well hallo semuanya, berjumpa lagi dengan chananel paling kece paling mantul bahas astronomi apalagi kalo bukan channel bicara, ok di video kali ini kita akan membahas lagi tentang astronomi nih, tepatnya tentang galaksi bima sakti ya atau dalam bahasa inggris di sebut galaksi milky way.

nah galaksi ini adalah galaksi dimana bumi kita berada dimana tatasurya kita berada dan ekosistem kehidupan bumi ini bertumpu, di tengah galaksi sudah pasti ada super massive black hole tapi kita bukan mau bahas tentang keadaan atau mister atau fakta yang ada di galaksi bimasakti ini guys, tapi kita akan membahas mengenai nama dari galaksi yang satu ini.

kenapa namanya harus galaksi bima sakti, kenapa namanya enggak yang lain dan kenapa dalam bahasa inggris namanya malah milky way nah penasaran kan dengan penamaan galaksi yang satu ini daripada penasaran mending tonton video ini sampai habis ok.

Asal Usul Milky Way

Kalau peneliti luar negeri tepatnya dari daerah barat meyakini dengan sebutan galaksi milky way atau secara harfiah bisa diartikan sebagai galaksi jalur susu. Menurut para peneliti setempat, ketika dilihat dari bumi, terlihat sebuah sisi yang membentang dan membelah langit dimana kenampakan tersebut seperti bercak susu dengan warna putih gelap.

Akhirnya, orang Romawi kuno menyebutnya dengan Via Lactea yang berarti jalur susu atau dalam bahasa inggrisnya yaitu milky way. Istilah tersebut akhirnya tetap digunakan sampai saat ini untuk menandaai galaksi tempat tinggal manusia.

Asal Usul Bima Sakti

Lalu bagaimana dengan istilah galaksi bima sakti? Sebenarnya asal usul nama tersebut memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan galaksi milky way. Namun, interpretasi yang berbeda memberikan istilah yang berbeda untuk menamai galaksi yang satu ini.

Nama bima sakti sendiri berasal dari daerah Jawa, tepatnya merupakan salah satu karakter dalam cerita perwayangan dengan ciri-ciri berkulit hitam. Nah, nama tersebut disepakati sebagai filosofi peristiwa yang diambil oleh para peneliti ketika melihat susunan jutaan bintang dan pita kabut putih di langit pada malam hari yang apabila ditarik garis lurus mampu memunculkan wujud gambar bima sakti yang dililit ular naga. Dengan demikian, istilah bima sakti digunakan untuk menandai galaksi ini hingga saat ini.

Intepretasi Penglihatan

Ternyata asal-usul nama galaksi berasal dari fenomena sederhana yang diambil oleh orang pada jaman dahulu ya. Siapa yang menyangka bahwa hanya melalu proses pengamatan sederhana, interpretasi melalui penglihatan pada langit memberikan ide untuk memberikan nama pada sebuah galaksi.

Hal tersebut membuktikan bahwa inovasi tidak hanya berasal dari hal yang benar-benar baru dan belum pernah ada sebelumnya, namun sedikit perbaikan pada kondisi yang sudah ada juga dapat disebut sebagai inovasi.

Nah jadi sekarang sudah tahukan kenapa galaksi kita yang satu ini namanya galaksi bima sakti atau galaksi milky way, kerana pada intinya manusia akan selalu berusaha menandai sesuatu dengna penglihatan mereka sendiri atau intepretasi sesuai dengan yang apa mereka lihat dan lalu di setujui oleh banyak pihak.

kalo menurut kalian sendiri bagusnya galaksi kita ini di kasih nama apa? ayo tuliskan jawaban kalian di kolom komentar di bawah ini ya.

Galaksi Bimasakti

nah jadi segitu aja dulu video kali ini tentang galaksi bima sakti ini guyd, sebelum cabut channel bicara mau ngingetin kalian lagi nih bagi yang belum subscribe channel bicara untuk subscribe channel ini karena dengan mensubscribe channel bcara itu artinya kalian sudah mendukung channel ini utnuk tetap terus memberikan konten menarik suputar astronomi selain itu juga kamu enggak akan ketinggalan video baru di channel bicara, so tunggu apalagi ayo subsrcibe channel ini sekarang juga!

Terakhir terimakasi sudah menonton video ini sampai habis dan sampai jumpa lagi dividio selanjutnya yang pastinya enggak kalah seru hanya di channel bicara.