Apakah kalian yakin udah mengenal Bumi kita dengan baik? Sebenarnya Bumi menyimpan sejuta misteri yang sangat menarik untuk dibahas. Tahukah kalian kalau gunung Everest bukan yang tertinggi di dunia? Atau jumlah emas yang ada di Bumi sebenarnya bisa menutup seluruh permukaannya?. Well, Inilah 10 Fakta Bumi yang jarang diketahui oleh manusia.

Apa saja? penasaran? simak saja penjelasannya dbawah ini ya.

Bulan Adalah Potongan Bumi

Pada awal terciptanya planet Bumi, ia mengembara sendirian di luar angkasa alias belum punya pendamping. Tidak lama setelah Bumi dilahirkan atau sekitar 4 miliar tahun lalu, sebuah batu asteroid raksasa bernama Theia menabrak planet Bumi. Ukuran asteroid ini sebesar planet Mars. Dari tabrakan ini, sepotong besar bagian Bumi terlepas dan akhirnya menjadi Bulan.

Bentuk Bumi Tidak Sepenuhnya Bulat

10 Fakta Bumi yang Jarang Diketahui

Terlepas dari perdebatan Bumi bulat atau Bumi datar, bentuk Bumi memang tidak sepenuhnya bulat. Sebenarnya bentuk Bumi mirip dengan tengkorak manusia, yaitu ada bagian yang sedikit menonjol. Ini menyebabkan gravitasi di Bumi tidak sama.

Jadi ada beberapa tempat di Bumi yang gaya gravitasinya tidak terlalu kuat. Salah satunya di Teluk Hudson di Kanada. Menurut penelitian, lemahnya gaya gravitasi karena dulunya Teluk Hudson adalah daratan es. Ketika es tersebut mencair, sebagian massa Bumi juga ikut terbawa.

Bumi Punya Lebih Dari Satu Bulan

Menurut para ilmuwan, dulu Bumi punya dua Bulan. Suatu ketika, kedua Bulan bertabrakan dan Bulan yang lebih kecil meledak hancur. Konon, inilah yang menjadi penyebab terciptanya kawah di Bulan.

Gravitasi Bumi Menyebabkan Gempa di Bulan

Bumi dan Bulan sama-sama memiliki gravitasi yang saling tarik menarik. Karena gravitasi Bumi lebih kuat, ini menyebabkan di Bulan sering terjadi gempa. Yah, gempa ini memang tidak berdampak apa-apa sih untuk Bumi.

Bumi Adalah Planet Emas!

Kalian penghuni Bumi tidak perlu iri dengan planet berlian atau planet apapun. Bumi kita ini sangat kaya lho. Jauh di bawah Bumi kita terdapat 200 juta ton emas jika dikumpulkan menjadi satu. Dengan emas sebanyak itu, seluruh permukaan Bumi bisa ditutupi oleh emas dengan ketebalan 600 cm.

Kalau emas tersebut dibagi-bagikan ke seluruh penduduk Bumi, maka setiap orang bisa mendapat 4,5 kg emas. Wah, kaya mendadak deh kita.

Daratan Akan Bersatu 250 Juta Tahun Lagi

Dulu, sebelum daratan di Bumi terpecah seperti ini, semua tergabung menjadi satu bernama Pangea. Benua super ini diperkirakan ada sekitar 335 sampai 175 miliar tahun lalu. Pertama Pangea terpecah menjadi 2 yaitu Laurasia dan Gondwana, kemudian terpecah lagi menjadi tujuh benua yang lebih kecil.

Dalam 250 sampai 300 juta tahun ke depan, seluruh daratan kembali bersatu menjadi Pangea Ultima.

Everest Bukan Gunung Tertinggi di Dunia

Mengejutkan sekali kan? Bagaimana bisa Everest bukan gunung tertinggi? Well, ada sebuah gunung bernama Mauna Kea di Hawai yang tingginya 4.205 meter di atas permukaan laut. Memang hanya separuh dari Everest sih.

Sebagian besar “tubuh” Mauna Kea tersembunyi di bawah laut. Jika diukur mulai dari dasarnya, maka total tinggi gunung ini adalah 10.203. Jauh lebih tinggi dari Everest yang hanya 8.848 meter saja.

Perbedaan Waktu Antar Negara Tetangga

Dunia ini memang terbagi menjadi beberapa zona waktu. Pusatnya ada di Greenwich, Inggris. Tapi perbedaan waktu ini dijamin bikin kalian geleng-geleng kepala. Yaitu antara 2 negara tetangga, Samoa Amerika dan Kepulauan Kiribati. Keduanya berjarak 2.000 km saja dan letaknya berjajar, tapi perbedaan waktunya mencapai 25 jam!

Bandingkan dengan jarak Indonesia dan Inggris yang mencapai 11.000 km lebih, tapi perbedaan waktunya hanya 7 jam saja.

Tempat Paling Gersang Ada di Benua Es

Dimana tempat paling tandus di dunia? Jawabannya mungkin bikin kalian tidak percaya. Tempat paling gersang di Bumi adalah Dry Valley atau lembah kering. Lembah ini ada di benua Antartika yang semua permukaannya adalah es. Selama 2 juta tahun tidak pernah turun hujan di lembah ini, sampai tanahnya sama tandus dengan planet Mars.

Jumlah Air Tawar di Bumi Sangat Sedikit

Sebagian besar permukaan Bumi adalah air. Tapi tahukah kalian kalau tidak semua air bisa dikonsumsi manusia? 97% air di Bumi ada di laut, tapi semuanya adalah air asin. Jelas tidak bisa digunakan manusia.

Jadi jumlah air tawar di Bumi hanya ada 3 persen saja. Tapi tidak semuanya cair. Sebagian besar air tawar masih berbentuk es beku alias gletser.

Kesimpulan

Gimana guys? Banyak juga ya ternyata fakta yang belum kita ketahui tentang Bumi. ini artinya kita harus banyak mempelajari tentang tempat tinggal kita ini. Butuh waktu yang sangat lama untuk bisa mengetahui semua rahasia yang di miliki planet kesayangan ini.

Well, inilah fakta bumi yang jarang diketahui. semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Sumber :

10 Facts About Our Planet You Didn’t Learn In School | Youtube (Diakses pada 3 April 2019)