Selain Bimasakti, 5 Galaksi Unik Ini Wajib Kamu Tahu!
Galaksi via pexels

Pernahkah sahabat Bicara mendengar kata galaksi? Di alam semesta kita terdapat sejumlah galaksi unik, loh! Kata galaksi sendiri berasal dari bahasa Yunani galaxias. Kata ini memiliki arti “seperti susu” yang merujuk pada arti Galaksi Bimasakti dalam Bahasa Inggris, yaitu Milky Way.

Galaksi

Galaksi adalah kumpulan benda langit yang ada di jagat raya dengan jumlah mencapai jutaan bahkan miliaran. Sebelum penemuan teleskop oleh seorang Astronom Galileo-Galilei, teka-teki galaksi belum dapat terungkap. Hal ini berarti apa yang ada di suatu galaksi belum dapat diidentifikasi secara pasti.

Hal ini menyebabkan galaksi hanya dapat dijelaskan sebagai cahaya putih. Dalam sebuah galaksi terdapat banyak sekali benda yang menyimpan berbagai misteri di dalamnya. Mulai dari kumpulan planet, bintang, satelit, dan benda lainnya yang menyusun pulau-pulau di ruang hampa udara.

Whirpooll Galaxy
Galaksi Whirpool

Salah satu galaksi yang akrab kita kenal adalah Galaksi Bimasakti. Galaksi ini merupakan galaksi yang berhasil diidentifikasi pada tanggal 18 juli 1783. Galaksi ini termasuk dalam salah satu galaksi besar yang ada di jagat raya. Galaksi yang ditempati oleh manusia ini terdiri dari kurang lebih 400 miliar bintang.

Selain itu, galaksi ini memiliki matahari sebagai pusat dari planet yang mengelilingi dengan sistem dan pengaruh gravitasinya. Dengan demikian, Galaksi Bimasakti merupakan salah satu galaksi yang kaya akan berbagai benda angkasa di dalamnya dan bergerak dengan sangat teratur.

Tahukah sahabat, di jagat raya yang sangat luas ini terdapat galaksi selain Galaksi Bimasakti? Sebenarnya di jagat raya ini terdapat sekitar 200 milyar galaksi. Dengan jumlah yang sangat banyak itu, kita pasti bisa berspekulasi bahwa banyak hal aneh di luar sana.

Di luar Galaksi Bimasakti saja misalnya, ada banyak galaksi unik. Seperti galaksi yang memiliki cincin berupa kabut, berbentuk menyerupai ubur-ubur, berstruktur seperti pusaran air, bahkan juga ada galaksi yang menelan galaksi lain yang ukurannya lebih kecil dari galaksi tersebut. Berikut adalah penemuan 5 galaksi paling aneh di jagat raya. Yuk disimak!

1. Galaksi Mata

Selain Bimasakti, 5 Galaksi Unik Ini Wajib Kamu Tahu!
Galaksi Mata IC 2163 (NASA, ESA, and The Hubble Heritage Team (STScI))

Apakah Anda pernah merasa seperti sedang diamati? Mungkin yang melakukan hal tersebut adalah piringan dari galaksi spiral IC 2163. Galaksi ini mengintai ke angkasa luar menggunakan matanya yang berukuran besar.

Kemampuan berwujud alat penglihatan manusia itu sebenarnya merupakan aliran besar bintang dan debu. Hal ini dibuat ketika IC 2163 menghapus galaksi spiral lain, seperti NGC 2207.

Kemampuan “mata” ini sebenarnya hanya dapat bertahan selama beberapa puluh juta tahun. Hal ini diungkapkan oleh seorang Astronom Michele Kaufman saat melaporkan penemuan itu pada tahun 2016 silam.

Para peneliti menemukan bahwa bentuk ini muncul karena gas dari kemampuan mata tersebut berlomba dari pusat IC 2163 menuju pusat galaksi dengan kecepatan 62 mil/detik atau sekitar 100 km/detik sebelum akhirnya bertabrakan. Pada akhirnya menjadi kacau dan melambat ketika bergerak menuju ke pusat galaksi.

2. Galaksi Kanibal, Galaksi Unik Tetangga Bimasakti

Selain Bimasakti, 5 Galaksi Unik Ini Wajib Kamu Tahu!
Gambar unik ini menampilkan Messier Objects 32 dan 110, dan NGC 206 (awan bintang terang di Galaksi Andromeda) dan bintang Nu Andromedae (Creative Commons)

Ternyata, Galaksi Bimasakti memiliki tetangga dekat, tetapi menimbulkan mara bahaya. Galaksi tersebut adalah Galaksi Andromeda. Galaksi yang sudah menelan berbagai galaksi di jagat raya yang memiliki ukuran lebih kecil darinya. Hal ini sudah dilakukan galaksi tersebut setidaknya selama 10 miliar tahun.

Dalam 4,5 miliar tahun mendatang, ditaksir dua galaksi tersebut, Andromeda dan Bimasakti akan berbenturan. Meskipun, belum dapat dipastikan siapa yang akan menelan siapa dalam tumpukan kosmik yang terjadi itu.

3. Galaksi Ubur-Ubur

Selain Bimasakti, 5 Galaksi Unik Ini Wajib Kamu Tahu!
Galaksi Ubur-Ubur ESO 137-001 (ESA/NASA)

Kita tidak sedang membicarakan tentang salah satu bagian dalam biota laut ya Sahabat. Di sini yang dimaksud ubur-ubur merupakan sebuah galaksi yang ada di jagat raya. Galaksi Ubur-Ubur atau disebut juga dengan ESO 137-001 ini memiliki struktur menyerupai bentuk tentakel ubur-ubur.

Menurut pengamatan NASA, galaksi ini tersusun dari bintang-bintang yang ada di ekor debu dan gas. Bintang ini tidak dapat dilihat oleh indra penglihatan manusia tanpa menggunakan alat bantu.

Selain itu, terbentuknya galaksi ini memang sedikit mengandung teka-teki. Hal ini disebabkan karena gas yang ada di ekor debu harus panas untuk mendukung terbentuknya suatu bintang.

Galaksi yang tertahan oleh galaksi spiral ini berlokasi di konstelasi Triangulum Australe. Kemudian, kedua galaksi ini bergabung dan membentuk spiral yang memiliki pusat. Pusat ini memiliki bentuk seperti bar yang berputar dan mengambang seperti tentakel ubur-ubur.

4. Galaksi yang Mekar

Galaxy
Galaksi yang Mekar ESO 381-12 (NASA, ESA, P. Goudfrooij (STScI))

Bagaikan kelopak bunga saat musim semi. Galaksi yang bernama ESO 381-12 memperlihatkan keindahannya yang tampak mekar. Galaksi yang terletak di konstelasi Centaurus ini memiliki jarak sekitar 270 juta tahun cahaya dari Planet Bumi.

Hal yang menyebabkan Galaksi ESO 381-12 unik adalah rupanya yang menyerupai seperti kelopak bunga yang mekar. Rupa ini terlihat dari bagian tubuh galaksi utama.

Beberapa dugaan dari para astronom terkait rupa dari Galaksi ini adalah gelombang mendadak yang timbul dari tabrakan antargalaksi yang relatif baru. Tabrakan ini juga memberikan bahan bakar baru bagi Galaksi ESO 381-12 guna keperluan pembentukan bintang baru. Akan tetapi, tetap saja para astronom tidak sepenuhnya yakin apa yang memicu terciptanya struktur ini.

5. Galaksi Zombie

Galaksi Zombie
Galaksi Zombie MACS 2129-1 (Kredit: NASA/ESA/Z. Levy, STScI)

Sebuah galaksi besar yang belum aktif ini diberi nama Galaksi MACS 2129-1. Selain itu, galaksi ini juga dikenal dengan julukan “Dead Galaxy”. Hal ini disebabkan karena bintang-bintang yang ada di galaksi ini tidak terproduksi lagi sekitar 10 miliar tahun lamanya.

Berbeda dengan Bimasakti, galaksi unik ini ternyata berputar dua kali lebih cepat. Menurut peneliti, galaksi pada umumnya berasal dari penggabungan galaksi kecil dari waktu ke waktu.

Namun, berbeda dengan galaksi masif yang berbentuk cakram ini. Para peneliti mengungkapkan bahwa bintang-bintang yang ada di MACS 2129-1 tidak berasal dari penggabungan ledakan. Akan tetapi, sudah ada sejak awal di cakram galaksi yang asli.

Temuan tentang galaksi ini pertama kali terbit dalam jurnal Nature pada tahun 2017. Di jurnal itu dijelaskan bahwa “galaksi mati” ini secara internal memiliki kemampuan untuk pengaturan ulang struktur mereka. Daripada melakukan pengubahan bentuk seiring bertambahnya usia guna bergabung dengan galaksi lain.

Kesimpulan

Di bidang astronomi, galaksi memiliki pengertian sebagai sebuah sistem yang tersusun dari bintang, gas, dan debu yang sangat luas jangkauannya.

Sebuah galaksi di jagat raya biasanya tersusun dari miliaran bintang yang mempunyai warna, ukuran dan karakteristik yang sangat beragam. Dapat diketahui 5 galaksi dengan karakteristik yang paling aneh, antara lain Galaksi Yang Mekar, Mata, Kanibal, Ubur-Ubur, dan Zombie.

Apakah kamu ingin agar pengetahuan sainsmu bertambah? Yuk ikuti terus update terbaru kami seputar Ilmu Sains dan Astronomi.

Sumber :

  • 5 Galaksi Aneh yang Ada di Alam Semesta – Liputan6
  • 8 Galaksi Aneh yang Ada di Alam Semesta – Kompas
  • Galaksi – Wikipedia
  • Galaksi Mata – Wikipedia
  • Galaksi Andromeda – Wikipedia