Keunikan Planet Saturnus Yang Dapat Dilihat Dari Bumi
Keunikan Planet Saturnus

Keunikan Planet Saturnus – Hi bicara lovers apakah masih di rumah saja? Ketemu lagi dengan bicara yang kali ini yang akan mengulas fakta mengenai keunikan Planet Saturnus yang dapat dilihat dari bumi.

Percaya nggak sih, berdasarkan bukti-bukti yang ada ternyata Planet Saturnus dapat dilihat dari bumi, bahkan dengan mata telanjang. Walaupun terdengarnya seperti mustahil, tapi faktanya fenomena alam yang menakjubkan ini sudah pernah terjadi loh..!

Bagi kamu yang mau duduk manis untuk menyimak fakta keunikan Planet Saturnus ini sampai lembaran terakhir, dijamin pasti dapat info yang menarik dan jadi makin pinter (he he ).

Apa aja sih keunikan Planet Saturnus dibandingkan para tetangganya?

Planet Saturnus merupakan salah satu planet yang sudah lama bertetangga dengan planet-planet lain termasuk Planet Bumi tempat kita tinggal. Tetapi walaupun saling bertetangga dengan planet lain, bukan berarti secara harfiah jaraknya sama seperti rumah kita dengan tetangga di komplek ya (he he).

Ada beberapa keunikan Planet Saturnus dibandingkan dengan planet lain yang menjadikan planet ini menjadi semakin menarik untuk diketahui.

Planet Saturnus raksasa nomor dua terbesar di jajaran Tata Surya

Planet Nomor Dua Terbesar di Jajaran Tata Surya
Planet Nomor Dua Terbesar di Jajaran Tata Surya

Planet Saturnus merupakan planet yang mempunyai ukuran yang sedikit lebih kecil dari Jupiter. Karena itu, menjadikan posisinya menjadi nomor dua terbesar pada jajaran tata surya. Ukuran diameternya apabila dilihat dari garis khatulistiwa adalah sekitar 120.000 km. Itu artinya 10 kali lebih besar dari Planet Bumi.

Fakta unik lainnya adalah, Planet Saturnus merupakan planet nomor enam dari Matahari, setelah planet lainnya seperti Merkurius, Venus, Bumi, Mars dan Jupiter. Sedangkan jarak terdekatnya dengan bumi sekitar 1,2 milyar km. Luasannya sendiri mencapai 42,7 milyar.

Melihat fakta-fakta tersebut, Planet Saturnus membutuhkan waktu hingga 29,5 tahun untuk dapat mengelilingi matahari. Sementara periode rotasinya membutuhkan waktu 10,6 jam.

Keunikan Planet Saturnus dapat mengambang di air

Keunikan Planet Saturnus tidak sama dengan Planet Bumi. Jika Planet Bumi mempunyai ciri fisik sebagai planet yang didominasi oleh batuan, Planet Saturnus lebih didominasi oleh gas. Planet ini memiliki ciri fisik 75% berupa hidrogen dan 25% berupa helium yang bercampur dengan air, metana dan amonia.

Planet Saturnus memiliki berat yang super ringan dan hanya memiliki kepadatan yang kecil. Dengan berat yang ringan seperti ini, kondisinya dapat mengambang di atas air jika ada kolam yang ukurannya sebesar planet tersebut.

Dengan ciri fisik planet yang didominasi oleh gas, sangat tidak mungkin bagi manusia untuk hidup dan menginjakkan kaki di planet ini.

Keunikan Planet Saturnus yang lain dapat terlihat pada warnanya yang kuning kepucatan. Warna yang timbul sebagai akibat dari kristal amonia pada lapisan atmosfer di atasnya.

Ukurannya yang super duper besar dapat menampung ratusan Planet Bumi

Planet Yang Dapat Menampung Ratusan Dunia
Planet Yang Dapat Menampung Ratusan Dunia

Sebagai planet yang memiliki ukuran nomor dua terbesar di jajaran tata surya, menjadikan ukuran planet ini berpuluh-puluh kali lipat lebih besar dibandingkan dengan tetangganya. Contohnya seperti Planet Uranus dan Planet Neptunus. Dengan kapasitas ukuran yang besar tersebut, menjadikan planet ini mampu menampung sekitar tujuh ratusan Planet Bumi didalamnya.

Kebayang ya Guys, dengan ukuran sebesar itu dapat diibaratkan Planet Bumi sebagai semut dan Planet Saturnus adalah gajahnya.

Perumpamaan yang nggak nyambung sama konten ya? (he he)

Alakazam! tidak disangka sekeliling cincin raksasa Planet Saturnus dapat lenyap nggak pakai permisi dulu loh!

Keunikan Planet Saturnus Lingkaran Cincin Yang Dapat Lenyap
Keunikan Planet Saturnus Lingkaran Cincin Yang Dapat Lenyap

Bagaikan sulap, sekeliling cincin raksasa Planet Saturnus ini ternyata dapat lenyap begitu saja. Ya seperti perumpamaan sulap tadi, hal ini terjadi sebenarnya hanya seperti sebuah ilusi belaka. Cincin tersebut sebenarnya tidak benar-benar lenyap, hanya saja tidak terlihat.

Sama halnya dengan Planet Bumi, posisi poros Planet Saturnus yang cenderung miring saat mengelilingi matahari membuat cincinnya kadang terlihat dan kadang tidak terlihat dengan jelas seolah lenyap bersama angin.

Bahasa Inggrisnya “gone with the wind” (he he)

Peristiwa lenyapnya cincin Planet Saturnus ini jarang sekali terjadi, hanya lenyap setiap 14-15 tahun sekali. Dan jika fenomena keunikan Planet Saturnus ini terjadi, membuat wujud planet dapat terlihat lebih jelas dari muka bumi.

Keunikan Planet Saturnus yang dipenuhi oleh badai angin yang dahsyat!

Berbeda dengan Planet Venus yang dikenal sebagai planet yang sangat panas seperti api, salah satu keunikan Planet Saturnus adalah memiliki angin yang cukup kencang. Angin tersebut berhembus bagaikan badai dengan pergerakan yang dahsyat kecepatannya.

Kecepatan angin rata-rata di Planet Bumi saat normal sekitar 250 km/jam, dan saat badai sekitar 400 km/jam. Sementara pada Planet Saturnus, kecepatan angin saat normal pun sudah seperti badai yaitu hingga 1100 km/jam dan 1800 km/jam saat super duper badai. Dahsyat….!

Yang merasa anginnya biasa aja alias kurang “dahsyat” tolong komen di bawah ya Guys..(he he)

Planet tertua dari yang lama (Lubadsagush)

Lubadsagush
Lubadsagush

Planet Saturnus dikenal juga dengan sebutan “Lubadsagush” yang mempunyai arti “planet tertua dari yang lama”. Julukan ini diberikan sebagai pencerminan dari begitu lambatnya planet ini saat berputar mengelilingi matahari. Prosesnya membutuhkan waktu hingga 29,4 tahun hanya untuk melakukan satu putaran perjalanan.

Sementara untuk melakukan satu putaran penuh pada porosnya, Planet Saturnus hanya membutuhkan waktu sekitar 10 jam dan 34 menit.

Keunikan Planet Saturnus yang memiliki 62 jumlah nama bulan

Planet Saturnus memiliki jumlah bulan yang cukup banyak hingga berjumlah 62 buah. Dan dari semuanya, beberapa diantaranya merupakan bulan yang mempunyai ukuran terbesar seperti Titan, Enceladus, Dione, Hyperion, Tethys, Mimas, Rhea dan Lapetus.

Khususnya Titan, memiliki ukuran diameter 5,149 km dan merupakan bulan dengan peringkat kedua terbesar yang berada di dalam gugusan tata surya. Yang termasuk dalam peringkat pertama terbesar adalah Jupiter dan Ganymede.

Keunikan Planet Saturnus Memiliki 62 Bulan
Keunikan Planet Saturnus Memiliki 62 Bulan

Keberadaan cincin raksasa yang luar biasa Mind Blowing!

Keunikan Planet Saturnus yang luar biasa yang bikin semua orang terpana adalah keindahan cincin raksasa yang melingkari badan planet yang luar biasa fenomenal.

Cincin raksasa ini sekaligus menjadi daya pikat yang utama bagi Planet Saturnus. Komponennya berasal dari partikel es dan dan batu dalam berbagai bentuk dan ukuran. Yang kecil seukuran butiran gula dan yang besar ukurannya bisa sama dengan ukuran rumah.

Jumlah partikel yang membentuk partikel es dan batu ini bisa mencapai milyaran partikel jumlahnya. Dan waktu yang dibutuhkan didalam proses pembentukan ini sangat panjang rentangnya. Fenomena ini terjadi dalam kurun waktu 100 juta tahun yang lampau.

Usia cincin ini terbilang masih sangat muda, jika dibandingkan dengan Planet Saturnus yang lahir sejak 4,5 miliar tahun yang lampau, yaitu sejak pertama kali tatanan tata surya terbentuk. Orang yang pertama kali menemukan cincin indah ini adalah Galileo Galilei pada tahun 1610.

Partikel Cincin Raksasa.
Partikel Cincin Raksasa

Menjadi tempat penelitian favorit bagi para wahana antariksa dunia

Karena begitu banyak keunikan yang dapat di eksplor, Planet Saturnus sudah sejak lama menjadi tempat favorit untuk sering dikunjungi oleh para ilmuwan serta wahana antariksa dunia.

Pada Tahun 1979, NASA mengirimkan Pioneer 11 untuk pertama kalinya ke planet ini untuk melakukan berbagai macam penelitian di planet ini. Wahana kedua yang dikirim adalah Voyager 1 dan 2 pada Tahun 1980, yang sekaligus dapat melintasi Planet Saturnus dengan sukses.

Pada Tahun 2004 NASA berhasil mengorbitkan salah satu wahana antariksanya yaitu Casini di Planet saturnus, hingga sampai satu dekade berikutnya. Tetapi setelah mulai dianggap menua, wahana antariksa ini akhirnya dipensiunkan dari orbitnya di Tahun 2017. Caranya dengan menerjun bebaskan dirinya ke atmosfer planet tersebut.

Rencana berikutnya dari NASA adalah pada Tahun 2026 akan mengirimkan Dragonfly yang merupakan pesawat luar angkasa milik organisasi dunia ini. Misinya adalah untuk melakukan serangkaian “hangout” penelitian di Titan yang merupakan salah satu bulan nomor dua terbesar di Planet Saturnus.

Tidak memerlukan peralatan canggih untuk melihat keunikan Planet Saturnus dari Bumi.

Keunikan Planet Saturnus Dapat Dilihat Dari Bumi
Keunikan Planet Saturnus Dapat Dilihat Dari Bumi

Pada saat fenomena planet mengorbit mendekat ke titik yang paling dekat dengan bumi terjadi, penduduk Planet Bumi akan disuguhkan oleh keunikan Planet Saturnus di cakrawala hanya dengan mata telanjang.

Teleskop baru diperlukan jika kamu ingin melihat lebih detail cincin raksasa dari planet ini. Hal ini diperlukan mengingat jarak Planet Saturnus yang cukup jauh dari bumi.

Saat keajaiban itu terjadi, posisi planet sedang berada satu garis lurus dengan bumi dan matahari. Istilah kejadian tersebut dikenal sebagai oposisi saturnus. Pada posisi tersebut, ukuran planet akan tampak menjadi lebih besar dibandingkan dibandingkan bumi.

Cahayanya Pun akan terlihat sangat terang berwarna kuning-putih yang stabil pada bagian sisi kiri atas. Istilahnya dikenal sebagai “Teapot” di rasi sagitarius.

Pemandangan yang menakjubkan ini akan dapat dinikmati di atas cakrawala sepanjang malam. Dimulai sejak terbitnya di bagian tenggara saat matahari terbenam, sampai menghilang di bagian barat daya sebelum matahari terbit.

Kesimpulan

Keunikan Planet Saturnus yang paling terkenal selain daripada ukurannya yang super besar, terlihat juga pada cincin yang melingkari badannya. Keajaiban ini memberikan suatu tampilan fisik yang terlihat sangat indah. Cincin yang unik tersebut berasal dari partikel es dan batu yang terbentuk sejak ratusan tahun yang lampau.

Fenomena alam yang luar biasa juga akan terjadi saat Planet Saturnus mengorbit sampai ke titik yang paling dekat dengan bumi. Disaat itu semua manusia yang hidup di bumi dapat menikmati pesona planet tersebut hanya dengan mata telanjang.

Ok Guys, Apakah ada dari kalian yang pernah menjadi saksi menyaksikan fenomena alam Planet Saturnus yang terlihat dari bumi dengan mata kalian secara langsung ? Jika memang ada, please komen di bawah ya.

For now, kita sudahi dulu konten bicara kali ini, dan jangan lupa untuk stay tune di konten-konten menarik lainnya. Adios Amigos…!

Sumber :

  • Saturnus Mendekat ke Bumi Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang – news.detik.com
  • 7 Fakta Planet Saturnus yang Bisa Dilihat Jelas dari Bumi -newa.detik.com
  • 7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh! – idntimes.com