Kenapa Planet Venus dan Mars Tidak Memiliki Medan Magnet

Hmm, kenapa ya bisa tidak memiliki medan magnet? Padahal kan, planet lain punya semua.

Mau tahu jawabannya? Beruntunglah kamu menemukan bicara indonesia ini yang mana akan menjawab pertanyaan diatas. Di Bicara indonesia kamu tidak hanya akan mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, melainkan berbagai informasi menarik tentang astronomi dan tata surya kita ini.

Informasi apa yang kamu butuhkan? Coba deh lihat tulisan menarik lain di bicara indonesia, kali aja kamu menemukan content yang menjawab rasa penasaran kamu. Tak hanya menjawab rasa penasaran saja,

Sudah siap menambah wawasa baru kamu? Yuk, simak bahasan berikut ini tentang kenapa sih Planet Venus dan Planet Mars beda dari planet lain, yaitu tidak memiliki medan magnet.

Tentang Planet Venus

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kenapa planet ini tidak memiliki medan magnet, kamu harus berkenalan terlebih dahulu dengan planet yang satu ini.

Seperti yag kita tahu kalau Planet Venus adalah salah satu planet yang berada dalam sistem tata surya kita, lebih tepatnya lagi planet ini terletak diantara Planet Merkurius dan Planet Bumi.

Planet yang membutuhkan waktu sekitar 224 hari untu mengorbit matahari ini disebut Venus berdasarkan nama seorang Dewi pada mitologi Yunani. Venus adalah seorang dewi cinta yang melambangkan kecantikan, bahkan Planet Venus ini tidak memiliki satelit alami loh!

Di langit malam Bumi, Venus ini menjadi cahaya tercerah kedua setelah bulan. Kecerahan dari planet dewi cinta ini bisa kamu saksikan suatu saat ketika matahari belum terbit dan ketika setelah matahari terbenam. Jadi, wajar saja kalau planet ini kadang juga dipanggil sebagai Bintang Senja atau Bintang Fajar.

Tentang Planet Mars

Setelah Venus, Planet Mars lah yang dinilai tidak memiliki medan magnet. Sebelum tahu alasannya, kamu juga harus kenal dulu dengan planet ini. Planet Mars yang mana merupakan planet ke empat dalam sistem tata surya kita dinamakan berdasarkan dewa perang dalam mitologi Romawi.

Karena memiliki tampilan berwarna merah, Planet Mars ini sering juga dipanggil sebagai Planet Merah. Lalu kenapa ya planet ini warnanya merah? Tentu ada alasannya.

Mars berwarna merah karena adanya senyawa besi(III) oksida di atas permukaannya. Berupa bebatuan yang sempat diramalkan bisa ditinggali manusia, Planet Mars ini memiliki atmosfer meskipun tipis.

Waktu rotasi dan siklus musim di Planet Mars dinilai sama dengan Planet Bumi. Ada lagi beberapa kesamaan dari planet ini dengan planet kita, yaitu di permukaan Planet Mars telah ditemukan gurun, gunung berapi, lembah, hingga tudung es.

Beberapa unsur atau senyawa yang ada di Planet Mars serta ada di Bumi kita antara lain karbon dioksida, nitrogen, argon, oksigen, neon, karbon monoksida, dan lain-lain.

Medan Magnet Planet

Sebelum bertanya-tanya tentang kenapa Planet Venus dan Planet Mars tidak memiliki medan magnet, kamu harus tahu dong apa itu medan magnet planet.

Medan magnet planet biasa disebut sebagai magnetosfer. Ya, magnetosfer ini adalah julukan yang diberikan untuk sebuah lapisan medan magnet yang menyelimuti atau menyeluvungi benda angkasa.

Planet-planet yang memiliki magnetosfer antara lain Merkurius, Bumi, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Magnetosfer di Bumi diketahui disebabkan oleh inti yang tidak stabil. Karena wujud dari inti Bumi kita ini adalah sebuah ion, jadi wajar saja dong kalau dia tidak stabil. Dia bergerak dengan cepat karena medan gravitasi dan suhu dari Bumi itu sendiri.

Nah, dua hal itulah yang menyebabkan medan magnet super besar yang kita sebut sebagai magnetosfer ini.

Alasan Planet Venus dan Planet Mars Tidak Memiliki Medan Magnet

Setelah kenalan sama Planet Venus, Mars. Dan apa itu medan magnet planet, waktunya untuk menjawab pertanyaanmu yang pertama. Ya, pertanyaannya adalah, kenapa Plamet Venus dan Planet Mars tidak memiliki medan magnet?

Sebuah hasil pengamatan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu menyatakan sebuah fakta yang cukup mengejutkan terkait medan magnet dari dua planet ini. Begini faktanya.

Dua planet yang diperantarai oleh Bumi ini rupanya mampu memnculkan cahaya yang mana berasal dari partikel elektrik. Partikel elektrik ini ada karena dilepaskan oleh atmosfer masing-masing planet.

Angin matahari yang sudah ada sejak awal rupanya mempercepat pergerakan dari partikel elektrik tersebut. Di Planet Venus dan Mars ada sebuah mantel magnetik yang berada di dalamnya. Karena adanya mantel magnetik yang ada di dalam ini, terjadi sebuah interaksi antara angin matahari dengan partikel elektrik.

Tak sampai disitu saja, interaksi ini ternyata mengakibatkan medan magnetik dari dua planet ini melemah.

Kenapa di Bumi tidak terjadi hal yang sama dengan dua planet ini? Alasannya adalah angin matahari tidak berinteraksi dengan atmosfer, atau dengan kata lain angin matahari ini dialihkan oleh adanya mantel magnetis yang ada di Bumi itu sendiri.

Itulah alasan mengapa Planet Venus dan Planet Mars tidak memiliki atau sedikit sekali medan magnetnya. Sudah terjawab rasa penasaranmu, sampai jumpa di content selanjutnya.