Sejarah Masa Lalu Andromeda, Kanibal yang Siap Telan Bimasakti

Bicara tentang benda langit atau astronomi tidak ada pernah habisnya dimulai dari bulan, matahari, bintang, black hole hingga galaksi semuanya layak diceritakan agar kita semakin mencintai semua ciptaan-Nya. Nah kali ini Bicara Indonesia akan berbicara tentang Galaksi Andromeda, Kanibal yang siap telan Bimasakti.

Sejak 10 miliar tahun silam, Galaksi Andromeda adalah galaksi tetangga Bima Sakti yang terkenal sebagai Galaksi kanibal yang biasa menelan galaksi-galaksi kecil. Bima Sakti kabarnya akan menjadi mangsa Andromeda selanjutnya. Peristiwa tabrakan antara Galaksi Bimasakti dan Andromeda akan menjadi tabrakan terbesar antara dua galaksi. Peristiwa ini diperkirakan terjadi empat miliar tahun lagi. Sebelum kita membahas tentang masa lalu Andromeda, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal fakta menarik dari Andromeda.

Dari Rasi Bintang Andromeda 

Jika Anda melihat ke langit malam utara antara asterisme (gejala optis bak bintang yang terlihat dalam batu mulia yang dinamakan batu bintang) “W” Cassiopeia dan Great Square of Pegasus, Anda akan menemukan rasi Andromeda.

Pemberian nama atas pola bintang itu terinspirasi dari dongeng tentang Putri Andromeda, istri dari Perseus yang merupakan pahlawan pada era Yunani kuno. Andromeda terletak di luar bidang galaksi dan tidak mengandung kluster atau nebula Bimasakti. Rasi bintang ini terkenal karena galaksi Andromeda yang berada di dalamnya, yang merupakan salah satu objek paling populer di langit yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

Satu Triliun Bintang

Sejarah Masa Lalu Andromeda, Kanibal yang Siap Telan Bimasakti

Galaksi Bimasakti diperkirakan memiliki antara 100 miliar hingga 400 miliar bintang, tetapi Andromeda punya kira-kira satu triliun bintang. Teleskop Angkasa Hubble mengungkap populasi besar bintang biru yang terang di Andromeda. Bintang-bintang biru biasanya panas dan masih muda, tetapi bintang-bintang biru yang ditemukan di galaksi tersebut telah menua, meski panas.

Di satu sisi, bintang-bintang seperti matahari telah mengikis lapisan luar material bintang dan mengekspos inti biru-panasnya. Bintang-bintang ini bertebaran di seluruh pusat galaksi. Cahayanya yang paling terang dalam cahaya ultraviolet.

Sejarah Masa Lalu Andromeda

Para astronom mempelajari gas halo kompleks yang ada di sekitar galaksi andromeda. Agar mereka bisa memahami kebiasaan Andromesa dan dapat mengantisipasi dampak tabrakan galaksi ini. Penelitian ini dipimpin oleh Astronom Dougal Mackey dari Universitas Nasional Australia, para peneliti berhasil menguak masa lalu Andromeda, galaksi spiral raksasa tetangga terdekat Bimasakti.

Menurut laporan, Andromeda adalah galaksi kanibal yang aktif memangsa galaksi-galaksi kecil di sekitarnya demi membesarkan diri. Berjarak sekitar 780 kiloparsec (2,5 juta tahun cahaya) dari Bumi, Andromeda kini sedang meluncur ke arah Bimasakti. Keduanya diprediksi bertabrakan dalam waktu sekitar 4,5 miliar tahun. Namun, para ahli astronomi masih belum mengetahui sistem mana yang akan menjadi kanibal.

Dari pengamatan mereka mengungkapkan bahwa Andromeda setidaknya telah dua kali melahap galaksi lain. Peristiwa tabrakan pertama terjadi miliaran tahun lalu, sementara yang satu lagi ketika Andromeda masih sangat muda pada zaman yang jauh lebih kuno. Mackey dan timnya memeriksa sisa peninggalak pasca benturan menggunakan Survei Arkeologi Pan-Andromeda (PAndAS) menggunakan Teleskop Kanada-Prancis-Hawaii. Disatu sisi,  Mackey mengatakan bahwa galaksi-galaksi kanibal ini merupakan kebiasaan yang lumrah yang terjadi di alam semesta.

PAndAS diciptakan untuk mencari tahu asal-usul Andromeda, proses evolusi dan struktur Andromeda pada saat ini. Survei tersebut merupakan bagian dari sub bidang astronomi khusus bernama “Arkeologi galaksi”. Informasi itu memberi para astronom gambaran tentang seberapa besar galaksi-galaksi  terbentuk. Mereka membuat penemuan dengan mempelajari halo Andromeda, wilayah dimana banyak bintang-bintang yang mengelilingi galaksi ini.

Mackey dan timnya mendapati dua gugus bintang yang terikat secara gravitasi, yang dikenal sebagai gugus bola. Bintang yang berada di dalam dua gugus ini juga membentuk sudut tertentu.

Sejarah Masa Lalu Andromeda, Kanibal yang Siap Telan Bimasakti
Andromeda, Sumber : NASA

Kemiripan antara Andromeda dan Bimasakti

Para astronom mencoba untuk mendapatkan gambaran yang menunjukkan bagaimana Andromeda tumbuh dari waktu ke waktu dan arah orbital dari gugus-gugus bintangnya. menurut Profesor Geraint Lewis dari University of Sydney, menjelaskan ia dan rekan-rekan bisa menghitung gugus-gugus itu berkumpul bersama pada waktu yang berbeda. Tepatnya pada miliaran tahun lalu. Seperti yang kita ketahui Andromeda dan Bimasakti merupakan objek terkait yang disebut jaring kosmik, struktur galaksi dan materinya mirip spons. 

Masih menurut Lewis, apa yang disimpulkan adalah kanibalisme ini datang dari berbagai bagian jaring kosmik. Satu datang dari arah yang berbeda, lalu ada umpan besar dari satu arah lain. Para astronom sangat antusias dengan penemuan ini, karena mereka tahu Andromeda mirip dengan Bimasakti, tetapi sulit untuk mendapatkan pandangan yang terbaik dari galaksi kita.

Menentukan Masa Depan

Ketika Bimasakti dan Andromeda mendekat satu sama lain, tarikan gravitasi keduanya akan menghancurkan diri mereka sendiri sehingga untuk saling memangsa satu sama lain merupakan hal yang mustahil karena mereka adalah galaksi spiral yang indah. 

Menurut Lewis, Andromeda dan Bimasakti akan menjadi satunya-satunya galaksi tanpa fitur yang ukurannya jauh lebih besar setelah menyatu dalam waktu sekitar 4,5 hingga 5 miliar tahun mendatang. Skenario lain yang tidak mungkin terjadi tetapi bisa saja terjadi adalah Bumi dihancurkan oleh proses tabrakan dan matahari akan terlempar keluar jalur

Kesimpulan

Untungnya, para ilmuwan memperkirakan tabrakannya tak begitu mempengaruhi sistem bintang individu seperti milik Bumi, sehingga kita tak perlu khawatir. Jika empat miliar tahun ke depan Bumi masih menampung manusia, maka seisinya bisa menyaksikan langit malam berbintang paling spektakuler sepanjang sejarah.

Anyway, itulah informasi mengenai galaksi Andromeda, kanibal yang siap telan Bimasakti. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya.