Matahari, Galaksi, Tata Surya bahkan Bumi, dan seisinya adalah bagian dari alam semesta yang sangat luas. Hingga saat ini ilmuwan masih belum tahu sampai di mana batas alam semesta. Begitu banyak misteri dan fakta alam semesta yang belum terungkap dan membuat umat manusia penasaran dibuatnya.

Mulai dari umur alam semesta yang sudah tua sampai issu akan tabrakan galaksi andromedia dan galaksi bima sakti berikut ini adalah Fakta Alam Semesta yang Jarang Diketahui

Umur Alam Semesta Sudah Sangat Tua

Ada banyak teori tentang bagaimana alam semesta ini terbentuk. Yang paling populer dan banyak dipercaya orang adalah teori Big Bang atau ledakan maha dahsyat hingga tercipta galaksi, bintang, planet, dan benda angkasa lainnya.

Meski tidak ada yang tahu kapan Big Bang terjadi, para ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta tercipta 13.7 miliar tahun yang lalu. Perhitungan ini nggak sembarangan lho. Para astronom menggunakan ilmu matematika rumit dengan mengukur komposisi material dan kepadatan energi di alam semesta. Pasti pusing deh kalau kita ikutan ngitung.

Alam Semesta Terus Membesar

Teori ini pertama kali disampaikan Edwin Hubble tahun 1920-an. Pembesaran alam semesta ini didukung oleh kekuatan asing bernama Dark Force. Nah, si Dark Force ini bergerak melintasi alam semesta dan membuatnya semakin membesar.

bahkan hingga sampai saat ini alam semesta ini tidak diketahui ukuranya sebesar apa dan sangat banyak sekali misteri yang membuat umat manusia bingung dan selalu bertanya tanya hingga sampai sekarang.

Alam Semesta Tidak Diam, Tapi Bergerak

Dua orang astronom pada tahun 1998 menemukan bahwa galaksi yang ada di alam semesta ini tidak diam di tempat. Mereka bergerak dan berpindah layaknya manusia hidup. ini juga berkaitan dengan teori Albert Einstein tentang relativitas.

nah berbicara teori relativitas di channel bicara pernah membahas tentang white hole dan black hole selain itu juga ada tentang anti matter partikel tuhan nah supaya enggak penasarn tonton juga deh videonya ok

Bentuk Alam Semesta Tidak Menentu

Hingga kini, manusia belum tahu bagaimana bentuk alam semesta ini. Kotak, bulat, lonjong, atau seperti apa ya? Bentuk alam semesta cenderung berubah-ubah tergantung pada kekuatan gravitasi dan besarnya ukuran mereka. Ada kemungkinan juga bentuk alam semesta ini datar dan pipih seperti selembar kertas.

Tapi banyak para ilmuan mengatakan bentuk alam semesta ini bulat karena bentuk bulat adalah bentuk natural dari seluruh alam semesta dan tidak memiliki sudut yang menonjol. bahkan jika kita melihan multiverse sendiri itu adalah kumpulan alam semesta dan di gambarkan dengan bentuk bulat.

Bintang di Alam Semesta Lebih Banyak Daripada Pasir di Bumi

Fakta Alam Semesta : Bintang di Alam Semesta Lebih Banyak Daripada Pasir di Bumi

Alam semesta dipenuhi bintang-bintang yang indah dan bersinar terang. Jumlah bintang-bintang yang ada di alam semesta sangat banyak. Misalnya di galaksi kita ini, ada sekitar 200-400 juta bintang. Belum di galaksi lain yang masih belum ditemukan.

Menurut para ilmuwan, jumlah bintang yang ada di seluruh alam semesta lebih banyak dari jumlah pasir semua pantai yang ada di bumi, dan perlu kalian ketahui, bahwa alam semesta ini mengembang dan akan ada jutaan bahkan miliaran bintang baru yang tercipta setiap waktunya.

Mungkin Ada Kehidupan Lain Selain di Bumi

Selama 20 tahun, NASA telah mencoba menemukan planet lain yang mungkin bisa dihuni selain bumi. Seperti yang kita tahu, manusia belum bisa menjelajah alam semesta. Mengingat alam semesta ini sangat luas dan ada jutaan galaksi di dalamnya, sangat mungkin ada kehidupan lain selain di bumi. Hanya saja teknologi saat ini belum bisa membawa kita untuk menjelajah sejauh itu.

Galaksi Bima Sakti dan Andromeda Akan Bertabrakan

Seperti yang sudah dijelaskan, semua benda di alam semesta ini bergerak, termasuk galaksi. Tetangga galaksi kita yang paling dekat adalah galaksi Andromeda dengan jarak 2,5 juta tahun cahaya.

Galaksi Andromeda ini sepertinya naksir berat dengan galaksi kita, Bima Sakti. Terbukti Andromeda bergerak semakin mendekati kita dan kedua galaksi akan bertabrakan. Eh, tenang dulu guys. Nggak perlu panik karena tabrakan baru akan terjadi 4 miliar tahun lagi.

Kesimpulan

Alam semesta yang sangat luas menyimpan begitu banyak misteri. Sampai kapan pun, umat manusia tidak akan pernah berhenti untuk mempelajari alam semesta. Didukung dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, semoga suatu hari nanti manusia bisa pergi ke galaksi lain ya!

Sumber :

  • 7 Surprising Things About the Universe – Space (Diakses pada 3 April 2019)