Pohon merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan bagi manusia. Dalam kehidupan, pohon berperan untuk mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Ya, karbondioksida dibutuhkan untuk proses fotosintesis. Tapi apa jadinya jika pohon di seluruh bumi ini musnah?

Well, mungkin ketika pepohonan di bumi ini musnah, para penyair tidak lagi bisa menggunakan kata kata indah dari unsur tanaman ya, misalnya “Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin”. Tapi, apakah hanya itu saja dampak yang terjadi jika pohon di dunia ini musnah? Yuk, tonton video ini sampai habis.

Oksigen Berkurang dan Karbondioksida Meningkat

Seperti yang kita tahu kalau pohon merupakan sumber daya alam yang menyumbang 35% oksigen di bumi. Selebihnya, oksigen berasal dari samudera yaitu dari alga dan fitoplankton. Well, ketika pohon di dunia ini benar-benar tidak ada maka jumlah oksigen di bumi akan menurun. Perlu kalian ketahui bahwa di bumi ini ada sekitar 3,04 miliar pohon yang memproduksi oksigen tiap harinya.

Selain oksigen berkurang, jumlah karbondioksida di bumi akan meningkat. Hal ini disebabkan tidak adanya benda yang bisa menyerap dan mengubah karbondioksida seperti halnya fotosintesis. Mungkin pada awalnya, manusia tidak akan sadar tentang perubahan yang terjadi di bumi. Tapi dalam jangka panjang, manusia akan sadar betapa pentingnya pohon bagi kehidupan.

Banjir dan Erosi

Ketika pohon sudah musnah, di berbagai belahan bumi akan mengalami cuaca yang ekstrem seperti badai dan banjir. Seperti yang kita tahu kalau akar pohon sangat bermanfaat untuk menyerap air sehingga tidak terjadi banjir. Selain itu, pohon juga dapat meredam gaya angin penyebab badai. Sehingga jika tidak ada pohon, badai angin akan mudah terbentuk dengan daya yang sangat kuat.

Selain banjir dan badai, ketika pohon benar-benar musnah, akan terjadi erosi dimana-dimana. Kita tahu, kalau akar pohon bermanfaat untuk menahan tanah. Jadi, jika tanpa adanya pepohonan, akan ada erosi pada lapisan tanah atas, tanah longsor dan terbentuknya sedimen didasar sungai dan danau.

Masalah Makanan dan Air

Pohon memiliki kemampuan untuk menyaring polutan baik di tanah dan udara. Polutan seperti karbonmonoksida, amonia, sulfur dioksida dan nitrogen dioksida mampu disaring oleh pepohonan. Dengan menghilangnya pohon, akan menyebabkan kekeringan sehingga muncul berbagai macam masalah makanan dan air.

Menurut seorang pakar bernama David Ellison, berkurangnya pepohonan akan menyebabkan menurunnya curah hujan. Ketika curah hujan menurun, berbagai sumber air bersih akan hilang dan bumi akan kekeringan. Pada masa inilah air bersih menjadi barang langka dan sangat mahal.

Well, pada dasarnya pohon merupakan rantai makanan yang paling dasar. Tanpa adanya pohon, 70% hewan di bumi akan kehilangan habitat dan sumber makanan bagi manusia akan terbatas. Semakin lama, sumber makanan bagi manusia akan hilang dan menyebabkan kematian karena kelaparan.

Pemanasan Global

Setelah beberapa tahun pohon di bumi ini musnah, manusia akan merasakan pemanasan global yang ekstrem. Es di kutub akan mencair secara besar-besaran dan membuat permukaan air laut naik. Jika terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin pulau-pulau di bumi akan tenggelam. Selain itu, tanpa adanya pohon, air akan terkontaminasi polutan yang akhirnya menyebabkan hujan asam.

Kesimpulan

Pohon merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya pohon, manusia tidak bisa merasakan nikmat dalam menjalani hidup. Dari penjelasan tadi, semoga kita semua semakin sadar akan pentingnya menjaga pohon ya dan mulai menjaga pohon pohon kita yang ada di bumi ini.