Hallo semuanya, kembali lagi bersama channel paling mantul bahas astronomi apalagi kalo bukan channel bicara. Well, kalian pasti tahu kan kalau bulan April 2019 lalu, lebih dari 200 ilmuwan yang tergabung dalam EHT (Event Horizon Telescope) telah menggelar jumpa pers bahwa black hole telah berhasil dibuktikan melalui citra foto dan sempat viral dan heboh di mana mana bahkan channel bicara sempat membuat video tentang black hole itu.

Ternyata, blackhole yang ada di alam semesta ini sangat banyak. Hm… kira-kira alam semesta ini ada berapa black hole ya? Tapi kali ini chanel bicara akan membahas black hole terbesar sejagad yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan bukan seberapa banyak black hole karna kalo menghitung black hole sepertinya enggak akan ada habisnya karna selalu bermunculan blackhole baru.

nah sebelum lanjut ke videonya channel bicara mau ngingetin kalian untuk tetap terus dukung channel bicara dengan cara menekan tombol subscribenya bagi yang belum subscribe, karena dengan menekan tombol subscribe itu artinya kalian sudah mendukung channel ini agar tetap terus memberikan informasi infomrasi menarik tentang astronomi, so tunggu apa lagi ayok subscribe sekarang juga.

Black Hole Holm 15A-Star Menjadi yang Terbesar Saat Ini

Penemuan citra black hole pada bulan april, masih mendorong penelitian tentang black hole ini. Akhirnya, pada bulan agustus ini para astronom berhasil menemukan lubang hitam terbesar dengan massa 40 miliar kali lipat dari matahari.

jadi ukuranya luar biasa besar, black hole ini bisa sangat mudah sekali untuk melahap galaksi bima sakti karena dengan ukuran dan massa yang mencapai 40 milliar matahari bukan hal yang tidak mungkin untuk melahap galaksi kita ini.

Terletak di Galaksi Holmberg 15A

Well, galaksi di alam semesta ini tidak hanya satu ya. Nah, black hole terbesar sejagad ini berhasil ditemukan pada galaksi elips super raksasa dikenal dengan nama Holmberg 15A. Perlu kalian tahu nih, galaksi holmberg terletak sejauh 700juta tahun cahaya dari bumi. Dan black hole 15A tepat berada di pusat gugus galaksi Abell 85.

yang jelas lokasi black hole ini jauh dengan galaksi kita so enggak usah khawatir kalo kita bisa terancam karena blackhole ini.

Perhitungan Menggunakan Instrumen MUSE

Pada awalnya, para astronom melakukan perhitungan berdasarkan dinamika galaksi dengan hasil hingga 310 miliar kali massa matahari. Tapi, perhitungan yang terbaru, kali ini dilakukan secara langsung melalui pengamatan spektral beresolusi tinggi dengan instrumen bernama Multi Unit Spectroscopic Explorer yang terdapat pada teleskop VLT berdiameter 8,2 meter.

Berkat MUSE (Multi Unit Spectroscopic Explorer), para astronom terbantu dalam mengamati dinamika pergerakan bintang di sekitar black hole 15A-star yang merupakan efek dari tarikan gravitasi super kuat dari black hole tersebut.

Memiliki Massa 6 kali Lebih berat dari M87

Bulan april lalu, black hole pertama kali ditemukan dengan massa kurang lebih 6 miliar kali lipat massa matahari. Tapi, fakta menarik menunjukkan kalau black hole 15A-star memiliki massa enam kali lipat dari black hole M87.

Tentu saja, massa yang lebih kuat itu mampu menarik dan menggerakkan bintang-bintang yang berada di sekitar black hole 15A-star. Gimana jadinya jika black hole 15A berada didekat bumi ya?

Memiliki Ukuran Luas 236 miliar kilometer

Seperti yang kita tahu kalau lubang hitam ini berbentuk seperti corong atau terompet. Nah, Black hole 15A-star ini ternyata memiliki luas corong yang jauh lebih luas dibandingkan black hole M87. Dengan diameter 236 miliar kilometer, tentu black hole 15A pantas disebut sebagai lubang hitam terbesar yang sekarang baru di temukan.

Terbentuk dari beberapa black hole

Mungkin kita berpikir, bagaimana ya black hole dapat terbentuk hingga sebesar itu? Well, para ilmuwan sepakat bahwa black hole 15A-star terbentuk dari beberapa black hole. Akhirnya terbentuklah black hole yang mencapai luas sejauh 1.580 kali jarak bumi ke matahari. Dan para astronom menduga bahwa black hole 15A merupakan hasil dari merger galaksi jutaan tahun lalu selain galaks juga hasil merger black hole blackhole yang ada di sekitarnya .

Kesimpulan

nah barusan tadi itu adalah tentang balck hole terbesar yang ada dan ditemukan oleh manusia hingga saat ini, luasnya alam semesta ini memang tidak ada yang tahu sudah pasti di luar sana masih ada blackhole yang lebih besar dari ini so kita tunggu apa hasil penelitian lanjutan dari para astonot dan ilmuan disana ok.

Mungkin sekian dulu informasi tentang black hole terbesar yang di temukan oleh manusia ini, jika kalian suka dengan videonya janganlupa like videonya ya,