Kapsul Hibernasi
Kapsul Hibernasi

Halo Guys! Kita ketemu lagi, dengan cerita yang judulnya agak panjang, yaitu apa yang akan terjadi, jika semua manusia di Bumi tertidur, dan bangun kembali setelah 1000 tahun? Penasaran kan..?. Yuk, nggak usah berlama-lama lagi, simak terus cerita seru ini ya.

Coba kita sedikit berimajinasi, apabila seluruh umat manusia di Bumi tertidur hingga 10 abad ke depan. Seluruh penduduk planet ini akan membangun bunker bawah tanah, yang khusus digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, dan dapat tidur dengan nyaman hingga 1000 tahun ke depan.

Manusia terakhir yang masih bangun, akan memastikan alarm dapat berbunyi 1000 tahun lagi, sebelum menutup kedua matanya.

Jutaan robot penolong yang bekerja bagi manusia, akan tetap menjaga para majikannya, selama mereka tertidur. Para robot ini akan diprogram untuk dapat memantau kondisi manusia, dan merekam semua kejadian yang akan terjadi di Bumi. Karena, tidak akan ada satupun orang yang akan bangun selama 1000 tahun kedepan untuk menjaga peradaban manusia.

Semua fasilitas yang sudah dibangun seperti perkantoran, pemukiman serta semua kota-kota di dunia, akan dikembalikan kepada alam. Lalu, apa yang akan terjadi setelah manusia di Bumi tidur selama 1000 tahun? Kita lihat lanjutan ceritanya ya.

Yang akan terjadi setelah manusia di Bumi tertidur selama sehari, seluruh kota akan padam. Kecuali Las Vegas!

Baru satu hari  saja manusia di Bumi tertidur, sudah membuat semua pembangkit tenaga listrik di seluruh dunia padam satu persatu. Keadaan perkotaan akan gelap gulita. Tidak akan ada lagi perangkat elektronik yang dapat bekerja.

Namun, satu-satunya lokasi yang akan tetap terang adalah Kota Las Vegas di Amerika. Kota ini memiliki asupan listrik yang berasal dari pembangkit listrik tenaga air. Dan dengan teknologi tersebut, memungkinkan penerangan di kota ini dapat terus berjalan dengan tanpa pengawasan, untuk beberapa waktu lamanya.

Namun walaupun begitu, tidak  akan ada lagi suasana pesta dan hingar bingar musik di sana. Penerangan yang masih bersisa pun, hanya akan menyinari jalanan yang lengang

Saat manusia di Bumi tertidur melewati satu minggu, hewan kelaparan akan mulai memiliki daerah kekuasaan  baru!

Hewan Kelaparan Memiliki Daerah Kekuasaan Baru - Manusia di Bumi Tertidur
Hewan Kelaparan Memiliki Daerah Kekuasaan Baru

Setelah melewati satu minggu, ketika manusia di Bumi tertidur dengan lelapnya, disaat yang sama pula hewan-hewan kelaparan pun akan mulai bermunculan.  Mereka menyadari, bahwa tidak ada lagi yang bisa menakut-nakuti kehadirannya.

Dengan sangat mudah, mereka akan dapat langsung mengunjungi tempat dimana sisa-sisa makanan berada. Tempat sampah, kulkas, dan dapur di setiap bangunan kosong, merupakan daerah kekuasaan baru mereka. 

Bagaimana nasib para hewan  peliharaan? Dapat dipastikan mereka akan kesulitan  untuk dapat bertahan hidup tanpa manusia, walau untuk satu minggu saja.

Namun untungnya, semua manusia akan membawa serta hewan peliharaan yang mereka sayangi, saat mereka pergi berbondong-bondong ke bunker di bawah tanah. Mereka berharap, saat membuka mata kembali di masa depan, hewan kesayangan mereka akan tetap ada yang di pangkuannya.

Sebulan telah berlalu, sejak manusia di Bumi tertidur hingga 1000 tahun ke depan

Hewan Liar Yang Mencari Mangsa
Hewan Liar Yang Mencari Mangsa

Setelah satu bulan manusia di Bumi tertidur hingga bermimpi, alam liar pun mulai merambah keberadaannya di kota-kota besar.  Bukan hanya  tanaman, tetapi hewan liar  yang awalnya  menempati  kebun binatang kota pun sudah mulai menyadari, bahwa kandang mereka sudah tidak akan lagi dikunjungi manusia.

Binatang buas yang mulai kelaparan, kini menjadi raja di tengah kota manusia. Mereka akan berkeliaran di jalanan kosong untuk mengintai mangsanya.

Lalu apa yang terjadi setelah satu tahun berjalan?

Pelabuhan Yang Terbengkalai
Pelabuhan Yang Terbengkalai

Tanpa adanya kehidupan manusia setelah satu tahun berjalan, semua pelabuhan akan mulai kacau balau. Tali-tali  pengikat kapal dan jangkar akan mulai putus dengan sendirinya. Kapal-kapal besar terlepas bebas dari dermaga. Beberapa kapal akan saling menabrak satu dengan lainnya, hingga tenggelam.

Hewan pengerat yang tinggal di setiap kapal  akan mulai bertarung sengit  dengan Burung Camar, untuk memperoleh  makanan yang semakin langka.

Ketika manusia di Bumi tertidur di tahun kelima, seluruh kota akan mulai menghilang, dan satelit luar angkasa akan segera terjun bebas ke Bumi!

Satelit Luar Angkasa Yang Terjun Ke Bumi - Manusia di Bumi Tertidur
Satelit Luar Angkasa Yang Terjun Ke Bumi

Lima tahun sudah manusia di Bumi tertidur. Seluruh kota di dunia sudah mulai akan menghilang. Gedung-gedung mulai ditumbuhi oleh pepohonan merambat yang menjalar tanpa halangan. Jalanan beraspal sudah berubah wujud menjadi taman semak belukar.

Tidak akan ada lagi keriuhan hiruk pikuk di kota besar. Yang terdengar hanyalah kicauan burung yang diiringi oleh hembusan angin. Dan lampu di Kota Las Vegas pun, sudah lama mati!.

Para astronot yang ikut tertidur di bunker, tidak lagi menjalankan pekerjaannya. Tidak ada lagi orang yang mengontrol dan memperbaiki orbit stasiun luar angkasa. Saat melihat langit di malam hari, akan terlihat satelit buatan yang mulai terjun bebas  ke Bumi. Tanpa adanya campur tangan manusia, semua satelit akan terbakar di atmosfer.

Banjir besar akan memasuki kota, di usia  sepuluh tahun menghilangnya manusia dari peradaban!

Banjir di Bumi
Banjir di Bumi

Dalam waktu sepuluh tahun sejak menghilangnya manusia dari peradaban, dunia yang nyata juga akan berubah dengan cepat. Lajunya air  dengan mudah mulai menerobos dan membanjiri seluruh kota.

Permukaan air yang  meningkat, akan mengundang ikan dan kawanannya mendapat tempat baru untuk bermukim. Hal tersebut terjadi akibat seluruh bendungan yang mulai roboh, karena kehilangan perawatan dari tangan manusia

Dalam tiga puluh tahun, London dan Amsterdam tenggelam! Kebakaran hutan pun akan menjadi kembang api alam!

Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan Sebagai Kembang Api Alam

Dalam tiga puluh tahun, Kota London dan Amsterdam akan hilang tanpa dapat diselamatkan. Setelah alam memegang kendali, kedua kota yang selama ini dapat terjaga kekeringannya oleh sistem drainase yang canggih untuk tanah berawa, kali ini perlahan akan mulai tenggelam.

Ada saatnya ketika planet Bumi yang  kosong, menyajikan pertunjukkan kembang api alam yang meriah!. Kebakaran hutan yang tidak terkendalikan lah, sebagai penyebabnya. Pertunjukan yang fenomenal tersebut akan tetap terjadi, tanpa ada seorangpun yang dapat menyelamatkannya.

Next..! Setelah lima puluh tahun manusia di Bumi tertidur, Burung Beo akan menggantikan suaranya.

Burung Beo Yang Meniru Suara Manusia -Manusia di Bumi Tertidur
Burung Beo Yang Meniru Suara Manusia

Anehnya, setelah lima puluh tahun manusia di Bumi tertidur, masih dapat terdengar suara manusia. Well, sebenarnya bukan asli manusia, namun berasal dari Burung-burung Beo tua yang masih mengingat suara manusia. Kawanan unggas cerdas ini akan sering kali  mengulang beberapa frasa yang pernah diucapkan oleh para majikannya, yang kini masih terlelap di alam mimpi.

Landmark dunia akan hancur, bersamaan dengan menghilangnya Kota Washington di tahun keseratus!

Bigben Yang Hancur
Bigben Yang Hancur Termakan Zaman

Di tahun keseratus, manusia baru menempuh sepuluh persen dari komitmen nya. Namun peradaban dunia sudah mulai hilang sejak lalu. Berbagai kerusakan korosi dan  gempa, sudah menghancurkan pencapaian terbesar manusia.

Landmark dunia seperti Jembatan Golden Gate di Amerika, Bigben di London dan sepertiga gedung pencakar langit di dunia, mulai hancur setelah melewati abad ini. Kota Washington secara bertahap akan menghilang. Sementara Los angeles, akan menjadi sabana bagi kawanan gajah  yang mulai berkeliaran.

Tiga ratus tahun kemudian..!

Menara Pisa Yang Akan Rubuh Termakan Zaman
Menara Pisa Yang Akan Rubuh Termakan Zaman

Tiga ratus tahun tertidur, tidak akan ada yang tersisa  dari semua perangkat penyimpanan elektronik  yang pernah digunakan manusia. Semua data penyimpan informasi sudah rusak, tanpa dapat diperbaiki. Catatan kertas juga sudah menghilang, bersamaan dengan  sejarah dan budaya manusia. 

Hampir semua kendaran di planet ini telah hancur karena karat dan korosi. Namun, ban karetnya yang kempis akan terus terurai hingga berabad-abad kedepan. Menara Pisa pun akan semakin miring, sebelum roboh pada akhirnya!

Lima ratus tahun setelah manusia di Bumi tertidur!

Bumi Yang Hancur 500 Tahun Kemudian
Bumi Yang Hancur 500 Tahun Kemudian

Akhirnya perjalanan sampai di angka  lima ratus tahun, setelah manusia di Bumi tertidur!. Hanya akan ada sedikit bangunan yang tersisa di Bumi.

Seribu tahun sebelum seluruh manusia terbangun!

Terbangun di Dalam Bunker
Terbangun di Dalam Bunker

Seribu tahun sebelum seluruh manusia terbangun! Planet Bumi sudah mati tanpa adanya kehidupan manusia selama seribu tahun.

Dunia sudah berwujud reruntuhan berwarna hijau. Namun keajaiban tetap terjadi. Bangunan yang  sudah pernah dibangun ribuan tahun lalu masih tetap utuh. Piramida Giza dan Tembok Besar China, masih dapat berdiri kukuh. 

Satu-satunya teknologi buatan manusia yang masih dapat menjalankan fungsinya adalah kendaraan penjelajah Bulan dan Mars. Kendaraan itu akan tetap ada selama lebih dari satu juta tahun, hampir tanpa karat sedikit pun. Paling tidak keberadaannya akan menjadi satu-satunya bukti, bahwa peradaban manusia pernah ada. 

Alarm waktu akhirnya berdering. Manusia akan mulai meregangkan tubuhnya, setelah tertidur sekian lama. Bunker yang dibangun dengan teknologi canggih, berhasil mempertahankan kondisi iklim yang sempurna. Semua kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk terus hidup juga berhasil disimpan dengan baik.

Saat manusia mulai naik ke permukaan, mereka menyadari sepenuhnya, bahwa dunia sudah diambil alih oleh alam saat mereka tertidur. 

Apakah penyebab dari semua manusia di Bumi tertidur selama ribuan tahun?

Bumi Beristirahat - Manusia di Bumi Tertidur
Bumi Beristirahat

Sekarang seluruh manusia akan mempersiapkan banyak rencana, untuk  menghadapi tantangan baru, dan  membangun Bumi seperti semula  lagi. Tapi ada ada satu pertanyaan yang masih belum terjawab. Apakah penyebab semua manusia memutuskan untuk tidur selama seribu tahun? 

Hmm.., jawabannya sangat sederhana. Pada satu hari tercetus suatu kesepakatan antar seluruh umat manusia di dunia, untuk dapat membiarkan Bumi beristirahat dan bernafas sejenak.

Akibat dari terlelap nya seluruh umat manusia selama ribuan tahun, ternyata berakhir dengan memberikan manfaat bagi alam.

Atmosfer, lautan, serta flora dan fauna, semuanya menjadi lebih sehat. Hampir seluruh sampah plastik berhasil terurai, populasi hewan liar pun tumbuh sebagaimana mestinya. Kehancuran di Planet Bumi, akhirnya berhasil dihentikan.

Kesimpulan

Seluruh umat manusia di Bumi sengaja membuat dirinya tertidur dengan maksud yang mulia, untuk menyelamatkan alam dari kehancuran.

Tapi kini manusia memiliki kesempatan lain untuk memperbaiki semuanya. Apa yang akan manusia lakukan dengan kesempatan kedua ini? Hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Well Guys, selesai sudah cerita kita kali ini. Please share ke sahabat lainnya, jika kalian mendapatkan manfaat dari cerita ini. Kami undur diri dulu, dan jangan lupa stay tuned pada cerita berikutnya! Au Revoir!

Sumber :

  • What If Everyone Slept for 1000 Years And Then Woke Up – Bright Side