Starship Si Pesawat Multiplanet

Apakah kamu seseorang yang memimpikan pindah planet? Semenjak Mars diperkirakan menjadi tempat tinggal kedua, wacana pindah planet semakin mungkin terjadi. Bahkan, seorang Elon Musk menciptakan pesawat multiplanet yang disebut dengan Starship sebagai solusi dari keinginannya untuk pindah dari Bumi.

Pria yang merupakan pendiri sekaligus CEO perusahaan SpaceX ini memiliki ambisi untuk dapat pindah planet karena telah berhasil membuktikan kerja kerasnya. Pasalnya, tepat pada akhir Mei lalu SpaceX berhasil meluncurkan astronot NASA menggunakan kapsul Crew Dragon dengan tujuan International Space Station atau ISS.

Ajaibnya, kapsul tersebut dapat kembali pada Minggu 2 Agustus 2020 dengan memanfaatkan gaya retro. Setelah keberhasilannya itu, Elon Musk langsung beralih fokus ke proyek ambisius miliknya. Proyek ini merancang dan mempersiapkan pesawat guna menuju planet Mars. Pesawat yang menjadi prioritas utama SpaceX ini diberi nama Starship.

Starship, Pesawat Multiplanet Pencegah Kepunahan Umat Manusia

Pesawat yang diberikan julukan sebagai pesawat generasi masa depan ini ternyata telah dikembangkan cukup lama. Dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu, tepatnya sejak tahun 2012.

Starship Si Pesawat Multiplanet
Space

Pria yang bernama lengkap Elon Reeve Musk yang menempati kedudukan sebagai bos Tesla ini juga menekankan bahwasanya Starship merupakan kunci untuk membangun kehidupan di planet lain. Pesawat multiplanet ini akan digunakan untuk membentuk sebuah permukiman baru di planet lain.

Hal ini secara tidak langsung juga dimaksudkan agar kita bisa mempersiapkan diri jika suatu saat nanti Matahari mencapai akhir hidupnya. Saat hal ini terjadi, Bumi dan kehidupan yang ada di dalamnya pun akan hancur.

Musk menuturkan saat itulah seluruh kehidupan di Bumi akan terhapus. Apa yang penting sekarang adalah seberapa lama peradaban kita bisa mempersiapkan diri untuk menuju ke Mars. Bisa jadi ini hanya membutuhkan waktu yang singkat, dalam hitungan dekade mungkin.

Dalam rangka memastikan peradaban manusia akan bertahan dari kemungkinan kerusakan Bumi. Ia berspekulasi bahwa kita harus sesegara mungkin mulai mengirimkan manusia ke Mars. Semakin cepat hal itu terjadi, maka akan semakin cepat pula ilmuwan bisa mulai mendalami tentang bagaimana cara membangun sebuah permukiman baru yang berkelanjutan.

Pembuatan Stasiun Khusus di Bulan sebagai Tempat Peluncuran Pesawat Multiplanet

Menurut informasi yang beredar, SpaceX ternyata telah mempunyai rencana untuk membawa manusia ke Mars pada tahun 2024. Rencana itu dimulai dengan pembangunan fasilitas di salah satu negara bagian Amerika Serikat, tepatnya di sekitar wilayah Texas Selatan.

Fasilitas yang berlokasi di Boca Chica ini direncanakan akan menjadi tempat peluncuran pesawat multiplanet yang digunakan untuk membawa manusia terbang ke Bulan atau Mars dari SpaceX. Oleh karena itu, guna mendukung keberhasilan rencana tersebut, Musk membutuhkan bantuan Badan Antariksa Amerika Serikat.

Ia menyarankan ada baiknya Badan Antariksa Amerika Serikat membuat sebuah stasiun khusus di Bulan yang akan difungsikan sebagai tempat transit para astronot saat akan melakukan perjalanan ke planet Mars.

Hal ini bertujuan agar para astronot nantinya bisa melakukan perjalanan ke Mars dengan waktu yang lebih singkat dan cepat. Musk juga menyebutkan bahwa pergi ke Mars merupakan suatu hal yang urgent dan penting.

Tak hanya itu, melalui cara ini akan membantu manusia menjadi spesies “multiplanet”. Kemudian, ia juga menyebutkan bahwa pilihan untuk melakukan perjalanan ke Mars merupakan suatu keputusan yang fundamental. Hal ini disebabkan karena pentingnya manusia untuk membuat sebuah peradaban baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Elon Musk Starship
Impactscool Magazine

Rencana Penjatuhan Bom Fusi di Mars

Selain penciptaan Starship, serang Elon Musk juga ternyata sempat mempunyai rencana untuk melakukan penjatuhan nuklir di permukaan planet Mars. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengubah kondisi Mars agar menjadi planet yang bisa dihuni oleh umat manusia.

Oleh karena itu, dia berencana untuk menjatuhkan nuklir di atas langit kutub planet Mars. Hal ini dilakukan setiap beberapa detik. Kemudian, hasil ledakan tadi akan menghasilkan dua matahari kecil berkedip di daerah kutub-kutub Mars.

Selanjutnya, selama beberapa kali, Ia akan mengirimkan sebuah bom fusi berukuran besar di kutub-kutub Mars guna menciptakan matahari berkedip. Hal ini ternyata dilakukan Musk karena sesuai dengan proses pembentukan Matahari kita saat ini yang merupakan hasil dari sebuah ledakan fusi dengan ukuran sangat besar.

Matahari berukuran kecil itu nantinya akan membuat hangat planet Mars. Hal ini kemudian akan membuat perubahan karbondioksida beku menjadi gas. Karbondioksida sendiri merupakan gas yang mempunyai potensi menghasilkan efek rumah kaca. Hal tersebut yang menyebabkan unsur ini dapat menampung dan mempertahankan unsur panas.

Hal ini kemudian akan berakibat pada semakin banyaknya gas yang berhasil ditangkap di atmosfer, hingga akhirnya permukaan Mars menjadi semakin hangat. Musk dikabarkan juga memiliki pandangan yang baik terkait rencananya untuk membuat Mars menjadi layak Huni seperti di Bumi.

Kesimpulan

Untuk saat ini, mungkin masih tidak banyak orang yang menginginkan untuk pindah ke planet lain dan membuat sebuah permukiman baru di sana. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang yang telah bermimpi dan berharap agar bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa dan bisa menjalani hidup di sana.

Mungkin bisa dibilang untuk saat ini kecanggihan teknologi yang kita miliki belum memadai dan mencukupi guna mewujudkan hal tersebut. Namun, bukan berarti juga tidak akan pernah bisa menjadi kenyataan.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi hal seperti ini dapat dengan mudah dilakukan suatu saat di masa depan. Hal inilah yang dipercaya oleh seorang Elon Musk dan timnya untuk membuat dan mempersiapkan sebuah pesawat multiplanet, Starship.

Diperlukan proses yang memakan waktu lama guna membuat sebuah pesawat multiplanet yang mempunyai tingkat kesempurnaan cukup tinggi. Dengan terus dilakukan penyempurnaan Starship, perjalanan antarplanet bisa dilakukan dengan cepat dan aman.

Sumber :

  • Bumi Bakal Hancur, Manusia Wajib Pindah Planet – detik Inet
  • Perjalanan ke Planet Mars Dimulai Tahun Depan? – Liputan6
  • Elon Musk – Wikipedia