Seperti yang kita ketahui bumi kita ini ber revolusi (Berputar dengan cepat). Tapi apakah kalian pernah memperhatikan kalau ternyata walaupun Bumi berputar kenapa Bintang terlihat diam? Bener nggak? Hmm menurut kalian betul nggak sih kalo bintang itu diam?

Coba kalian amati bintang-bintang di malam hari, apakah bintang itu diam? Jika terlihat diam, coba kalian amati dengan lebih lama lagi, maka akan terlihat bahwa bintang itu sebenarnya bergerak secara perlahan.

Atau coba kalian amati bintang pada waktu malam hari, setelah itu kalian amati lagi pada saat dini hari, maka akan tampak bahwa bintang berpindah tempat.

Nah hal itu ada penjelasan secara ilmiahnya loh mengapa bintang-bintang itu terlihat diam. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal tersebut lebih detail lagi, penasaran kan dengan alasan mengapa Bumi berputar kenapa Bintang terlihat diam?

Letaknya yang Jauh

Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya yang letaknya beribu juta kilo meter jauh nya dari bumi.

Karena jaraknya yang sangat jauh dari bumi membuat kita tidak dapat melihat pergerakan bintang karena jarak tempuh bintang pada saat bergerak sangatlah panjang. Itu membuat sudut pandang kita terhadap benda yang kita amati jauh itu lebih cenderung terlihat diam.

Jarak Pandang Manusia

Semakin jauh jarak sesuatu yang bergerak relatif terhadap kita, semakin lama ia harus melakukan perjalanan untuk melintasi sudut pandangan yang bisa kita lihat. Suatu objek akan terlihat bergerak lebih lambat kalau kecepatan sudutnya kecil, terlepas dari kecepatan sebenarnya. Hal ini juga yang membuat kita menganggap Bumi berputar kenapa Bintang terlihat diam.

Jika Bumi Berputar Kenapa Bintang Terlihat Diam?

Analoginya seperti ini, coba kalian perhatikan mobil mobil dijalan raya yang melaju dengan kecepatan 60 km/jm. Kemudian, kalian perhatikan pesawat yang terbang diatas ketinggian 30.000 kaki yang juga sedang melaju dengan kecepatan 800 km/jam. Kalian akan menyadari bahwa pesawat yang terbang dilangit bergerak lebih lambat dibandingkan mobil, padahal sudah kita ketahui bahwa kecepatan pesawat lebih cepat daripada mobil.

Mengapa demikian? Sudah kita bahas sebelumnya, bahwa semakin jauh jarak suatu benda yang bergerak maka semakin lama juga ia akan melintasi sudut pandang kita.

Sudut Pandang Manusia

Mata manusia memiliki sudut pandang hingga 160 derajat. Karena jarak pandang kita dengan mobil lebih dekat, maka mobil yang melaju dengan kecepatan yang lebih rendah dari pesawat pun akan dengan cepat melintasi sudut pandang kita hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Sedangkan pada pesawat yang letaknya sangat jauh di langit, membuat jarak pandang kita sangatlah jauh terhadap pesawat. Maka dari itu pesawat membutuhkan waktu lebih lama untuk melintasi sudut pandang mata kita. Begitu teman teman.

Lalu, sama halnya juga dengan bintang, jarak pandang dari mata kita terhadap bintang dilangit jaraknya lebih jauh lagi dibandingkan dengan pesawat terbang. Maka waktu yang dibutuhkan bintang untuk bergerak melintasi mata kita jauh lebih lama lagi.

Rotasi Bumi

Pergerakan bintang juga dipegaruhi oleh seberapa cepat bumi berputar atau berotasi. Bergeraknya bintang dilangit adalah gerakan semu, atau terlihat bergerak tapi sebenarnya bumi lah yang bergerak secara berputar. begitu guys.

Kesimpulan

Nah, bagaimana guys, sekarang kalian pahamkan ketika Bumi berputar kenapa Bintang terlihat diam? Pasti paham dong. Ternyata Bintang itu tidak diam ya teman teman, mereka juga bergerak. Tapi akrena letaknya yang sangat jauh sehingga mempengaruhi sudut pandang kita.

Langit itu sangatlah luas, jadi untuk Bintang dapat melintasi mata kita, ia membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan 1 jam saja tidak cukup. Tapi kalau kalian erhatikan bintang dengan cukup ama, kalian akan melihat bahwa bintang itu sebenarnya bergerak secara perlahan.

Satu hal lagi yang harus kalian tahu “Bergerak secara perlahan” dalam ukuran alam semesta itu berbeda dengan di Bumi ya. Pergerakan objek langit bisa lebih dari 1 kilo meter per detik loh hehehe.

Well, inilah beberapa informasi yang bisa kita berikan ke kalian mengenai Bintangm semoga informasi ini cukup bisa menambah pengetahuan kalian dan menjawab rasa penasaran kalian ya teman – teman. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa baca artikel lain dari kita ya! See you.

Sumber :