well well well sudah 1 pekan lebih channel bicara tidak update video hehe pasti kalian semua sudah enggak sabar nunggu video baru lagi kan dari channel bicara ok sekarang kita masih membahas tentang alam semesta dan astronomi yaitu tentang nebula, – Nebula merupakan satu dari miliaran objek di alam semesta yang menarik untuk dilihat. Namanya diambil dari bahasa Latin, “Nebulae” yang memiliki arti “Awan”. Namun, nebula bukanlah awan seperti di Bumi. Mari mengenal nebula lebih jauh.

Tenatng Nebula

Diketahui, nebula merupakan kumpulan debu, gas hidrogen, helium, dan plasma yang juga sering menjadi tempat pembibitan bintang-bintang baru. Dan selama berabad-abad yang lalu, manusia sempat salah menganggap sebuah galaksi yang jauh sebagai nebula. Gas antarbintang atau nebula ini ini terdiri sebagian besar dari atom netral dan molekul, serta partikel bermuatan (plasma) seperti ion dan elektron. Gas ini sangat encer, dengan kepadatan rata-rata sekitar 1 atom per sentimeter kubik.

Pembentuakan Dan Asal Nebula

Pada dasarnya, sebuah nebula terbentuk ketika bagian dari medium antarbintang mengalami keruntuhan gravitasi. Tarikan gravitasi membuat gas pada medium antarbintang menggumpal, membentuk daerah denga kepadatan yang lebih besar. Banyak nebula atau bintang terbentuk dari keruntuhan gravitasi gas di medium antarbintang.

Tampilan nebula
Contoh Nebula

Ketika material sebuah bintang runtuh oleh gravitasinya sendiri, bintang-bintang besar yang baru bisa terbentuk di tengah-tengah nebula, dan radiasi ultraviolet dari bintang-bintang baru ini akan mengionisasi gas di sekitarnya, sehingga awan antarbintangnya bisa terlihat pada panjang gelombang optik, warna nebula juga memiliki berbagai macam karena unsur yang mempengaruhi nebula itu sendiri akan selalu berbeda.

Ada juga nebula lainnya yang terbentuk sebagai hasil dari ledakan supernova; sebuah pergolakan kematian bintang raksasa yang berumur pendek. Material yang terlempar dari ledakan supernova kemudian terionisasi oleh energi pada intinya, yang biasanya adalah sebuah bintang neutron.

Kesimpulan

so jadi Nebula itu adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Awalnya nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti, namun setelah melakukan penelitian ternyata nebula berbeda dengan galaxy.

nebula juga memiliki banyak bentuk yang sangat unik dari mulai bentuk kepiting sampai bentuk hewan yang lainya namun itu semua adalah bentuk interpretasi otak manusia yang mencocok cocokan dengan benuk hewan namun sebenarnya nebula ya nebula berbentuk begitu saja mengikuti kemana gaya pergi maka gas nebula akan mengikutinya.

nebula ini juga bisa di sebut sebagai awan luar angkasa karena bentuknya gas bahkan jika kita sampai ke nebula itu sendiri kita tidak akan pernah sadar bahwa kita pernah ada di dalam nebula sama seperti ketika kita masuk kedalam kabut, kita tidak pernah sadar kalau kita sudah ada di dalam kabut kita menyadari ketika sekeliling kita terlihat jarak pandang kita terbatas.

nah jadi itu semua tentang nebula untuk kali ini? menurut kalian bagaimana guys apakah nebula itu keren dan bagus untuk penghias langit? sayangnya untuk melihat dan mengamati nebula ini akan sangat sulit jika kita melihat dengan mata telanjang, nah mungkin untuk video tentang nebula cukup sampai disini dulu ok, jangan lupa subscire bagi yang belum karena video selanjutnya akan membahas tentang alam semesta lagi so stay tune di channel bicara ok dan terakhir terimakasih sudah menonton video ini sampai habis.