Well well well, manusia selalu memiliki ambisi untuk mengeksplorasi apapun yang berada dalam jangkauan pandangannya. Saat ini ambisi manusia tidak hanya sebatas menjelajah Bumi. Jauh diluar itu, manusia memimpikan bisa mengeksplorasi dunia lain yakni luar angkasa.

Cepat atau lambat, misi luar angkasa akan terwujud. Salah satu contoh keberhasilan eksplorasi luar angkasa adalah misi pendaratan manusia di Bulan. Well, tentu bukan hanya itu saja, tapi saat ini sudah ada puluhan satelit yang berada di luar angkasa. Satelit satelit inilah yang menjadi alat untuk mempelajari ruang diluar Bumi.

Mulai dari bercocok tanam sampai melakukan aktivitas menambang di luar angkasa berikut ini kita rangkum 5 Ambisi Besar Manusia di Luar Angkasa.

Bercocok Tanam di Bulan

Ambisi ini tentu bukan tanpa alasan ya, tanaman merupakan salah satu sumber makanan yang mendukung kehidupan manusia ketika berada di dunia yang berbeda. Saat ini usaha untuk menumbuhkan tanaman di luar angkasa terus dilakukan.

Well, tidak hanya NASA, dari negara china saat ini juga sedang melakukan misi pendaratan ke bulan dengan membawa sejumlah bibit tanaman untuk dijadikan bahan eksperimen. Tanaman yang mereka coba tumbuhkan adalah kapas, lobak, kentang dan tanaman berbunga.

Mendirikan Industri Periklanan

Well, biasanya kita melihat iklan di televisi, radio dan koran ya. Tapi apa jadinya jika ada iklan di luar angkasa? Apa mungkin akan dilakukan? Kalau bicara mungkin tidak mungkin, pasti akan dilakukan karena sudah ada 2 start up di Jepang yang berniat mengembangkan industri periklanan di luar angkasa. tapi yang menjadi pertanyaan besar adalah untuk target pasar siapa iklan ini? atau hanya untuk membuat iklan yang unik dan bisa booming? well semua itu masih menjadi pertanyaan ya.

Mendirikan Hotel

Ambisi ketiga manusia di luar angkasa adalah membuat hotel. Tentu ini bukan hotel yang sama seperti di Bumi ya. Hotel yang akan dikembangkan oleh perusahaan asal California ini direncanakan mengorbit planet mars pada tahun 2021.

Namun, karena dianggap terlalu ekstrem perusahaan tersebut mengubah rencananya dengan membuat hotel yang mengorbit pada ketinggian 320 kilometer dari permukaan bumi. Well, hotel luar angkasa ini sangat cocok buat kalian yang mau merasakan sensasi berbeda dari hotel hotel biasanya nih.

Melahirkan di Luar Angkasa

Manusia, tidak hanya berkeinginan melakukan perjalanan luar angkasa saja. Tapi, suatu saat manusia akan berambisi membangun koloni serta memiliki kehidupan layaknya di Bumi, seperti berkeluarga, berserikat dan lain sebagainya. Namun, melahirkan di luar angkasa memiliki resiko yang cukup tinggi.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada kekhawatiran radiasi kosmik dapat mengganggu perkembangan janin. Hmmm, tapi kalau lahir di luar angkasa kira-kira tempat lahir dalam KTP apa ya?

Menambang di Luar Angkasa

Bumi kita ini sudah banyak diambil kekayaan mineralnya. Suatu saat pasti akan habis. Hal inilah yang membuat manusia berangan-angan untuk menambang di luar angkasa.

Ambisi ini ternyata sudah direncanakan perusahaan bernama Asteroid Mining Company dan Badan Antariksa Eropa. Mereka juga telah menandatangani kontrak dengan perusahaan pembuat roket dan diperkirakan berangkat pada tahun 2025. So, jika rencana itu berhasil tentunya kita tidak perlu khawatir lagi mengenai cadangan mineral di Bumi ya.

Kesimpulan

Alam ini diciptakan pasti dengan fungsi dan tujuan tertentu. Manusia bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi, semakin lama dieksplorasi, membuat sumber daya alam di Bumi terkikis habis. Untuk itu, manusia mencoba mengeksplorasi luar angkasa untuk dimanfaatkan. Apakah ambisi itu berhasil? Yuk kita tunggu saja kabar selanjutnya.

nah jadi gimana guys tentang ambisi ambisi manusia barusan tentang luar angkasa? menarik bukan? bagi kamu yang masih penasaran dan ingin bertanya silahkan tuliskan pertanyaan atau komentar kalian di kolom komentar di bawah ini ya.

enggak kersa kita sudah di akhir konten nih, sebelum cabut jangan lupa untuk dukung terus bicara indonesia ya, Terakhir terimakasih sudah membaca informasi ini sampai habis dan sampai jumpa lagi di konten astronomi selanjutnya.

Sumber

  • Bercocok Tanam Hingga Buat Hotel, Ini 5 Ambisi Manusia di Luar Angkasa – Nationalgeo Graphic