Mencari Tahu Perbedaan dari Planet
An illustration of the planets of our solar system.

Hai! Bagaimana kabarmu? Pastinya baik-baik saja bukan? Bicara Indoneisa kali ini akan meneruskan perjalanan untuk membahas tentang alam semesta yang mungkin kamu suka dan semakin membuat kamu penasaran saja tentang alam semesta kita ini.

Tak ada ruginya untuk belajar mengetahui alam semesta, malahan ilmu di bidang ini bagus untuk dipelajari supaya kita semakin mensyukuri nikmat Tuhan dan mengetahui bagaimana proses alam.

Setelah sebelumnya kami membahas tentang komponen-komponen pembentuk tata surya, masihkah kamu ingat apa saja komponennya? Bagus dong kalau masih ingat! Semoga saja masih ingat, ya. Sedikit demi sedikit wawasan tentang alam semesta dan astronomi akan kami bahas, oleh karena itu kamu harus mengingatnya satu per satu supaya lebih mudah menerima wawasan selanjutnya.

Oke oke, kembali ke bahasan utama kita, ya. Seperti halnya judul diatas, bahwasannya kita akan membahas apa itu planet dalam dan apa itu planet luar.

Apa itu Planet Luar & Dalam

Loh? Apakah yang dimaksud apa yang ada di dalam dan di luar planet? Bukan, melainkan apa saja yang termasuk planet dalam dan apa saja yang disebut sebagai planet luar. Mulai penasaran? Yuk, simak bahasan lengkapnya.

Planet dalam dan planet luar diidentifikasikan dengan suatu pembatas, yaitu asteroids. Pertama-tama, supaya mudah coba bayangkan dahulu bagaimana urutan tata surya. Di urutan pertama ada matahari yang ukurannya paling besar, kemudian dilanjutkan oleh planet-planet seperti Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, dan Uranus, dan Neptunus.

Nah, rupanya tak hanya itu saja urutan dari tata surya. Jika sebelumnya kamu hanya mengetahui itu saja, maka saatnya kamu untuk mengetahui bahwasannya ada sabuk asteroid yang terletak diantara planet Mars dan Yupiter.

Sabuk Asterodi

Sama seperti halnya planet, sabuk asteroid ini juga bergerak mengitari matahari bersama planet-planet lain. Lalu apa sih asteroid ini? Dan apa itu sabuk asteroid? Tenang, kami akan membahasnya supaya kamu paham betul akan materi kita kali ini.

Asteroid bisa juga disebut sebagai planetoid. Loh? Apakah asteroid itu sama dengan planet? Jawabannya, ya, hampir mirip. Perbedaannya adalah planet berukuran besar dan mempunyai kemungkinan bisa ditinggali makhluk hidup dan asteroid berukuran lebih kecil serta tidak ada kemungkinan makhluk hidup bisa tinggal disana.

Asteroid sendiri bentuk dan wujudnya seperti batu yang mana ketika bergerak di luar angkasa bisa saja bertabrakan satu sama lain. Lalu apa itu sabuk asteroid yang terletak di antara planet Mars dan planet Yupiter? sabuk Asteroid adalah kumpulan asteroid yang bergerak bersama-sama berevolusi mengitari matahari.

Meskipun gerakan dari banyak asteroid ini sama, namun tetap saja ada kemungkinan mereka saling bertubrukan. Ukuran dari masing-masing asteroid ini tentu berbeda-beda, ada yang sebesar rumah ada juga yang besarnya sebesar benua di bumi kita. Namun demikian, tetap saja asteroid ini tidak ada yang ukurannya melebihi planet.

Asteroid tak hanya berada di sistem tata surya atau di antara planet Mars dan planet Yupiter saja, melainkan tersebar di hampir seluruh alam semesta. Ada di galaksi kita sendiri, ada juga di galaksi tetangga kita, galaksi Andromeda, dan tak menutup kemungkinan ada juga di galaksi lainnya.

Perbedaan Planet Luar & Dalam

Oke, kita masuk dalam perbedaan planet dalam dan planet luar, ya. Sebelumnya masih ingatkah kamu bahwa planet dalam dan planet luar diidentifikasikan berdasarkan batas sabuk asteroid. Ya, karena sabuk asteroid terletak di antara planet Mars dan planet Yupiter, maka bisa disimpulkan sedemikian rupa.

Planet dalam adalah planet yang terletak di antara matahari dan sabuk asteroid, lebih tepatnya planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan planet luar terdiri dari planet=planet yang terletak di luar sabuk asteroid, yaitu planet Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Kesimpulan

Itulah pengertian dan apa saja anggota dari masing-masing planet dalam dan planet luar. Bagaimana? Tidak sulit untuk dimengerti bukan?
Sebisa mungkin kami akan menyajikan informasi dan cerita yang sangat mudah dipahami supaya semua orang yang membacanya mudah juga untuk memahami.

Jangan ragu untuk kembali lagi apabila kamu masih bertanya-tanya segala wawasan tentang tata surya, luar angkasa, dan astronomi. Pasalnya, selanjutnya kami akan terus memberikan informasi dan wawasan mengenai hal-hal tersebut supaya kamu lebih paham dan mungkin tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang astronomi.

Sumber:

  • Perbedaan Planet Dalam & Luar – Sridianti
  • Planet Tata Surya Dibagi Menjadi Planet Dalam dan Planet Luar, Apa Perbedaan Keduanya? – Bobo ID