Seperti yang kalian tahu, Pluto dulunya adalah planet paling ujung alias terakhir dari tata surya kita. Banyak sekai Misteri Tersembunyi dibalik Planet Pluto yang setiap penemuannya bikin kalian terheran heran.

Dan seperti yang kalian tahu, pada tahun 2006, Persatuan Astronomi Internasional mengeluarkan Pluto sebagai anggota tata surya dan memutuskan bahwa Pluto adalah planet kerdil. Mengapa?

Lokasi pluto terlalu jauh dari matahari dan suhunya terlalu dingin untuk sebuah planet dan pluto ini sedingin hati mantan. Nah, baru-baru ini para ilmuwan membuat penemuan mengejutkan: ternyata ada samudera yang tersembunyi jauh di bawah permukaan Pluto.

Hmm, apakah keberadaan samudera ini benar adanya? Kalau ada air di Pluto, apakah ada kehidupan juga di sana? mungkin, manusia bisa pindah ke Pluto juga? atau pluto menjadi tempat pembuangan mantan?

Pluto, PlanetEs dengan Sejuta Misteri

Sejak ditemukan pada 1930, Pluto menjadi anggota tata surya hingga tahun 2006. Dengan jarak 7,5 miliar kilometer dari Bumi, sangatlah sulit bagi para ilmuwan untuk mengirimkan misi ke Pluto. Namun dari pengamatan teleskop canggih, permukaan planet Pluto dapat diamati.

Misteri tersembunyi Planet pluto

Pluto adalah planet dengan banyak pegunungan, bukit, daratan, dan kawah. Tinggi gunung di Pluto bisa mencapai 2 sampai 3 kilometer. Bisa dibilang planet yang satu ini cukup mirip dengan Bumi. Tapi karena jaraknya yang terlalu jauh dari Matahari, permukaan Pluto membeku hingga suhu -226 sampai -240 derajat celcius.

Permukaan Pluto juga diselimuti bongkahan es besar yang mengandung gas metana dalam jumlah besar. Variasi permukaan Pluto ini konon dipengaruhi oleh kekuatan tektonik dari dalamnya.

Es Berbentuk “Hati” di Pluto, Tanda Tangisan Jomblo dan Mantan?

Kalau kalian melihat gambar Pluto, akan nampak permukaan putih yang cukup luas dengan bentuk hati. Unik banget kan? Tapi ternyata bentuk hati ini justru menyimpan banyak rahasia lho. Rahasia apa?

Permukaan berbentuk hati ini diberi nama Sputnik Planitia, yaitu permukaan seluas 1000 kilometer yang membeku.

Terbentuknya Sputnik Planitia dipengaruhi olehsumbu gelombang Pluto dan kekuatan satelit alamnya, Charon. Meski permukaanSputnik Planitia diselimuti nitrogen tebal, para ilmuwan meyakini bahwaterbentuknya lapisan es tersebut karena air yang menyembur dari bawah tanahPluto akibat hantaman komet.

Bagaimana Es diPluto Tidak Mencair?

Para ilmuwan memprediksi permukaan es di Pluto telah terbentuk sejak 4,6 miliar tahun yang lalu. Pertanyaannya, bagaimana bisa es di Pluto tidak pernah mencair sama sekali? Mungkin kalian menebak nebak, penyebabnya adalah karena permukaan Pluto sangatlah dingin, atau karena jaraknya yang sangat jauh dari Matahari?.

Well, ternyata bukan hanya itu penyebabnya. Daratan es di Pluto tidak mencair karena Pluto adalah planet kerdil yang tidak mengorbit benda lain di dekatnya. Karena hal itu, suhu di inti planet Pluto tidak memanas secara ekstrim, sehingga daratan es di atasnya tetap bisa membeku.

AdakahKehidupan di Pluto?

Setiap ditemukannya air di tempat selain Bumi,pertanyaan pertama yang muncul adalah: adakah kehidupan di sana?

Walaupun Pluto memiliki daratan es, dan bahkansamudera yang tersembunyi, bukan berarti Pluto menjadi tempat yang layak huniuntuk manusia. Mungkin ada kehidupan lain di sana, tetapi yang jelas manusiatidak bisa tinggal di planet Pluto. Lokasi Pluto terlalu jauh dari matahari danmanusia tidak hanya membutuhkan air untuk hidup. Iya kan?

Kesimpulan

Penemuan es dan samudera yang ada di Pluto membuka kemungkinan bahwa sebenarnya di alam semesta ini ada banyak air yang tersebar di berbagai planet. Jadi, Bumi bukan satu-satunya sumber air. Tetapi sekali lagi, adanya air bukan berarti manusia bisa hidup di sana. Ada banyak faktor lain untuk menyokong kehidupan makhluk hidup.

Memang misteri tersembunyi Pluto ini sangat unik ya teman teman. Bahkan bukan hanya misterinya saja yang membuat planet kerdil yang satu ini unik. Bahkan statusnya sekarang yang berubah menjadi planet kerdil juga mengundang banyak perdebatan.

Well tapi inilah beberapa informasi mengenai misteri tersembunyi planet Pluto, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya.

Sumber :

  • Pluto – Wikipedia