Bicara Indonesia

Berbagi Informasi Dalam Cerita

Flora & Fauna, Sains, Sejarah

Alasan Hewan Raksasa Purba Punah dengan Cepat

Hewan Purba Punah Dengan Cepat – Mengapa hewan raksasa purba punah dengan cepat? Setidaknya ada lima alasan ilmiah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Seperti diketahui, dinosaurus yang merupakan salah satu hewan raksasa purba pernah ada dan hidup di planet Bumi yang di perkirakan pada 230 juta tahun yang lalu. Menurut penelitian, dinosaurus punah sekitar 65 juta tahun yang lalu. Menariknya, hewan raksasa purba itu punah dalam waktu yang cukup singkat. Kok bisa? nah penasaran dengan alasan, berikut ini sains akan menjawab alasan di balik punahnya hewan raksasa ini. 1. Sains Menjawab Pasokan Makanan Berkurang Drastis Seperti diketahui, setiap makhluk hidup pasti […]

Alasan Hewan Raksasa Purba Punah dengan Cepat
Cerita Dunia, Editor's Choice, Flora & Fauna

5 Bencana Dahsyat yang Terjadi di Zaman Purba

Bencana dahsyat di masa purba – Setidaknya ada lima bencana dahsyat di masa purba yang pernah ‘memporak porandakan’ planet Bumi ini. Bencana dahsyat ini, tentu, jauh berbeda dengan bencana di zaman modern. Perlu diketahui, Bumi di masa purba atau prasejarah tidak dalam keadaan setenang sekarang di bandingkan dulu yang sering terjadi bencana dahsyat. Berjuta-juta tahun yang lalu, planet ini kerap mengalami perubahan secara drastis sehingga mengakibatkan kematian bahkan kepunahan massal. Sebut saja dinosaurus, para ilmuwan menyebut hewan raksasa purba ini punah akibat perubahan iklim dan suhu secara drastis serta jumlah oksigen yang juga berkurang drastis. Sudah banyak ilmuwan yang mempelajari […]

5 Bencana Dahsyat yang Terjadi di Zaman Purba
Flora & Fauna

7 Hewan yang Dianggap Punah Ini Ditemukan Kembali!

Pernahkah terbayang oleh kalian bahwa hewan yang telah punah akan kembali lagi? Semua makhluk hidup yang ada di muka bumi selalu melakukan adaptasi dengan perkembangan lingkungan yang terjadi. Jika terdapat makhluk hidup yang tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan lingkungan. Maka makhluk hidup tersebut akan terkena seleksi alam atau biasa kita sebut sebagai kepunahan. Beberapa hewan mengalami seleksi alam sehingga tercatat sejumlah hewan mengalami kepunahan. Hal yang tidak bisa kita bayangkan adalah ketika hewan tersebut telah dinyatakan punah, namun kembali muncul ke permukaan bumi dan membantah semua yang terjadi. Takahe Bird Selandia Baru layaknya surga bagi hewan endemik sebab negara ini […]

7 Hewan yang Dianggap Punah Ini Ditemukan Kembali!
Flora & Fauna, Sejarah

Kok Ada Fosil Hewan Laut di Puncak Gunung?

Apa kabar sahabat Bicara? Bicara Indonesia kembali lagi nih, menemani kamu dengan cerita-cerita menarik. Apa yang sobah pikirkan ketika mendengar fosil hewan laut? Secara spontan akan merujuk pada fosil hewan yang hidup di laut bukan? Sebab memang lautlah yang menjadi habitat hewan tersebut. Loh kok gimana dengan judul tulisan ini? Memang benar ada fosil hewan laut yang letaknya di puncak gunung? Saat membayangkannya, hal ini terkesan mustahil. Sebab, hewan yang hidupnya di laut tidak mungkin meninggalkan fosil di puncak gunung. Secara jarak saja sangat jauh. Belum lagi jika berbicara tentang dua habitat yang berbeda.  Apalagi fosil ini ditemukan di gunung Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia. Kira-kira […]

Kok Ada Fosil Hewan Laut di Puncak Gunung?
Cerita Dunia, Flora & Fauna, Misteri

12 Fakta Aneh Dinosaurus, Belum Banyak Yang Tahu Loh!

Halo Sobat Bicara! Kali ini kita akan bercerita tentang fakta aneh Dinosaurus yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Biar nggak penasaran, kita mulai saja ceritanya ya. Memiliki tubuh yang besar, dan buas selalu menjadi stereotype yang selalu digambarkan sebagai Dinosaurus. Semua penggambaran tersebut memang tidak sepenuhnya salah, karena faktanya beberapa jenis hewan purba tersebut tergolong buas dan memiliki ukuran tubuh seperti makhluk raksasa. Namun sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang belum sempat diketahui oleh banyak orang mengenai Dinosaurus. Reptil purba ini menjadi salah satu makhluk paling unik yang pernah hidup di bumi. Setelah menguasai bumi selama hampir 150 juta […]

12 Fakta Aneh Dinosaurus, Belum Banyak Yang Tahu Loh!
Flora & Fauna, Sejarah

Belum Punah, Ini Dia 10 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Sampai Sekarang!

Hallo, sobat Bicara! Menurutmu hewan prasejarah itu apa aja sih? Apa cuma dinosaurus? Lalu, apakah di luaran sana masih ada hewan prasejarah yang masih hidup sampai sekarang? Jawabannya adalah, ada! Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas beberapa hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Berikut 10 hewan prasejarah yang masih hidup hingga saat ini. Beberapa di antaranya bahkan hidup di Indonesia lho. Penasaran? Check it out! 1. Komodo Hewan prasejarah pertama yang masih hidup hingga sekarang adalah komodo. Siapa sih orang Indonesia yang gak tahu hewan satu ini? Komodo merupakan hewan reptil purba endemik yang telah ada sejak zaman […]

Belum Punah, Ini Dia 10 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Sampai Sekarang!
Flora & Fauna, Sains, Sejarah

7 Hewan Kecil yang Berukuran Raksasa di Zaman Prasejarah

Halo, sobat Bicara! Pada pertemuan kita kali ini, Bicara akan memberitahu kamu tentang beberapa hewan kecil yang berukuran besar pada zaman prasejarah dulu. Zaman prasejarah kental dengan bayangan hewan raksasa dan menyeramkan. Siapa sangka kalau hewan-hewan kecil yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata malah berukuran raksasa pada zaman prasejarah? Ya, ada hewan kecil yang dulunya itu memang berukuran jauh lebih besar. Penasaran? Berikut selengkapnya. 1. Tupai Seperti yang kita tahu saat ini, tupai memiliki ukuran tubuh yang kecil dan imut. Namun, pada zaman prasejarah dulu, hidup spesies tupai dengan nama latin Kopidodon Macrognathus yang panjangnya bisa lebih dari […]

7 Hewan Kecil yang Berukuran Raksasa di Zaman Prasejarah
Cerita Dunia, Flora & Fauna, Sains

Megalodon! 10 Fakta Hiu Raksasa Yang Sudah Lama Punah

Megalodon – Dalam perjalanan sebuah rentang waktu kehidupan, akan selalu timbul suatu pertanyaan seperti “apakah penyebab yang membuat suatu habitat atau spesies hewan menjadi punah?” Bahkan salah satu hewan purba terbesar yang besarnya mengalahkan ukuran Dinosaurus pun tidak dapat melepaskan dirinya dari jurang kepunahan. Banyak hal hal yang masih menjadi teka teki dikalangan para peneliti terkait kepunahan Megalodon. Hal tersebutlah yang akhirnya membuatnya tertarik untuk menyelidiki alasan di balik musnahnya hewan tersebut. 1. Apakah Megalodon? Nama Megalodon merupakan sebuah senyawa kata yang berasal dari Yunani. Dan arti dari kata tersebut adalah “gigi raksasa”. Megalodon merupakan Hiu terbesar yang ada di […]

Megalodon! 10 Fakta Hiu Raksasa  Yang Sudah Lama Punah