Hujan adalah tetesan air yang turun dari langit, ukurannya sekitar 5-7 mm dan akan berubah menjadi kepingan es ketika suhu di Bumi berada di bawah titik beku. Hujan memiliki banyak manfaat bagi Bumi, tapi pernahkah kalian membayangkan apa jadinya jika hujan berhenti selama 100 tahun?

Nah, apa jadinya jika langit berhenti menurunkan hujan? Bisakah manusia bertahan hidup tanpa hujan? Toh masih ada air laut juga kan? Atau justru banyak perubahan buruk. Penasaran? cari tahu yuk!

Hujan Membersihkan Air Laut Yang Beracun

Well, ketika hujan berhenti turun, mungkin sehari atau 2 hari manusia masih bisa bertahan. Tapi tidak ada yang bisa menjamin berapa lama. Hujan dihasilkan dari air laut yang asin, menguap ke awan karena panas Matahari.

Air garam yang menguap mengandung banyak racun dan zat yang tidak baik untuk makhluk hidup. Ketika kembali ke Bumi dalam wujud hujan, air yang tadinya beracun menjadi bersih dan bisa digunakan oleh makhluk hidup.

Tanaman Akan Punah

Makhluk hidup pertama yang akan terkena dampak jika hujan berhenti 100 tahun adalah tanaman. Karena tidak adanya sumber air untuk hidup, mereka akan mati dan punah. Padahal tanaman adalah sumber makanan utama bagi hewan dan tumbuhan.

Namun tanaman seperti padi dangandum masih bisa hidup dari sistem irigasi modern yang bisa mengubah air garammenjadi air segar. Tapi ini tidak bisa bertahan lama. Setiap tahunnya, sekitar 577.060meter kubik air laut menguap.

Persediaan Air di Bumi Tidak Banyak

Setelah tanaman, yangselanjutnya terjadi sebelum manusia punah adalah habisnya persediaan air didunia. Jika hujan berhenti turun, jumlah air di Bumi akan habis dalam waktu2.500 tahun. Itupun jika air tidak digunakan sama sekali. Jika manusia tetapboros air seperti sekarang, maka air akan habis dalam waktu lebih cepat lagi.

Rantai Makanan Akan Terganggu

Jika hujan vberhenti 100 tahun, maka rantai makanan akan terganggu

Seperti yang kalian tahu, tanaman adalah salah satu bagian kunci pada rantai makanan. Jika tanaman menghilang, maka hewan pemakan tumbuhan akan kehilangan sumber makanannya. Jika demikian, hewan hewan tersebutpun akan mati kelaparan.

Jika hewan pemakan tumbuhan habis, sekarang giliran hewan pemakan daging yang terancam, mereka pasti akan kehilangan sumber makanannya juga. Walaupun mereka masih bisa memburu hewan pemakan daging lainnya, lama kelamaan sumber makanan mereka pun akan habis. Pada akhirnya, manusia yang akan kehilangan sumber makanan.

Manusia Bisa Kehilangan Oksigen

Dampak selanjutnya yang akan muncul jika hujan berhenti 100 tahun adalah kurangnya persediaan oksigen. Seperti yang kita tahu kalau air itu sangat dibutuhkan untuk tumbuhan dalam berkembang biak ataupun melakukan fotosintesis. Tanpa airm, mereka akan menjadi mati kekeringan. Dan Tumbuhan yang menjadi salah satu sumber oksigen di Bumi akan semakin berkurang.

Oksigen diproduksi oleh tanaman melalui proses fotosintesis. Jika tidak ada tanaman, maka persediaan oksigen di Bumi hanya bisa bertahan 2.000 tahun.

Atmosfer di Bumi Berubah

Selain memproduksi oksigen, tanaman di Bumi juga berfungsi menciptakan lapisan iklim pada Bumi yang berfungsi melindungi planet Bumi dari badai angin dari luar angkasa dan dari sinar Matahari berbahaya. Tanpa adanya perlindungan ini, suhu di Bumi akan naik secara drastis, bertambah hingga lebih dari 36 derajat celcius.

Wabah Penyakit Akan Menyebar di Seluruh Dunia

Ketika Bumi tidak lagi punyaperlindungan, penyakit mudah muncul dan menginfeksi seluruh manusia. Namun karenapersediaan air yang terbatas, hampir mustahil untuk menciptakan obat-obatan. Itupunkalau ada manusia yang bisa bertahan hidup. Tanpa adanya air, manusia hanyabisa hidup selama 3 hari saja.

Kesimpulan

Keberadaan air memang sangat berpengaruh untuk kehidupan di Bumi ya guys. Makanya, kalau lagi hujan deras jangan mengeluh. Apalagi kalau hujannya malam Minggu. Hmm, doa para jomblo tuh. Hehe.

Well, itulah beberapa hal yang akan terjadi jika hujan berhenti 100 tahun. Terimakasih sudah mau mampir. Hmm, Bicara Indonesia harap informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya mengenai Hujan. Jangan lupa kunjungi artikel kita yang lain ya guys, sampai jumpa lagi.

Sumber :

What If There Is No Rain OnThe Earth for 100 Years? | Youtube (Diakses 1 April 2019)