well well halo semuanya apakabar, gimana kabarnya hari ini? ok untuk menambah wawasan kalian hari ini kalian sudah tepat membuka channel bicara di youtube karena kali ini channel bicara akan memabahas tentang planet planet yang suka banget mengelilingin bintang induknya atau matahari kenapa sih? apakah ada hubungan di antara mereka? atau salah satu dari mereka menyukai satu sama lain? jawabanaya akan kalian temukan di video kali ini jadi saksikan video ini sampai habis ya!

Orbital Planet

Seperti yang kita tahu, planet-planet di tata surya, termasuk Bumi kita, mengalami dua gerakan di alam semesta, yakni rotasi dan revolusi. Rotasi merupakan perputaran planet pada porosnya, sementara revolusi adalah perputaran mengelilingi Matahari.

Tapi, mengapa planet-planet mengitari Matahari? Alasan ilmiah yang mendasar tentang mengapa planet-planet mengelilingi Matahari adalah: karena gravitasi Matahari yang membuat keseluruh planet tetap berada dalam orbitnya. Sama kasusnya seperti Bulan yang mengorbit Bumi karena tarikan gravitasi Bumi, dan Bumi mengorbit Matahari karena tarikan gravitasi Matahari.

Gaya Gravitas

Lalu, mengapa kemudian planet-planet ini melakukan gerak revolusi dalam jalur orbit yang berbentuk elips, bukan bergerak lurus? Hal ini terjadi karena planet-planet memiliki kecepatan dalam arah yang tegak lurus terhadap kekuatan tarikan Matahari.

Dengan kata lain, Matahari menarik planet-planet dengan gaya gravitasinya, namun di sisi lain planet-planet juga memiliki gaya gravitasi yang sama. Hasil dari gaya tarik menarik di antara keduanya ini pun membuat ada gaya lain yang dikenal sebagai gaya sentripetal dan gaya sentrifugal.

Sentripental & Sentrifugal

Gaya sentripetal sendiri merupakan sebuah gaya yang membuat objek langit untuk bergerak melingkar mengitari pusat revolusi, sementara itu gaya sentrifugal merupakan semacam lawan dari gaya sentripetal, yakni gaya yang menjauhi pusat putaran.

Jika tidak ada Matahari, maka planet-planet akan melakukan perjalanan lurus tanpa arah. Namun, gravitasi Matahari mengubah jalurnya, menyebabkannya mengelilingi Matahari, dalam bentuk yang hampir melingkar sempurna alias elips.

Kesimpulan

so jadi intinya adalah gaya tarik menarik yang di lakukan oleh gravitasi ini akan mempengaruhi kesetimbangan dari setiap benda yang ada di langit dengan kata lain benda satu dengan yang lainya akan ada keterkaitan jika ada gaya gravitasi tarik dan dorong yang saling mempengaruhi sama seperti aku dan kamu yang saling memiliki iya enggak hahahaha. (Khusus untuk cewek ya)  nanti saya dikira homo lagi hahaha, ok kembali lagi ke penjelasan jadi intinya gaya gravitasi siapa yang paling kuat maka planet itu akan tertarik ke planet yang memiliki gravitasi lebih besar.

hal ini tidak akan mungkin terjadi jika misal bumi menarik matahari karena ukuran bumi jauh lebih kecil, jadi intinya gravitasi ini tidak akan bisa menarik benda yang lebih besar dari dirinya sendiri ingat hukum gravitasi yang di pengaruhi oleh massa suatu benda? maka hukum itu akan berlaku disini.

nah jadi gimana guys sudah mulai paham kan mengapa kita harus tunduk dan mengikuti gravitasi matahari? karena matahari memiliki masa dan juga gravitasi yang lebih besar dan matahari adalah sumber energi yang tidak terbats untuk bumi dalam tanda kutip jika matahri hilang maka bumi tidak memiliki energi dan kehidupan pun akan musnah.