Seperti yang kalian tahu, tata surya kita adalah bagian dari galaksi besar bernama Milky Way atau Bima Sakti. Di luar sana, ada ratusan galaksi lain yang bertetangga nih sama kita. Salah satu yang paling terkenal adalah galaksi Andromeda. Tapi kita nggak akan bahas tentang itu, guys. Kali ini kita akan mengupas fakta galaksi Sombrero.

Ada yang pernah dengar nama galaksi ini? Nama nya sama dengan nama sebuah topi ya. Apa bentuknya mirip topi sombrero? Hmm, Apa itu galaksi Sombrero? Siapa yang menemukan dan apa keunikan dari galaksi yang satu ini? Kita cari tahu yuk.

GalaksiSombrero, “Rumah”nya Supermassive Black Hole

Galaksi Sombrero adalah salah satu galaksi terindah yang pernah ada. Bentuknya pipih dengan cahaya terang di tepinya. Cahaya ini terbentuk dari bintang-bintang nucleus yang berpadu dengan debua tebal, membentuk lingkaran cincin yang cantik. Ilmuwan pernah menangkap foto galaksi Sombrero melalui Teleskop Hubble.

Galaksi ini pertama kali ditemukan oleh seorangastronom Prancis bernama Pierre Méchain.

Meskipun indah, galaksi Sombrero sangat berbahaya. Gimanaenggak coba. Pusat dari galaksi ini adalah Supermassive Black Hole! Ini bisadilihat dari pola pergerakan bintang-bintang yang ada di galaksi ini. Menurut peneliti,massa dari black hole ini mirip dengan massa matahari kita. Sejauh ini, blackhole di galaksi Sombrero adalah black hole terbesar yang pernah ditemukanmanusia.

Kenapa DisebutSombrero?

Yakin deh, kalian pasti nggak asing dengan kata “Sombrero” ya kan? Sombrero adalah nama topi khas Meksiko. Bentuknya lingkaran pipih dan gede banget guys. Kalau kalian lihat foto galaksi Sombrero, emang mirip banget sama bentuk topi Sombrero. Itulah alasan kenapa galaksi ini diberi nama galaksi Sombrero.

Tapi asal kalian tahu, Galaksi Sombrero juga punya nama ilmiah lho. Yaitu Messier 104 atau M104.

Fakta Galaksi Sombrero, Galaksi Cincin Bercahaya

GalaksiSombrero, Galaksi yang Paling Bercahaya

Galaksi Sombrero adalah bagian dari konstelasiVirgo yang jaraknya puluhan juta tahun cahaya dari Bumi. Sekarang coba dehkalian bayangin, kalau 1 tahun cahaya aja sama dengan 9,5 triliun kilometer, pastinyagalaksi Sombrero ini super duper jauh dari Bumi dan galaksi kita.

Tapi kok ilmuwan kita bisa nemuin, bahkan memotretgalaksi Sombrero ya?

Ini karena galaksi Sombrero adalah galaksi yang paling terang di alam semesta. Kata para ilmuwan, nggak perlu pakai teleskop canggih kalau mau lihat galaksi ini. Cukup pakai teleskop biasa, Galaksi Sombrero bisa dilihat dengan mudah saking terangnya.

Bahkan nih ya, saat langit bener-bener gelap gulita, kalian bisa lihat galaksi Sombrero menggunakan teleskop biasa! Galaksi Sombrero bisa dengan mudah tampak dari Bumi di musim semi dan awal musim panas.

TriliunanBintang Yang Menyala Terang

Sampai saat ini, galaksi Sombrero dan isinya masihterus diteliti para ilmuwan. Mereka menggunakan Spitzer Space Telescope danHubble Space Telescope untuk mempelajari galaksi unik ini.

Dari salah satu penemuannya, para ilmuwan memperkirakan galaksi Sombrero punya ratusan triliun bintang yang menyala terang. Mau tahu jumlahnya? Setiap satu orang di Bumi setidaknya bisa memiliki 100 bintang di galaksi Sombrero. Nah, kalau di Bumi ada 7 miliar orang, tinggal dikalikan aja. Kebayang kan kenapa galaksi Sombrero bisa terang banget?

Kesimpulan

Umat manusia tidak tahu seberapa besar alam semesta ini, dan mereka masih berusaha mengungkap semua misteri di dalamnya. Salah satunya ya dengan menemukan galaksi-galaksi lain dengan semua kecanggihan teknologi yang dimiliki.

Menurut kalian sendiri gimana? Apakah umat manusia akan berhasil memecahkan semua misteri yang ada? Setiap penemuan astronomi terbaru memang sangat layak ditunggu ya, guys. Misalnya seperti foto black hole pertama yang dipublikasikan belum lama ini. Itu menjadi salah satu bukti bahwa black hole bukanlah teori belaka tapi benar-benar ada.

Nah, ngomong ngomong, itulah beberapa fakta menarik mengenai Galaksi Sombrero yang bisa Bicara Indonesia rangkum untuk kalian semua, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya teman teman.

Terimakasih sudah mapir, sampai bertemu di artikel selanjutnya!