Halo haloo.. ketemu lagi di bicara indonesia

Bagaimana kabarmu? Sampai mana perjalananmu dalam mengenal tata surya kita ini? Pasti saat mempelajari tata surya dan apapun terkait astronomi rasanya kurang lengkap bukan kalau belum lihat-lihat cerita disini?

Di Bicara indonesia memang seharusnya wawasanmu tentang tata surya dan astronomi akan bertambah. Kamu hanya perlu melihat berbagai cerita yang telah ada di Bicara indonesia dan mulai mempelajari apa saja yang ada di tata surya dan sekitarnya. Mudah saja, cerita yang ada disini telah dibuat sebaik mungkin supaya kamu mudah memahami dan cepat mengingatnya.

Di beberapa cerita yang lalu kita telah membahas tentang benda-benda di tata surya. Pada cerita ini kita akan membahas tentang salah satu kamu tata surya yang rupanya belum diketahui banyak orang. istilah ini adalah “angin surya”, sudah tahukah kamu apa itu angin surya?

Kalau belum, simak deh penjelasan berikut ini supaya kamu semakin paham tentang tata surya kita ini.

Hal-Hal yang Terkait Dengan Angin Surya

Pada cerita yang lain telah kami bahas mengenai alasan mengapa Planet Venus dan Planet Mars tidak memiliki medan magnet. Masih ingatkah kamu? Atau, kalau kamu belum lihat, coba deh lihat setelah ini kamu lihat supaya kamu lebih paham sedikit tentang angin surya.

Alasan mengapa dua planet itu tidak memiliki medan magnet atau sangat sedikit sekali adanya medan magnet adalah karena angin surya. Loh? Kok bisa? Tentu bisa, begini ceritanya.

Angin surya yang dipancarkan oleh matahari itu sendiri berinteraksi dengan partikel elektrik yang ada pada dua planet itu. Singkatnya, interaksi antara angin surya dengan partikel elektrik ini membuat magnetis yang ada di dalam planet melemah atau bahkan dikatakan menghilang.

Begitulah cerita singkat mengenai alasan dua palnet tersbeut tidak memiliki medan magnet. Sampai sini, sudahkan ada sedikit bayangan tentang angin surya ini. Kalau belum, yuk simak bahasan lebih lengkap tentang angin surya ini.

Yang Harus Kamu Tahu Tentang Angin Surya

Judulnya memang “angin surya”, yang mana terdiri dari dua kata yaitu nagin dan surya. Meskipun ada unsur angin di istilah ini, jangan samakan angin surya dengan angin biasa yang ada di Bumi kita, ya. Angin surya dan angin biasa di Bumi sangat jauh berbeda, baik itu karakteristiknya, penyebab terjadinya, dan dampaknya. Pokoknya simak terus bahasan ini supaya kamu semakin paham, ya.

Angin surya biasa juga disebut sebagai solar wind secara internasional. Seperti namanya, angin surya ini bisa dikatakan sebagai partikel-partikel yang dihasilkan oleh matahari. Bukan partikel biasa, angin surya ini rupanya memiliki energi yang dahsyat dan bisa memberikan dampak yang besar terhadap keidupan di Bumi.

Apa sih yang membuat angin surya ini berdampak besar sampai ke Bumi? Ini alasannya. Angin surya ini terbuat dari elektron bebas dan proton yang ada di Matahari. Elektron bebas yang ada di Matahari ini seringkali disebut sebagai plasma.

Kekuatan Angin Surya

Ok, terus apa dong yang membuat angin surya ini dahsyat? Angin surya ini bisa memberikan dampak yang dahsyat karena proton dan plasma yang menyusunnya memiliki energi sebesar 1 ke V atau 1 kilo elektron volt. Waduh, apakah kamu bisa membayangkan seberapa dahsyat energi ini?

Tunggu dulu, meskipun energinya besar, angin surya dinilai tidak terlalu berbahaya jika terjadi biasa-biasa saja karena kepadatan dari angin surya ini dinilai rendah.

Angin surya ini bisa memancar sampai seberapa jauh sih? Wah, yang satu ini kamu harus tahu juga! Angin surya diketahui mampu memancar hingga jarak 100 AU. Jika kamu belum tahu, AU adalah satuan jarak yang panjangnya sama dengan jarak Bumi dengan Matahari.

Setelah dihitung-hitung, 100 AU ini rupanya sama dengan jarak Matahari dengan Planet Neptunus. Dengan demikian, bisa kita simpulkan kalau angin surya ini mampu memancar hingga Planet Neptunus.

Diketahui juga bahwa jarak terluar dari angin surya ini telah menabrak medium dari antar bintang. Heliosfer adalah sebutan untuk angin matahari yang dominan. Namun sayangnya, sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa sih alasan angin matahari ini bisa jalan-jalan keluar atau lolos dari matahari hingga jarak yang jauh.

Namun, telah diduga-duga bahwa angin surya ini bisa melompat jauh ke luar karena adanya suhu yang sangat tinggi di korona. Oh iya, kalau kamu belum tahu apa itu korona, korona adalah lapisan tertinggi dari matahari yang mana suhunya mencapai 1 sampai 3 juta Kelvin.

Terus, apa alasanya Korona matahari ini bisa sangat panas ya? Nah, pertanyaan ini juga belum bisa dijawab secara pasti.

Satu hal yang harus kamu tahu lagi tentang angin surya ini. Angin surya yang bisa melompat sangat jauh ini rupanya memiliki kecepatan dari 400 sampai 700 kilometer per detik loh! Wah, cepat sekali ya?