Bumi merupakan rumah bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Didalamnya terkandung berbagai macam unsur yang mendukung adanya kehidupan. Suhu di Bumi juga ideal bagi keberlangsungan makhluk hidup untuk berkembang biak.

namun apa jadinya jika kondisi dan suhu bumi menjadi tidak teratur dan malah menjadi semakin panas? apakah yang akan terjadi pada umat manusia selanjutnya? penasaran kan dengan konten yang satu ini?.

Penemuan Pulau Baru

Well, kita telah mengetahui bahwa Bumi ini terdiri dari lautan dan daratan. Daratan bumi terdiri atas benua dan pulau-pulau. Tidak semua pulau di bumi dapat ditinggali karena letak dan iklimnya yang tidak mendukung. Nah, salah satu pulau yang tidak berpenghuni ada di Rusia yang kini berhasil ditemukan.

Penemuan pulau baru ini berawal dari seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian dengan mempelajari gambar satelit. Mahasiswa tersebut secara tak sengaja menemukan citra pulau baru di dekat Novaya Zemlya dan Franz Josef Land di Samudera Artik. Well, akhirnya kementerian pertahanan rusia melakukan pengecekan dan mengonfirmasi kebenaran informasi itu.

Kementrian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pulau yang ditemukan itu memiliki luas antar 900 hingga 54.500 meter persegi. Jika kita melihat luas keseluruhan, setidaknya ada pertambahan volume air seluas pulau jawa. Hmmm, ini kabar yang tidak bagus ya mengingat pulau ini terbentuk karena es yang mencair.

artinya es tadi menjadi cair dan airnya pindah ke suatu tempat dan akan mengumpul di daerah khatulistiwa, maksudnya jika banyak air yang mencair di kutub bisa bisa daerah khatulistiwa tenggelam

Pulau Baru Terjadi Akibat Global Warming

Akhir-akhir ini kita sering melihat adanya peringatan global warming yang sangat membutuhkan perhatian khusus dari semua penduduk Bumi. Salah satu akibat adanya pemanasan global adalah mencairnya gletser dan es di kutub.

Kalian tahu kan jika gletser mencair menyebabkan air laut bertambah dan jika terus berlanjut pulau-pulau disekitarnya akan tenggelam, terutama pulau pulau yang berada di garis khatulistiwa, karena jika es yang mencari di daerah kutub airnya akan berkumpul di tengah bumi alias daerah garis khatulistiwa. jika begini terus bisa bisa indonesia tenggelam.

Lingkaran Arktik Memanas

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daerah di sekitar artik mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan. Well, perlu kalian ketahui, sebuah desa di Swedia yang terkenal dingin saat ini mengalami peningkatan suhu hingga 34,8 derajat celcius. Suhu di wilayah barat Rusis juga melonjak hingga 29 derajat celcius.

Well, dengan temperatur yang terus meningkat, tidak mengherankan jika kita sering melihat fenomena mencairnya es dan gletser. Sebuah studi pada tahun 2018 juga menemukan fakta bahwa massa es dari tahun 2011 sampai 2015 menghilang hingga 2 kali lipat dibanding rentang waktu sebelumnya.

Seorang peneliti dari University of Colorado at Boulder’s Institute of Arctic and Alpine Research bernama Simon Pendleton mengatakan bahwa Artik saat ini memanas dua sampai tiga kali lipat lebih cepat dibanding bagian dunia lainnya. Jadi, secara alami, lapisan es dan gletser akan meleleh lebih cepat. Well, tentu kita jadi tambah khawatir ya setelah mendengar dari peneliti ini.

Kesimpulan

Kita telah mendapatkan kehidupan layak di Bumi. Seharusnya kita sebagai manusia dapat menjaga dan merawat Bumi dari kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

Salah satu cara untuk menekan tingkat pemanasan global adalah mengurangi penggunaan mesin yang dapat menimbulkan efek rumah kaca. Misalnya seperti memakai kendaraan umum, melakukan penghijauan, mematikan listrik dan lain sebagainya. Mari kita mulai berkontribusi untuk menjaga bumi dengan melakukan hal hal kecil tersebut, oke.

nah itu barusan adalah Global Warming Yang Semakin Lama Semakin Nyata, menurut kalian gimana guys tentang global warming ini? tuliskan pendapat kali an di kolom komentar di bawah ini ya! dan terimakasih sudah membaca konten ini sampai habis sampai ketemu di cerita selanjutnya.

Sumber

  • Gletser Mencair Akibat Perubahan Iklim, Lima Pulau Baru di Rusia Terungkap – Nationalgeo Graphic