Bicara Indonesia

Berbagi Informasi Dalam Cerita

Astronomi, Cerita Dunia, Sains

Jika Satu Hari hanya 6 Jam, Apakah Manusia Bisa Bertahan?

Halo Guys! Kita ketemu lagi dalam cerita seru kali ini, mengenai eksperimen kecil yang berjudul jika satu hari hanya 6 jam, bisakah manusia bertahan hidup? Penasaran? Yuk, kita teruskan saja cerita seru ini. Ketika pertama kali Planet Bumi terlahir, saat itu dalam satu hari hanya memiliki rentang waktu selama 4 jam dalam satu hari. Dan ketika Bumi mulai  berumur 30.000 tahun, ada penambahan waktu 2 jam dalam rentang tersebut. Dapat dikatakan, posisi Bulan saat itu  masih sangat dekat dengan Planet Bumi. Hal tersebutlah yang mempengaruhi panjangnya rentang hari di Bumi. Namun, lama kelamaan posisi Bulan bergerak semakin menjauh dari posisi Bumi, […]

Jika Satu Hari hanya 6 Jam, Apakah Manusia Bisa Bertahan?
Astronomi

9 Satelit Alami Luar Angkasa Selain Bulan

Satelit alami selain bulan, Ada? Halo teman bicara, senang sekali bisa kembali menyapa kalian lewat artikel baru yang pastinya menarik dan wajib disimak, hanya di website Bicara Indonesia. Teman bicara tahu tidak, bahwa satelit yang ada dalam tata surya itu ternyata bukan hanya Bulan loh. Sesuai dengan namanya, Satelit alami adalah satelit yang bukan buatan Manusia serta mampu mengorbit sebuah planet atau benda langit lainnya yang lebih besar daripada satelit itu sendiri. Salah satu satelit yang paling populer yaitu Bulan yang mengorbit Bumi. Sebelumnya, Bicara Indonesia pernah mengulas tentang Satelit Europa Yang merupakan salah satu dari beberapa satelit alami yang […]

9 Satelit Alami Luar Angkasa Selain Bulan
Astronomi, Teknologi

Apakah Satelit Berpindah Tempat?

Apakah Satelit Berpindah Tempat? – Di atas Bumi kita ini ada banyak sekali satelit buatan yang mengorbit Bumi, jumlahnya dari ratusan hingga ribuan, dan beberapa ada yang masih bertugas ada juga yang menjadi sampah antariksa. Nah pernahkah diantara kalian bertanya tanya apakah satelit itu berpindah tempat? Hmm, atau mungkin satelit diam di satu tempat saja? Soalnya bisa kalian lihat di berita atau dalam film pasti posisi sebuah satelit itu selalu tepat berada diatas Negara asal satelit itu, jadi apa benar satelit itu tidak bergerak atau berpindah tempat? Kalian tentunya penasaran kan dengan hal ini? Kalo gitu, simak pembahasannya disini yuk! […]

Apakah Satelit Berpindah Tempat?
Astronomi, Cerita Indonesia, Sains

Pembangunan Bandar Antariksa LAPAN di Biak, Ini Alasannya

Akhir 2019 lalu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan rencana pembangunan bandar antariksa LAPAN di Biak, Papua. Meskipun berukuran kecil, bandar antariksa yang pertama di Indonesia ini akan memiliki fasilitas peluncuran roket yang lebih besar dari situs peluncuran roket di Garut. Saat ini di Asia, hanya enam negara yang memiliki kemampuan meluncurkan satelit ke ruang angkasa dan India dan Cina adalah dua negara di antaranya. Dengan adanya pembangunan bandar antariksa milik LAPAN di Biak ini, Indonesia akan menyusul negara-negara tersebut. Bandar antariksa pertama di Pasifik Sebagai bandar antariksa yang pertama di Indonesia, situs peluncuran yang ditargetkan beroperasi sebelum tahun […]

Pembangunan Bandar Antariksa LAPAN di Biak, Ini Alasannya
Astronomi

Apakah Satelit Harus Mengisi Ulang Bahan Bakar?

Hi guys kembali lagi dengan Bicara Indonesia. Ngomong ngomong nih guys, para ilmuwan kita ini sudah banyak sekali mengirimkan satelit keluar angkasa, kalian tentu tau hal tersebut. Satelit yang diluncurkan keluar angkasa akan mengorbit Bumi, tapi adakah diantara kalian yang bertanya tanya gimana caranya satelit mengisi bahan bakar? Dan haruskan satelit melakukan isi ulang? Tentunya ia butuh bahan bakar untuk dapat mengorbit Bumi, tapi apa benar? Satelit Tidak Membutuhkan Bahan Bakar Well guys, sebenarnya satelit ini tidak perlu mengisi ulang bahan bakar guys. satelit hanya membutuhkan bahan bakar saat diluncurkan ke Luar angkasa, bahan bakar dibutuhkan untuk roket yang mendorong […]

Apakah Satelit Harus Mengisi Ulang Bahan Bakar?
Astronomi, Cerita Indonesia, Sejarah

Satelit Palapa: Fakta Unik Dibaliknya

Indonesia, negeri kita tercinta ini memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan, salah satunya adalah Satelit Palapa. Satelit yang namanya diambil dari sumpah Palapa di zaman Majapahit ini, ternyata memiliki beberapa fakta unik yang jarang diketahui orang loh. Satelit kebanggaan Indonesia ini, juga merupakan satelit yang pertama kali diluncurkan Indonesia sebelum masa Reformasi. Satelit ini diluncurkan agar komunikasi warga Indonesia bisa lebih lancar. Selain itu, satelit ini juga mentransmisikan sinyal radio dan televisi yang sehari-hari kita nikmati, teman bicara. Di Indonesia, Hari Satelit Palpa di peringati setiap tanggal 9 juli. Apa saja fakta unik tentang Satelit palapa, kita bahas selengkapnya berikut […]

Satelit Palapa: Fakta Unik Dibaliknya
Astronomi

Kemana Perginya Sisa Pesawat Antariksa yang Sudah Tidak Terpakai?

Pernahkah kalian menonton siaran peluncuran roket atau alat astronomi oleh NASA? Atau kalian pernah nonton di youtube atau baca berita? Udah banyak banget ya pesawat antariksa yang udah diluncurkan ke luar angkasa. Kebanyakan dari mereka adalah satelit yang duluncurkan untuk menjalankan sebuah misi atau untuk penelitian dengan periode waktu tertentu. Hmm kalo gitu berarti suatu saat satelit satelit itu bakalan habis masa tugasnya dong? Terus kalo habis, kemana perginya pesawat pesawat itu ya? Kalau hancur, kemana sisa pesawat antariksa itu pergi? Sama seperti mesin mesin lainnya, satelit akan memiliki masa tugas dan masa dimana ia akan rusak, jika hal itu […]

Kemana Perginya Sisa Pesawat Antariksa yang Sudah Tidak Terpakai?
Astronomi, Sains

Jika Bumi Berputar 2 Kali Lebih Cepat, Apa yang Terjadi

Apa ya yang akan terjadi jika Bumi berputar 2 kali lebih cepat? Pernah terfikirkan nggak sama kalian? Sebelumnya Bicara udah pernah bahas Apa yang terjadi jika Bumi berhenti Berputar, udah pada baca belum? Dalam artikel itu kita bisa menimpulkan, jika Bumi berhenti berputar itu tandanya kehancuran. Tapi bagaimana dengan yang satu ini? apakah sama? Apa semua makhluk hidup di dunia jadi pusing banget? Atau rasanya kayak naik rollercoaster? Gimana ya kalau hari-hari kita lebih pendek dari biasanya? Penasaran? simak penjelasannya di bawah ini ya teman teman. Manusia tidak bisa merasakan perputaran Bumi Bumi berputar dengan kecepatan 1.600 km per jam. […]

Jika Bumi Berputar 2 Kali Lebih Cepat, Apa yang Terjadi
Astronomi, Sains

Fakta Menarik Satelit Teleskop Kepler

Teleskop Kepler adalah Teleskop yang diluncurkan pada tahun 2006, ini adalah beberapa fakta menarik mengenai teleskop kepler

Fakta Menarik Satelit Teleskop Kepler
Astronomi

Sampah Luar Angkasa? Apa Saja Itu?

berbagai jenis sampah di luar angkasa yang ada di orbit bumi dan berasal dari bumi apa saja jenisnya dan bagaimana cara membersihkannya

Sampah Luar Angkasa? Apa Saja Itu?
Astronomi

Fakta Satelit Voyager, Menjangkau Alam Semesta

kalau kita ngomongin luas alam semesta. Pasti kalian terpikirkan satelit voyager kan? Satelit voyager adalah satelit buatan manusia terjauh dari bumi.

Fakta Satelit Voyager, Menjangkau Alam Semesta
Astronomi, Cerita Dunia, Teknologi

Fakta Menarik Teleskop Hubble

Halo guys, ketemu lagi dengan channel Bicara, gimana kabar kalian semua? Udah siap buat nonton video kali ini? Kalian pasti tahukan di video ini kita bakalan bahas apa? Yap betul, kita akan bahas mengenai fakta menarik teleskop hubble. Teleskop ini sering di sebut sebut dalam video video Bicara yang lain, viral banget ya teleskop yang satu ini. Tapi sebelum kita lanjutin video ini, channel bicara mau ingetin kalian untuk subscribe channelnya sekarang juga bagi yang belum, dan jangan lupa juga untuk aktifkan lonceng notifikasinya agar kalian nggak ketinggalan info mengenai video terbaru kita. Buat yang udah bicara mau ngucapin terimakasih […]

Fakta Menarik Teleskop Hubble