ragam keunikan dunia yang belum diketahui banyak orang
Ragam Keunikan di Dunia

Halo Teman Bicara. Kita bertemu lagi dengan cerita seru mengenai ragam keunikan di dunia yang belum banyak diketahui orang.

Kalau dilihat dengan lebih jauh, ternyata banyak loh fakta keunikan di dunia yang belum banyak diketahui orang. Bisa disebabkan karena dari faktor fenomena alamnya atau bisa juga karena faktor suatu benda yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Biar kamu nggak penasaran lagi, kita simak sama-sama fakta apa aja sih yang menjadi keunikan di dunia tersebut? Dijamin seru loh Guys!

Jam astronomi yang langka

Jam Astronomi Praha
Jam Astronomi Praha

Walaupun tidak seromantis Menara Eiffel  Paris ataupun Semegah Big Ben London, Kota tua Praha di Negara Republik Cekoslowakia memiliki keunikan tersendiri. Kota ini  memiliki jam tertua di dunia yang usianya sudah mencapai 605 tahun.

Jam yang dimiliki kota tersebut bukanlah jam sembarang jam, tetapi merupakan Jam Astronomi yang sangat langka. Bisa jadi juga  merupakan satu-satunya jam astronomi di dunia.

Perancang dari jam ini adalah seorang ahli jam bernama Mikulas of Kadan dengan rekannya yang seorang seorang ahli astronomi dan matematika bernama Jan Sidel. Jam ini juga populer dengan sebutan Orloj.

Struktur dari jam ini sangat tidak biasa, karena terdiri atas tiga bagian komponen yang terdapat pada bidang jamnya. Komponen pada bagian atas menampilkan 4 figur dari legenda Praha  yang dikenal dengan The Walk of the Apostles. 

Beranjak ke bagian komponen yang berada di tengah, merupakan komponen jam yang  perputarannya berjalan sesuai  dengan perhitungan astronomi, dilihat dari posisi Matahari dan bulan.

Yang terakhir adalah komponen bagian paling bawah, menampilkan suatu kalender astronomi yang perhitungannya dibuat dengan melihat perputaran Bulan dan Musim. Komponen kalender astronomi ini juga dilengkapi dengan simbol-simbol pencerminan dari 12 zodiak.

Cabai terpedas “pembunuh”! 

Dragon Breath Chili
Dragon Breath Chili

Dragon’s Breath Chili Pepper merupakan cabai yang dikenal sebagai cabai terpedas dunia. Asal mulanya cabai ini dikembangkan oleh seorang pengusaha pertanian  Inggris bernama Mike Smith.

Tujuan awal dikembangkannya cabai terpedas di dunia ini memang bukan untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan, tapi lebih untuk perawatan medis yang dapat digunakan sebagai obat anestesi  alami, bagi orang yang alergi terhadap anestesi buatan.

Jika kamu termasuk orang yang sensitif dengan rasa pedas, hanya dengan mengkonsumsi 1 buah cabai ini saja, dapat membuat kamu seketika  terkena syok anafilaksis, yang efek seriusnya dapat membakar saluran pernafasan seketika pada tubuh dan langsung menutupnya. Waw..!

Dassler bersaudara pendiri “Puma” dan “Adidas”

Dassler Brothers
Dassler Brothers

Tidak disangka kalau ternyata dua nama raksasa produsen perlengkapan olahraga tersebut berasal dari satu keluarga besar Dassler bersaudara. Sebelum akhirnya kedua kakak beradik itu memutuskan untuk berpisah,  mereka pernah membesarkan brand sepatu khusus olahraga yang bernama Gebruder Dassler.

Keunikan cerita ini justru terjadi saat perpisahan antara keduanya terjadi. Brand Puma berhasil dikembangkan oleh Rudolf Dassler setelah berganti nama yang awalnya adalah RuDa. Sementara Adolf Dassler berhasil membuat nama Adidas berkibar setelah mengganti nama awalnya Addas.

Keunikan Suku Inuit = Suku Eskimo di Kutub Utara

keunikan Suku Inuit
Suku Inuit

Tahukah kamu jika jauh di Kutub Utara terdapat suku asli yang mempunyai cara hidup yang tidak biasa karena memiliki keunikan dapat bertahan hidup di suhu yang luar biasa dingin tanpa mengalami hipotermia.  Keunikan yang lainnya adalah, mereka sangat jago alis ahli dalam berburu binatang, yang menjadi sumber makanan mereka.

Suku tersebut  bernama Suku Inuit, yang sebenarnya lebih banyak dikenal sebagai Suku Eskimo. Tapi fakta sebenarnya, Suku Inuit adalah nama lain dari Eskimo, hanya  penyebutannya saja yang berbeda.

Kehidupan mereka yang berada di bagian dunia paling dingin, justru malah membuat mereka lebih dapat bertahan hidup. Jika Kutub Utara dipenuhi oleh hangatnya cahaya matahari, kehidupan justru akan berputar terbalik bagi mereka. Karena tidak adanya hewan yang dapat hidup pada suhu yang panas, artinya rantai makanan mereka pun akan terputus.

Batu Piramida Mesir yang memiliki keunikan

Keunikan Batu Piramida Mesir
Batu Piramida mesir

Pada Piramida Amenemhat III yang terdapat di Kuil Phoenix di negara Mesir, telah ditemukan suatu batu langka semacam prasasti. Para Ilmuwan  memperkenalkan batu tersebut sebagai Benben yang memiliki usia sekitar 1840 Sebelum Masehi.

Keunikan dari batu prasasti ini adalah posisinya yang terletak pada bagian puncak piramida dan memiliki ukiran berisi sebuah doa  di badannya. Doa tersebut menyatakan akan suatu permohonan agar Firaun dapat melihat kehidupan kembali.

tulisan d ibatu piramida mesir
Source : Tribunnews

Nama kota di Rusia yang sering berubah-ubah

Salah satu keunikan yang ada di Negara Rusia adalah, nama kota-kotanya yang dapat sering berubah. Sehingga seringkali membuat kebingungan  bagi para turis yang berkunjung ke sana.

Contoh dari perubahan nama kotanya seperti, kamu dilahirkan di Kota Petersburg, saat kamu sekolah kota berganti nama menjadi Petrograd, saat menikah  kota berganti nama kembali menjadi Leningrad, dan saat kamu berusia tua berubah kembali menjadi Saint Petersburg. Padahal kamu selalu tinggal di kota yang sama dan  tidak pernah pindah ke mana pun.

Aneh tapi nyata! Janggut Tutankhamun jatuh saat proses pembersihan di Museum Mesir.

Keunikan Cerita Tutankhamun
Tutankhamun

Siapa sangka kalau ternyata suatu kejadian tidak disengaja dapat menghebohkan dunia?

Kejadian bermula di tahun 2014 saat petugas kebersihan di Museum Mesir secara tidak sengaja telah membuat janggut dari topeng Firaun Tutankhamun yang tersohor itu terlepas dari tempatnya.

Dengan segala cara tentu saja para petugas tersebut berusaha untuk memperbaikinya dan menyembunyikan kejadian yang cukup memalukan tersebut.

Tetapi apa mau dikata jika akhirnya insiden itu terungkap juga di tahun 2016, dan pastinya menghebohkan  para sejarawan dunia. Mengingat topeng tersebut merupakan suatu simbol sejarah bagi Negara Mesir yang cukup langka.

Keunikan nama tempat yang memiliki nama terpanjang

Keunikan Nama Terpanjang
Nama Terpanjang

Beberapa Negara di dunia faktanya terkadang memiliki nama-nama tempat yang cukup aneh untuk dapat dibaca. Salah satu  tempat tersebut berlokasi di Selandia Baru, yang memiliki  nama cukup aneh dan tidak dapat langsung dibaca dengan mudah pengucapannya.

Keunikan lainnya adalah, nama tempat tersebut terdiri dari 85 huruf gabungan antara konsonan dan huruf mati. Jadi tidak heran kalau akhirnya tempat tersebut mendapat nominasi sebagai tempat dengan nama teraneh dan terpanjang di jagad raya.

Nama tersebut adalah:

“Taumatawhakatangihanga-koauauotamateaturipukakapikimaung-ahoronukupokaiwhenuakitanatahu”

Anehnya lagi, ternyata masih banyak negara lain yang mempunyai keunikan dan keanehan yang sama. Contohnya seperti di dua negara berikut ini:

“Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwlll­lantysiliogogogoch” di Wales

“Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit” di Bangkok

Islandia, negara yang memiliki kualitas alam terbaik di dunia

Islandia
Islandia

Islandia adalah salah satu pulau  kecil di Samudra Atlantik, yang selalu menjadikan lingkungan hidup adalah suatu prioritas utama. Masyarakat disana percaya jika sungai dan laut tercemar, artinya akan sulit mencari sumber air bersih.

Negara ini pun sangat minim menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batubara. Alasannya adalah bahan tersebut dapat memicu terjadinya pemanasan global yang akan mengakibatkan pencemaran air dan udara.

Karena tingkat kesadaran yang tinggi seperti inilah yang menyebabkan Islandia memiliki sistem sanitasi terbaik di dunia. Dan tidak heran juga kalau pada akhirnya negara tersebut dapat mengubah sumber air menjadi sumber energi sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Hal-hal inovatif seperti itulah yang menjadikan suatu keunikan tersendiri bagi Islandia, negara kecil yang memiliki pemikiran besar.

Keunikan fenomena langka “lintas laut”

Keunikan Lintas Laut
Lintas Laut

Fenomena Lintas laut merupakan salah satu  rahasia alam yang masih menjadi misteri. Kejadian langka tersebut terjadi saat dua  gelombang arus laut yang berbeda bertemu dan saling berpotongan membentuk suatu pola yang unik. Jika dilihat dari atas terlihat seperti lautan gelombang berbentuk pola persegi.

Namun keunikan situasi tersebut dapat berubah  menjadi situasi bahaya, jika ada kapal yang terjebak di dalam gelombang tersebut.  Arus kuat yang berasal dari bawah laut akan serta merta merta membuat kapal terjebak di dalamnya, sehingga akan sulit untuk dapat dikendalikan. 

Keunikan Cerita horor legenda payung Jepang (Kasabake) 

Keunikan Kasabake
Kasabake

Kalau kamu suka dengan cerita sejenis urban legend atau mitos yang ada pada suatu negara, mungkin kamu suka dengan cerita Kasabake.

Cerita legenda ini berasal dari negeri sakura Jepang, mengenai hantu yang berwujud payung tua dan rusak. Wujud dari hantu payung ini memiliki satu mata, satu kaki dan dua tangan dengan lidah yang menjulur. 

Keunikan dari cerita ini adalah berhubungan dengan suatu mitos kepercayaan di Jepang. Masyarakat disana  mempercayai bahwa semua benda-benda tua yang sudah tidak terpakai dapat menjadi sarang atau bertransformasi menjadi  makhluk astral.

Fenomena keunikan pelangi tanpa warna

Keunikan Pelangi Tanpa Warna
Pelangi Tanpa Warna

Salah satu fenomena yang jarang terjadi adalah saat terjadinya Pelangi tanpa warna atau yang biasa dikenal dengan “fogbow”. 

Keunikan pelangi ini adalah walaupun terlihat penampakannya tidak memiliki  warna, tetapi sebenarnya sama dengan pelangi biasa yang memiliki spektrum warna yang bermacam-macam.

Tidak munculnya warna pelangi tersebut dikarenakan, saat proses jatuhnya butiran air ke bumi mempunyai ukuran partikel air yang lebih kecil dibandingkan dengan partikel air yang membentuk pelangi warna warni. Sehingga hanya terlihat seperti kabut, karena spektrum warna yang dihasilkan tidak optimal dan lemah.

Pelangi jenis tersebut juga dapat terlihat saat malam hari ketika cahaya bulan di langit cukup terang. Fenomena alam  ini dikenal sebagai “moonbow”.

Kesimpulan

Luasnya dunia  dapat diibaratkan seperti gudang bagi berbagai macam fenomena dan misteri yang sebelumnya tidak diketahui. Namun dari semua fenomena dan misteri tersebut ternyata banyak terkuak hal-hal yang justru menjadi keunikan dan keanehan rahasia itu sendiri.

Keunikan cara hidup “Suku Inuit” sampai dengan keanehan “Jam astronomi yang langka”, merupakan contoh dari sebagian kecil  fenomena  dan misteri dunia yang berhasil terkuak tanpa disengaja. Ketidaksengajaan itulah yang akhirnya menjadi suatu rangkaian cerita yang menarik untuk diketahui banyak orang.

Well Guys, semoga kamu suka dengan cerita yang ringan dan menghibur ini. Semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan.

Kita akhiri dulu sampai disini, jangan lupa stay tunes di cerita seru berikutnya. Sayonara!

Sumber :

  • Ketahui 5 Fakta Unik di Dunia Yang Tidak Pernah Terpikirkan – Boombastis
  • 7 Fakta Unik Dunia Yang Jarang Diketahui – Tribun News
  • 10 Fakta Unik Dunia Yang Pasti menggegarkan Anda – Finansialku