Fakta Aneh Ilmuwan Jenius Yang Paling Nyentrik Kegilaannya!
Fakta aneh lmuwan Jenius Yang Paling Nyentrik Kegilaannya

Hi Semua! Ketemu lagi dengan Bicara, yang kali ini akan membawakan cerita yang agak luar biasa. Kita akan mengulas tentang fakta aneh ilmuwan jenius yang paling “nyentrik” kegilaannya!.

Siapa sangka kalau ternyata banyak ilmuwan jenius dunia merupakan individu yang “nyentrik” kepribadiannya. Hal tersebut bukan lah sesuatu yang selalu buruk, bahkan terkadang malah menjadikannya sebagai pribadi yang unik karena berbeda dari orang lain.

Kenyentrikan dari para ilmuwan ini bisa berbeda-beda bentuknya. Beberapa orang mungkin melihatnya sebagai suatu keanehan. Tapi banyak juga orang yang menganggapnya sebagai suatu hal yang biasa dilakukan oleh orang lain pada umumnya.

Nah, apa aja sih yang dilakukan para jenius ini sehingga dianggap sebagai seorang pribadi yang “nyentrik” kegilaannya? Yuk, kita ikuti sama-sama cerita unik ini sampai akhir. Dijamin akan buat kita semua geleng-geleng kepala.

Ilmuwan jenius Nikola Tesla, si penderita OCD

Nikola Tesla - Ilmuwan Jenius
Nikola Tesla

Ilmuwan jenius ini dikenal dengan kegilaannya dengan menciptakan suatu senjata pembunuh massal, yaitu Tesla Death Ray.

Siapa sangka dibalik penampilannya yang selalu rapi dan klimis, ternyata dia merupakan pecinta musik rock sejati. Selain itu dia juga mempunyai satu kondisi yang dikenal sebagai OCD (Obsessive Compulsive Disorder).

Seorang OCD sangat terobsesi dengan kebersihan dan membenci suatu hal tertentu. Tesla akan merasa gelisah jika melihat segala sesuatu yang tidak terlalu bersih. Selain itu dia pun tidak menyukai semua benda yang berbentuk bulat. Pastinya dia akan menolak untuk menyentuhnya.

Bentuk OCD lainnya adalah, dia akan selalu menggosok perlengkapan nya sebelum digunakan. Caranya harus selalu menggunakan delapan belas serbet makan, hingga semua perlengkapan tersebut terlihat mengkilap.

OCD yang paling ekstrim adalah ketika dia memutuskan untuk hidup tidak menikah. Hal tersebut dilakukan karena merasa jijik dengan sesuatu yang kelebihan berat seperti perhiasan dan wanita.

Keanehannya belum berhenti sebatas itu saja. Ternyata si jenius ini juga terlalu menyukai angka 3. Kegilaannya direfleksikan dengan cara selalu mengitari sebuah bangunan sebanyak tiga kali sebelum masuk ke dalamnya.

Banyak orang yang tidak mengetahui jika Tesla memiliki kondisi mental yang tidak sehat sejak dia berusia 25 tahun. Hal tersebut karena kegilaannya akan bekerja yang selalu dilakukannya sejak pukul 3.00 dini hari hingga 11.00 siang. Dan kebiasaan yang tidak normal itu dia lakukan hingga tiga puluh delapan tahun lamanya.

Ilmuwan jenius Paul Erdos, yang berjiwa bebas

Paul Erdos - Ilmuwan Jenius
Paul Erdos

Paul Erdos merupakan ilmuwan jenius ahli matematika yang berasal dari Hungaria.

Si “nyentrik” ini dikenal karena mempunyai jiwa yang bebas, sehingga selalu hidup berpindah-pindah. Sama halnya dengan Tesla, Paul Erdos juga tidak pernah memiliki rumah seumur hidupnya.

Hanya dengan berbekal koper, dia akan mencari tempat untuk tinggal sementara. Kebiasaan anehnya saat tinggal menumpang adalah selalu menyelesaikan satu atau dua soal matematika.

Saat setelah dapat merumuskan jawabannya, Erdos pun akan segera menenteng koper nya kembali, mencari tumpangan lain.

Hennig Brand, ilmuwan jenius penemu Fosfor!

Hennig Brand - Ilmuwan Jenius
Hennig Brand

Pada tahun 1669 seorang ilmuwan jenius bernama Hennig Brand, memiliki teori bahwa urin manusia dapat diubah menjadi sebongkah emas. Ilmuwan ini merupakan seorang pakar kimia yang lahir di Jerman.

Kegilaan nya yang “nyentrik” terjadi, saat dia melakukan penelitian dengan menggunakan urin dari istri dan teman-temannya. Urin yang terkumpul untuk penelitian tersebut sebanyak 5700 liter.

Walaupun akhirnya Brand gagal membuktikan teorinya tersebut, alih-alih dia malah menemukan penemuan lainnya. Pada akhirnya, air seni yang digunakan tersebut menghasilkan suatu temuan kimia yang dapat bersinar saat gelap.

Temuan kimia tersebut yang saat ini dikenal sebagai Fosfor. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara melakukan suatu proses kimia melalui urin, sehingga dapat mengeluarkan gas yang bercahaya.

Ilmuwan jenius pecinta warna pink, Oliver Heaviside

Oliver Heaviside - Ilmuwan Jenius
Oliver Heaviside

Seorang Matematikawan dan insinyur listrik asal Inggris, Oliver Heaviside merupakan ilmuwan jenius yang mendapat julukan orang aneh karena ke “nyentrikannya”.

Ilmuwan ini tanpa sebab yang jelas rajin memakaikan kutek warna pink pada kukunya. Dan anehnya, si jenius ini sangat menyukainya, walaupun dia seorang laki-laki.

Keunikan sifat lainnya yang tidak diketahui dengan jelas penyebabnya adalah, ketika dia meletakkan sebongkah granit raksasa di dalam rumahnya.

Pythagoras, ilmuwan jenius yang tewas karena kedelai

Pythagoras - Ilmuwan Jenius
Pythagoras

Pythagoras merupakan ilmuwan jenius yang berjasa besar dengan temuannya, ilmu matematika dasar Teori Pythagoras.

Ilmuwan ini adalah seorang penganut vegetarian. Dan salah salah satu larangan keras yang harus dipatuhi adalah menyentuh dan memakan kedelai.

Konon ceritanya si jenius ini harus bertarung dengan seseorang yang mengharuskan dia lari hingga ke ladang kedelai. Mengingat faham vegetarianismenya tersebut, dia lebih memilih untuk mati di tangan orang yang memburunya daripada masuk ke kebun kedelai.

Sayangnya ilmuwan ini harus menjadi korban dari kenyentrikannya sendiri.

Si pembuat onar, Richard Feynman

Richard Feynman
Richard Feynman

Ilmuwan jenius ini adalah seorang fisikawan paling terkenal dari abad ke-20. Salah satu temuannya yang berupa Teori Elektrodinamika Kuantum menjadikannya sebagai salah satu ilmuwan peraih Nobel.

Namun dibalik semua kejeniusannya tersebut, Feynman memiliki reputasi sebagai si pembuat onar. Yang dilakukannya dengan gelar tersebut adalah melakukan aktifitas melanggar hukum seperti membobol brankas dan membongkar gembok orang lain.

Anehnya, semua aktivitas tersebut dilakukan hanya karena kebosanannya. Selain itu dia juga ingin menunjukkan ke semua orang bahwa tidak ada sistem yang tidak dapat dikuasai olehnya.

Sigmund Freud, pecandu jenius

Sigmund Freud
Sigmund Freud

Ilmuwan jenius ini merupakan seorang pelopor dalam bidang Neuroscience. Kenyentrikan seorang Sigmund Freud sayang nya bukanlah sesuatu yang patut untuk dicontoh oleh siapapun. Ilmuwan ini merupakan seorang pecandu, yang bukan saja nikotin tetapi juga kokain.

Sebagai seorang perokok berat, Freud sudah diberi peringatan oleh dokter sahabatnya. Cepat atau lambat kebiasaannya itu akan berpengaruh fatal terhadap jantungnya

Freud tidak dapat berhenti dari kebiasaannya tersebut, hingga akhirnya terjangkit kanker. Parahnya dia sudah mengalami operasi pada mulut dan rahangnya hingga tiga puluh tiga kali.

Sayangnya Freud memilih untuk tidak berhenti merokok, karena depresi yang diidapnya saat proses tersebut mulai dilakukan.

Si kecil yang cerdas, Albert Einstein

Little Albert Einstein
Little Albert Einstein

Tidak banyak yang mengetahui kalau ilmuwan jenius penemu Teori Relativitas ini memiliki keterlambatan bicara saat kecil. Hal tersebut sempat membuat orang tua dan dokternya khawatir.

Tapi ternyata kondisi di masa kecilnya tersebut malah membuat Einstein memiliki banyak waktu untuk memikirkan elemen-elemen dasar kehidupan seperti ruang dan waktu.

Kekagumannya akan konsep pemikiran tersebut membuatnya menjadi seorang anak yang kritis. Einstein kecil banyak membuat orang dewasa kewalahan karena pertanyaan ilmiahnya yang belum tentu dapat dijawab oleh orang dewasa sekalipun.

Tetapi siapa yang menyangka kalau akhirnya pertanyaan-pertanyaan cerdas tersebut menjadi dasar terciptanya Teori Relativitas.

Kebiasaan Einstein yang aneh adalah pernah menangkap belalang dan memakannya secara langsung. Einstein juga mempunyai kebiasaan memainkan biolanya sembari mengamati burung-burung dengan berlinang air mata.

Tycho Brahe, ilmuwan jenius dengan sederet kepribadian yang aneh

Tycho Brahe - Ilmuwan Jenius
Tycho Brahe

Tycho Brahe merupakan seorang Astronom pada abad ke 16 yang berasal dari Eropa, tepatnya Denmark yang merupakan Negara Skandinavia

Sejak dahulu Brahe sudah terkenal sebagai bangsawan yang “nyentrik”. Dia memiliki sederet daftar kepribadian yang aneh.

Contohnya adalah, ketika jenius ini memilih untuk menggunakan hidung tiruan untuk selamanya. Hal tersebut dilakukan setelah Brahe kehilangan hidungnya saat berkelahi di kampusnya.

Keanehan perilakunya yang lain adalah, saat dia memelihara seekor rusa kerdil yang secara permanen ditempatkan di bawah meja.

Namun, kecintaannya pada pesta pora justru menjadi akhir dari kehidupannya.

Dalam sebuah pesta di Kota Praha, Brahe berkeras untuk tidak meninggalkan kursinya, walaupun saat itu dia memiliki hasrat untuk buang air kecil. Hal tersebut dia lakukan hanya karena keyakinannya bahwa meninggalkan meja merupakan bentuk dari ketidak sopanan.

Karena seringnya melakukan kebiasaan buruk tersebut, akhirnya berakibat fatal pada kesehatannya. Brahe mengalami infeksi ginjal akut, sehingga kandung kemihnya pecah pada tahun 1601.

Buckminster Fuller, arsitek yang nyentrik!

Buckminster Fuller
Buckminster Fuller

Ilmuwan jenius yang juga merupakan seorang arsitek ini memiliki karya yang fenomenal sepanjang hidupnya. Beberapa diantaranya yang paling terkenal adalah Kubah Geodesik, Model kota Futuristik, dan mobil yang dinamakan Dymaxion pada tahun 1930.

Salah satu kenyentrikannya terlihat saat dia memakai tiga jam tangan sekaligus. Tujuannya hanya ingin melihat waktu berdasarkan zona yang berbeda, saat bepergian ke luar negeri.

Kebiasaan anehnya yang lain adalah, selama bertahun-tahun, ia hanya tidur selama dua jam per hari. Dia memberi nama cara tidurnya sebagai cara tidur ‘Dymaxion’, seperti nama mobil yang dia ciptakan.

Fuller juga menghabiskan banyak waktu untuk menulis riwayat hidupnya. Dari tahun 1915 sampai akhir hayatnya di tahun 1983, Fuller menulis buku tentang riwayat hidupnya yang selalu diperbarui setiap 15 menit.

Hasil dari tumpukan catatan riwayat hidupnya tersebut disebut diberi nama Dymaxion chronofiles. Tinggi tumpukan catatan tersebut hingga mencapai 82 meter, dan saat ini tersimpan di Stanford University di Amerika.

Henry Cavendish, ilmuwan jenius yang pemalu

Henry Cavendish - Ilmuwan Jenius
Henry Cavendish

Namanya dikenal sebagai penemu Hidrogen dan Teori Kepadatan Bumi. Ilmuwan jenius ini berasal dari Inggris, dan dikenal sebagai ilmuwan yang sangat pemalu.

Rasa pemalu Cavendish konon kabarnya merupakan suatu penyakit yang dideritanya. Dia selalu merasa sungkan hingga enggan untuk bertatap muka dan berbicara dengan orang lain.

Bahkan, dikabarkan dia sengaja membangun tangga di belakang rumahnya untuk menghindari komunikasi langsung dengan para asistennya. Jika dia memerlukan bantuan, yang dilakukan Cavendish hanyalah meninggalkan sederet catatan di anak tangga.

Kesimpulan

Beberapa orang mengatakan bahwa ada hubungan antara jenius yang aneh dan kegilaan. Pemikiran itu muncul dengan melihat begitu banyaknya para ilmuwan jenius yang ternyata memiliki gangguan kejiwaan.

Nikola Tesla,Pythagoras, Albert Einstein dan sederet nama lainnya adalah para ilmuwan jenius yang mengalami gangguan kejiwaan.

Apakah perilaku nyentrik seseorang dapat dianggap sebagai kegilaan bagi orang lain? Dan apakah seseorang yang berperilaku tidak waras dianggap jenius oleh orang lain? Sampai saat ini semuanya masih merupakan tanda tanya.

Terlepas dari semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, Para jenius ini sudah meninggalkan suatu penemuan yang sudah merubah sejarah dunia. Dan mereka semua dikenang karena kehebatannya dan bukan karena kegilaannya.

Nah Guys! Bagaimanakah cerita mengenai fakta aneh ilmuwan jenius yang nyentrik dan sedikit gila!. Semoga dapat menghibur dan menemani kesibukan kamu.

Kita akhiri dulu cerita kali ini, dan stay tuned pada cerita seru berikutnya.
Sayonara!

Sumber :

  • 10 Famous Geniuses With Truly Weird Secret Habits – ListVerse
  • 6 Ilmuwan Jenius Ini Dikenal Sebagai ‘Orang Aneh’ – Liputan6
  • Wow! Ini Ilmuwan Nyentrik dan Paling ‘Gila’ Sepanjang Masa – Oketekno
  • 11 Craziest Tycho Brahe Moments – 11points
  • Heroes of Space: Tycho Brahe – Space Answers