakan tangan Poch bergetar karena kejadian Ketika Jerman kalah di pertempuran dekat Moskow.

Goebbels yang disebut sebagai istri Poch juga diduga adalah Joseph Gobbe, menteri propaganda Jerman yang dikenal royal terhadap sang pemimpin Nazi.

Satu lagi yang menjadi penguat kaburnya sang diktator ke Indonesia adalah penemuan buku catatan kecil di Surabaya yang berisi catatan kolega-kolega  Hitler yang sama dengan isi catatan Hitler yang ditemukan di Eropa.

Buku ini memiliki nilai yang sangat besar, karena buku ini merupakan salah satu bukti otentik, yang menguatkan spekulasi jika “dr. Poch” adalah sang dewa Nazi, Adolf Hiitler.

Cerita lain menyebutkan bahwa Poch jatuh cinta kepada gadis berdarah Sunda. Di kemudian hari, ia pun menikahi gadis itu. Bahkan sebelum meninggalnya, konon Poch memercayakan banyak data pribadinya kepada istrinya tersebut.

Kesimpulan

Begitulah ulasan singkat tentang sang diktator pemimpin Partai Nazi. Kalau kamu, masuk ke dalam tim yang mana? Tim yang percaya konspirasi Hitler mengakhiri hidup di Indonesia, atau tim yang percaya apa yang tertulis dalam sejarah?

Sampai di sini dulu ya pembahasan kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dari Bicara Indonesia ya!

Sumber:

  • 4 Fakta Tentang Adolf Hitler yang Jarang Diketahui Banyak Orang – Liputan 6
  • Adolf Hitler – Wikipedia
  • 4 Fakta Tentang Adolf Hitler yang Jarang Diketahui Banyak Orang – Kompas
  • Ada kapal Nazi di laut Jawa, benarkah Hitler mati di Indonesia? -Merdeka