Manusia Tiba-Tiba Sadar Saat Operasi, Apa yang Terjadi?

Bagaimana ya kalau Manusia atau pasien tiba tiba sadar saat operasi. Pernah nggak sih kalian berpikir seperti itu? Seperti yang kita tahu ketika sedang dioperasi itu artinya beberapa anggota tubuh kita pasti sedang di bedah oleh dokter.

Dan kalaiu misalkan kita tiba tiba terbangun ditengah tengah perasi, apakah berbahaya? Apa ya dampaknya kalau sampai itu terjadi? Apakah operasi bisa dilanjutkan? Atau harus dihentikan? Apa mungkin bakal terasa sakit? atau malah tidak terasa apa apa karena efek obat bius?

Operasi Adalah Tidakan Medis Yang Sangat Umum

Setiap tahunnya lebih dari 21 juta melakukan operasi dan mendapatkan suntik anestesi. Maksudnya agar selama operasi pasien bisa tertidur dan tidak merasakan sakit. Dari jumlah itu, 30 ribu pasien terbangun di tengah-tengah operasi. Hmm, banyak juga ya.

Dalam dunia kedokteran, kondisi ini disebut Anestesia Awareness

Cara Kerja Pembiusan Saat Operasi

Bagi orang awam, operasi bisa sangat menakutkan. Bayangkan tubuh kalian disayat-sayat dengan pisau. Pasti ngeri banget dong? Itulah mengapa sebelum operasi, pasien akan dibius agar hilang kesadaran. Proses pembiusan ini disebut dengan anestesi. Anestesi normal biasanya menggunakan beberapa jenis obat. Pertama obat yang digunakan untuk membuat pasien tertidur, kedua adalah obat untuk melemaskan otot, ketiga adalah obat analgesik yang memblokir saraf rasa sakit.

Jadi setiap obat punya fungsi masing-masing. Intinya agar pasien tidak merasakan apa-apa selama operasi berjalan.

Bagaimana Pasien Bisa Terbangun Saat Operasi?

Pasien terbangun saat operasi

Jumlah dan jenis obat yang disuntikkan pada pasien berbeda satu dengan yang lain. Semua harus disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, dan gaya hidup pasien. Menghitung dosis yang pas untuk pembiusan sangat sulit lho. Hanya para ahli yang bisa melakukan.

Kalau begitu, kenapa pasien bisa tersadar saat operasi? Bisa jadi karena tubuh seseorang memberikan reaksi yang berbeda pada obat yang diberikan. Reaksi ini menyebabkan obat tidak bisa bekerja dengan maksimal. Akhirnya, mereka terbangun deh saat sedang dioperasi.

Jika Pasien Tiba Tipa Sadar Saat Operasi, Apa Selanjutnya?

Meski kemungkinannya kecil, para dokter harus waspada kalau pasiennya sadar saat operasi. Hal pertama yang mereka rasakan pasti ketakutan karena melihat ruang operasi, dan beberapa dari mereka bahkan menggerakkan tubuhnya lho! Namun mereka tetap tidak merasakan sakit apapun pada tubuhnya.

Ketika dokter mengetahui pasiennya bangun, mereka akan menambahkan beberapa obat anestesi agar pasien kembali tertidur. Hal ini bisa menimbulkan efek samping yang parah pada pasien seperti penyakit mental atau depresi.

Dokter Bisa Tidak Menyadari Pasiennya Terbangun

Ada juga pasien yang ketika terbangun tidak merasakan apa-apa, termasuk tubuhnya sendiri. Pada kasus ini biasanya dokter justru tidak menyadari pasiennya telah terbangun. Namun karena pasien sendiri tidak merasa sakit, mereka juga tidak akan menderita trauma psikologis yang parah.

Kalau kalian mau tahu lebih detail tentang gimana jika seorang pasien tersadar saat operasi, kalian bisa tonton film Anesthesia. Di film itu diceritakan seorang pasien yang bangun saat sedang menjalani operasi transplantasi jantung.

Dampak Psikologis Terhadap Pasien

Kalau pasien tiba tiba sadar saat operasi, apa ya dampaknya bagi mereka? Ternyata bisa sangat serius lho. Menurut data yang dihimpun para dokter anestesi di London, para pasien yang terbangun ditengah tengah operasi akan mengalami trauma psikologis yang hebat.

Trauma yang mereka rasakan adalah seperti kembali merasakan rasa sakit saat operasi. Wah cukup ngiliu juga ya membahasnya.

Kesimpulan

Ngomong-ngomong artikel ini dibuat bukan bertujuan untuk menakut-nakuti kalian ya. Tapi untuk sekedar pengetahuan saja. Sekali lagi, operasi adalah tindakan medis yang sangat diperlukan. Apalagi untuk penyakit yang parah. Ini adalah prosedur penyelamatan yang sangat umum dilakukan dalam dunia medis.

Oh iya, kemungkinan seorang pasien tiba tiba sadar saat operasi juga sangat kecil lho. Cuma 0.008-0.2% saja. Jadi kalian nggak perlu takut. Dan dari semua kasus pasien yang terbangun, 80% di antaranya tidak ingat apa-apa. Dengan kecanggihan teknologi kedokteran saat ini, kondisi pasien bisa diidentifikasi secara lebih mendetail sehingga kemungkinan pasien terbangun sangat kecil. begitu teman – teman.

Sumber :

  • What If You Wake Up During Surgery? – Youtube (Diakses pada 1 April 2019)