Mesin Waktu
Mesin Waktu

Mesin Waktu-Halo Sobat bicara. Bertemu lagi dengan bicara dengan konten baru yang nggak kalah serunya dengan konten-konten sebelumnya.

Apakah Sobat semua percaya kalau mesin waktu itu sudah ada di dunia? Bagi yang percaya tolong komen di bawah ya. Atau barangkali ada juga yang udah pernah merasakan menjelajah dimensi dan ruang yang berbeda? Hmm.., Ikutan komen juga ya.

Bagi yang nggak percaya, coba kita simak aja bareng-bareng mengenai beberapa fakta dan teorinya dari mesin waktu tersebut.

Teori Mesin Waktu Menurut Albert Einstein

Albert Einstein-Mesin Waktu
Albert EinsteinMesin Waktu

Relativitas Khusus

Coba kita bayangkan jika seandainya mesin waktu itu memang ada di kehidupan nyata. Mungkin kita semua bisa mengubah sejarah dan mencegah sesuatu hal buruk agar tidak terjadi di masa depan. Tetapi sejauh ini mesin waktu sepertinya masih sebatas ada di film-film box office seperti Back to The Future atau Project Almanac dan film-film sejenisnya.

Berdasarkan “Teori Relativitas Khusus” yang dikemukakan oleh Albert Einstein “ruang dan waktu tidaklah absolut melainkan relatif” Pengertian dari teori ini adalah ruang dan waktu dapat berbeda untuk setiap manusia. Waktu juga bukan sesuatu yang bersifat statis, tetapi akan terus bergerak dan manusia akan selalu mengikuti pergerakan tersebut.

Penjelasan secara sederhananya adalah, saat manusia berpindah posisi maka secara bersamaan waktu pun akan mengikuti perpindahan tersebut.

Einstein juga berpendapat bahwa “waktu merupakan dimensi keempat yang berdampingan dengan ruang dari dimensi lainnya untuk menghadirkan ruang waktu”. Atau dengan kata lain, semakin cepat manusia bergerak didalam sebuah dimensi ruang, maka akan semakin lambat pergerakan manusia di dalam waktu tersebut.

Jadi intinya jika ingin berjalan melintasi waktu, kita harus berjalan dengan kecepatan cahaya. Untuk dapat melakukan hal tersebut kita memerlukan mesin waktu yang dapat bergerak sama seperti kecepatan cahaya. Contohnya adalah pesawat luar angkasa super cepat yang dapat bergerak secepat cahaya.

“Time Dilation”

Time Dilation
Time Dilation

Walaupun pesawat luar angkasa berkecepatan cahaya tersebut dapat diciptakan, ada masalah yang harus dipecahkan terlebih dahulu. Masalah tersebut adalah kemungkinan akan timbulnya “time dilation” atau pelebaran waktu.

Kutipan dari NASA mengenai “time dilation”, “Saat sebuah objek bergerak melintasi ruang waktu pada kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya, maka waktu akan bergerak lebih lambat di sekitarnya”.

Ilustrasi dari kemungkinan tersebut adalah, seandainya pesawat berkecepatan cahaya dapat membuat manusia melakukan perjalanan yang jaraknya 40 tahun cahaya dari bumi ke suatu tempat lain. Permasalahan yang akan terjadi saat kembali ke bumi adalah, kita akan menemukan orang-orang yang kita kenal sebelumnya akan mulai menua ataupun sudah meninggal.

Hal tersebut diakibatkan oleh waktu yang berjalan lebih lambat bagi kita. Bagi orang-orang di bumi, kita sudah melakukan perjalanan hingga 80 tahun. Walaupun di dalam perjalanan dengan menggunakan pesawat hanya dibutuhkan beberapa tahun saja.

Fakta Teknologi

NASA Teori Relativitas
NASA Teori Relativitas

Faktanya, dalam perkembangan teknologi saat ini, belum ada pesawat luar angkasa berkecepatan cahaya yang berhasil diciptakan. Pesawat tercepat yang dapat diciptakan di zaman ini adalah Apollo 10 yang kecepatannya baru dapat mencapai 11.000 km/detik.

Berdasarkan kutipan dari situs resmi NASA mengenai Teori Relativitas Khusus mengatakan, “Setiap objek yang melewati ruang waktu akan memiliki batas kecepatan hingga 300.000 km/detik, dengan cahaya yang selalu melintasi ruang hampa pada kecepatan tersebut.”

Pengertian sederhananya adalah, kecepatan waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyamai lajunya kecepatan cahaya adalah 300.000 km/detik. 

Seandainya pun satu saat nanti pesawat dengan kecepatan cahaya ini dapat terwujud, ada pertanyaan lain yang harus dijawab. Apakah tubuh kita mampu menghadapi gaya sentrifugal yang dapat merobek tubuh manusia jika harus bergerak dengan kecepatan secepat cahaya?

Wormhole

Wormhole-Mesin Waktu
WormholeMesin Waktu

Teori lainnya dari Albert Einstein yang mendukung kemungkinan diwujudkannya mesin waktu adalah “wormhole”. Teori ini menjelaskan tentang media berbentuk seperti lubang cacing sebagai jalan pintas untuk menuju ruang semesta dan waktu yang berlainan.

Teori ini masih menjadi perdebatan mengingat ukuran “wormhole” yang sangat kecil untuk dapat memuat tubuh manusia. Selain itu lubang cacing ini berumur sangat pendek, dan perjalanan menembus waktu ke masa silam juga akan menimbulkan suatu paradoks waktu.

Sebagai perumpamaan jika manusia melakukan perjalanan ke masa silam agar orang tua kita tidak menikah dan membuat diri kita tidak pernah dilahirkan didunia ini. Pertanyaannya jika kita tidak dilahirkan, lalu siapakah yang akan melakukan penjelajahan ke masa silam tersebut?

Fakta Kalau Mesin Waktu Sudah Diciptakan

Walaupun pada dasarnya belum ada bukti-bukti kuat yang dapat mendukung keberadaan dari mesin waktu ini, tetapi banyak orang di dunia yang percaya fakta kalau mesin waktu bukan mitos belaka. Dibawah ini adalah beberapa bukti dari perjalanan mesin waktu yang pernah terjadi.

Cape Scott Story dan Mesin Waktu

Cape Scott Story dan Mesin Waktu
Cape Scott Story dan Mesin Waktu

Cape Scott Story merupakan suatu judul buku yang diterbitkan di tahun 1974. Di dalam buku tersebut ada satu foto lama yang dibuat di tahun 1917.

Di dalam foto tersebut ada seorang pria dengan rambut yang rada gondrong dengan memakai t shirt polos dengan gaya yang kekinian. Kelihatan sekali perbedaan penampilan dengan orang-orang disekitarnya yang memakai topi dan rompi ala fashion tahun tersebut.

Tidak diketahui dengan pasti siapakah anak muda tersebut hingga saat ini. Foto ini merupakan foto yang paling diyakini oleh banyak orang kalau mesin waktu itu memang ada. Gimana kalau menurut kamu Guys?

Foto Cewek Dengan HP di tahun 1938

Cewek Time Traveller di Tahun 1938
Cewek Time Traveller di Tahun 1938

Sudah merupakan pengetahuan yang sangat umum kalau di tahun 1938, HP alias telepon genggam belum diciptakan. Tapi wanita di dalam foto ini terlihat jelas sekali sedang melakukan hubungan komunikasi melalui telepon genggam.

O iya Guys, foto ini diambil dari cuplikan salah satu film nya Charlie Chaplin yang notabene belum memiliki efek suara pada saat film tersebut diterbitkan di zamannya.

Eksperimen Philadelphia Terjebak Dalam Mesin Waktu

Eksperimen Philadelphia Terjebak Dalam Mesin Waktu
Eksperimen Philadelphia Terjebak Dalam Mesin Waktu

Eksperimen ini merupakan suatu eksperimen yang dibuat oleh tentara Amerika pada tahun 1943. Tujuannya untuk membuat kapal Eldridge USS tidak terpantau oleh radar musuhnya.

Kesaksian para awak kapal menyatakan bahwa seketika saja kapal tersebut seperti menghilang dan menjelajah ruang waktu yang berbeda melalui mesin waktu. Dan semua awak kapal mempunyai cerita dan detail yang sama antara satu dengan lainnya.

Jadi sepertinya tidak mungkin kalau para awak kapal tersebut merekayasa cerita.

Artefak Tua Yang Menjelajah Mesin Waktu

Artefak  Menjelajah Mesin Waktu
Artefak Menjelajah Mesin Waktu

Pada Bulan Desember 2008, ada seorang arkeolog Cina yang menemukan artefak berbentuk jam tangan super mini yang menunjukkan pukul 10.06. Anehnya di bagian belakang jam mungil tersebut terdapat huruf grafir yang bertuliskan “Swiss”. Sementara lokasi artefak tersebut ada di lokasi makan Si Qing yang usianya sudah mencapai 400 tahun. Hmm…rada aneh tapi nyata Guys.

Cowok Hipster Time Traveller

Cowok Hipster Time Traveller
Cowok Hipster Time Traveller

Coba perhatikan pria keren yang memakai sun shade hitam kekinian pada foto di atas. Penampilannya lebih mirip seperti cowok-cowok trendi di zaman milenial yang berjalan sambil bawa kamera modern.

Keberadaan cowok tersebut juga jelas berbeda dengan orang-orang disekitarnya yang lebih terlihat resmi dengan topi dan jas ala penampilan tahun 1941, saat foto ini diambil.

Pemilik foto ini adalah website Museum of Canada yang menampilkan foto tersebut pada acara peresmian South Fork Bridge.

Si Penjelajah Dari Masa Depan

Di tahun 2017 tepatnya di Bulan November, salah satu media Inggris yaitu Express.co.uk mewawancarai seorang pria bernama Noah.

Pria ini menyatakan bahwa dirinya berasal dari tahun 2028. Tujuan Noah menjelajah mesin waktu ke masa di tahun tersebut untuk menceritakan kesaksian bahwa mesin waktu itu memang ada.

Akibat dari aksinya yang melintas batas dan ruang dalam kurun waktu yang berbeda, menyebabkan Ia menderita depresi dan anoreksia. Selain itu dia pun menceritakan bahwa dirinya harus mengkonsumsi obat-obatan agar terlihat lebih muda dari usianya yang sudah menginjak usia 50 tahun.

Kosmonot Rusia Yang Sudah Hidup di Masa Depan

Sergei Krikalev Menjelajah Masa Depan
Sergei Krikalev Menjelajah Masa Depan

Sergei Krikalev seorang Kosmonot Rusia secara teknis sudah merasakan menjelajah mesin waktu dan hidup di masa depan saat 804 hari berada di luar angkasa. Teori fisika yang merumuskan tentang pelebaran waktu menyatakan bahwa dimensi waktu di Planet Bumi memiliki perbedaan sekitar 0.02 detik dengan dimensi waktu di luar angkasa.

Hakan Nordkvist Yang Menjumpai Dirinya Sendiri di Usia Tua

Hakan Nordkvist Dalam Dimensi Yang Berbeda
Hakan Nordkvist Dalam Dimensi Yang Berbeda

Hakan Nordkvist menceritakan mengenai pengalamannya menjelajah ke masa depan dan bertemu dengan dirinya sendiri saat berusia 70 tahun. Kejadian dimulai saat dia terpeleset di dapur rumahnya, dan tiba-tiba saja dirinya seperti masuk ke dalam “wormhole”.

Setelah kejadian yang terjadi begitu cepat tersebut, Ia menjumpai seseorang yang memiliki fisik dan tato seperti dirinya. Ia pun tersadar jika orang tersebut adalah dirinya sendiri dalam versi orang tua. Kemudian dia sempat menyimpan momen itu ke dalam video telepon genggamnya, sebagai bukti bahwa kejadian tersebut adalah nyata adanya.

Kesimpulan

Para ahli berpendapat bahwa Mesin Waktu sejauh ini masih merupakan suatu teori konsep pemikiran belaka, yang belum dapat diwujudkan menjadi suatu kenyataan.

Albert Einstein sudah dapat merumuskan adanya “Teori Relativitas Khusus” dan “Wormhole” sejak puluhan tahun yang lampau, dan hingga saat ini  masih banyak ilmuwan  yang terobsesi untuk terus mencari jawaban guna mendapatkan pembuktian  mengenai teori-teori tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu dan dengan kemajuan sains dan teknologi yang semakin maju, tidak menutup kemungkinan untuk satu hari nanti mesin waktu akan dapat benar-benar terwujud.

Atau mungkin memang sudah terwujud..? Who knows.

Okay Guys.., gimana menurut kamu cerita mengenai mesin waktu ini? Fakta atau Fiktif ? Please komen di bawah ya. Apapun pendapat kamu, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Barangkali saja ada sobat bicara yang akhirnya dapat menciptakan pesawat secepat cahaya satu hari nanti (he he).

Please stay tune pada dimensi ruang yang lain di artikel menarik berikutnya.

Sumber :

  • Foto-foto Ini Masih Menjadi Misteri. Apakah Mereka Datang dari Masa Depan? – Yukepo
  • 7 Teori Meyakinkan Bahwa Mesin Waktu Itu Ada dan Sudah Dioperasikan – IDN Times
  • Mesin Waktu Albert Einstein – Tempo