Quasi Star, Bintang yang ukurannya lebih besar dari UY Scutti

Hingga saat ini Para ilmuwan tidak berhenti untuk meneliti dan membuat penemuan-penemuan baru. Beberapa dari penemuan para ilmuwan yang terbaru adalah ditemukannya Bintang Quasi yang katanya merupakan Bintang terbesar yang ditemukan Manusia.

Bintang Quasi adalah bintang yang ukurannya jauh lebih besar dari matahari, dan termasuk salah satu bintang terbesar yang pernah ditemukan. Supaya tahu lebih jauh, yuk kenalan dulu sama Quasi Star. Siapa tahu cocok. Eh… enggak deng.

Bintang Terbesar Yang Pernah Ditemukan Manusia

Matahari memang menjadi bintang terbesar di galaksi kita. Namun di luar sana, ukuran Matahari tidak ada apa-apanya. Bintang terbesar di alam semesta adalah UY Scuti, yang ukurannya 1708 kali Matahari dengan massa 10 kali lipat lebih besar.

Ternyata, ada lagi bintang yang lebih besar dari UY Scuti, yaitu Quasi Star atau bintang quasi. Ukuran Quasi Star puluhan kali lipat lebih besar dari UY Scuti. Penemuan Quasi Star tergolong baru, meski bintang  ini hidup di awa penciptaan alam semesta.

Bintang Quasi Sudah Lama Mati

Kalian pasti bertanya-tanya,kalau ada Quasi Star, kenapa bintang terbesar di alam semesta tetap UY Scuti? Inikarena Quasi Star sudah mati sejak lama. Menurut para ilmuwan, umur Quasi Starhanya beberapa juta tahun saja. Yah, untuk ukuran bintang besar umur Quasi Startergolong sangat pendek.

Quasi Star dan Supermassive Black Hole

Black hole atau lubang hitam adalah salah satu obyek paling mengerikan. Konon lubang hitam bisa menyedot semua benda yang ada di sekitarnya. Para ilmuwan meyakini keberadaan Quasi Star setelah menemukan lubang hitam supermasif di pusat galaksi Sagittarius. Hmm, apa yang hubungan Quasi Star dengan lubang hitam?

Susunan Bintang Quasi

Setiap bintang di alam semesta pasti punya intiyang menjadi sumber energi untuk bertahan hidup. Ini nih yang bikin Quasi Starunik dan berbeda dari bintang lainnya. Inti dari Quasi Star adalah lubang hitambesar.

Lubang hitam ini menjadi motor penggerak untukmenciptakan energi agar Quasi Star terus hidup. Lapisan kedua adalah lapisanpembentukan energi. Baru pada lapisan teratas adalah gas helium dan hidrogen.

Quasi Star adalah bintangkolosal atau kuno, sehingga ia terbentuk hanya dari dua gas saja.

Asal Mula Terbentuknya Quasi Star

Kalian pasti penasaran kan, bagaimana bintang sebesar itu bisa terbentuk? Sebelum menjadi bintang, Quasi Star berbentuk protostar. Protostar adalah kumpulan gas yang massanya semakin menyusut dan padat. Setelah terbentuk proto star, gas gas itupun semakin memadat hingga membentuk Bintang.

Kembali ke Quasi Star lagi ya. Protostar yang besar ini semakin lama massa-nya semakinbertambah karena semakin banyak gas yang terkumpul. Jumlah massa protostar melebihi kadar energiyang bisa diciptakan oleh intinya. Akibatnya, gravitasi protostar tidak mampu menahan semua gas yang ada.

Kemudian terjadilah supernova maha dahsyat. Dari supernovatersebut lahirlah lubang hitam yang besar, sementara ledakan lain membentuk lapisan padat yang membungkus lubang hitam tadi. Meskidi dalamnya ada lubang hitam, lapisan luar bintang baru ini tetap utuh dantidak tersedot ke dalamnya.

Massa bintang baru ini lebih dari seribu kali lipatmassa galaksi Bima Sakti. Itulah mengapa black hole yang ada di dalamnya bisaterus membesar.

Quasi Stardimakan oleh intinya sendiri

Memiliki lubang hitam sebagaiintinya ternyata sangat merugikan bagi Quasi Star. Lubang hitam tersebut terusmembesar dengan memakan energi dari Quasi Star. Setelahbeberapa juta tahun, si lubang hitam mampu menyedotseluruh permukaan Quasi Star hingga habis tidak bersisa. Akhirnya, kini Quasi Star menjadilubang hitam yang ukurannya sama besar dengan ukuran bintang ini ketika masihhidup. Hmm, ngeri ya.

Kesimpulan

Well, Quasi Star memang Bintang Terbesar ya guys, Ia kini telah mati dan menjelma menjadi Supermassive Black Hole. Belum diketahui secara pasti berapa jarak Quasi Star dengan Bumi. Karena Quasi Star termasuk penemuan baru, para ilmuwan masih meneliti lebih lanjut tentang bintang yang satu ini.

Hmm, Itulah informasi yang bisa kita kasih mengenai Quasi Star Bintang Terbesar di alam semesta. Semoga artikel ini membantu kalian ya. Jangan lupa kunjungi artikel kita yang lain ok, see you!.

Sumber:

  • What is a Quasi-Star? – Youtube