Misteri Planet Mars

Well hallo semuanya, kembali lagi dengan website paling seru yang membahas astronomi apalagi kalo bukan bicara indonesia, di konten kali ini kita akan membahas tentang planet mars, ya planet mars si te tangga bumi.

planet mars ini adalah salah satu planet yang paling intense di observasi dan di teliti karena letaknya dekat dengan bumi, di konten konten sebelumnya juga channel bicara pernah membahas tentang fakta planet mars dan permukaan planet mars, videonya ada di video list channel bicara, buat kamu yang belum pernah liat coba deh liat dulu videonya ok.

di video yang pernah kita bahas, ternyata planet mars masih memiliki banyak rahasia yang masih belum bisa kita pecahkan hingga sekarang sampai sampai channel bicara harus membahasnya berkali kali.

Memang sih, denger denger planet ini bisa ditinggali manusia. Tetapi, opini ini valid nggak sih sebenarnya? nah dari pada penasaran baca terus cerita kali ini ya sangat seru.

Tentang Planet Mars yang Harus Kamu Tahu

Sebelum mengulas apa saja rahasia planet merah ini, kamu terlebih dahulu harus berkenalan dengan planet ini. Seperti yang kita tahu bahwa Planet Mars adalah planet ke empat di sistem tata surya kita, dimana terletak diantara Planet Bumi dan sabuk asteroid.

Termasuk dalam planet dalam dari susunan tata surya, planet ini terlihat berwarna merah sehingga disebut juga sebagai “planet merah”. Warna ke merah an pada planet ini tak lain disebabkan oleh adanya senyawa besi(III) oksida di permukaan planet ini.

Sama seperti Bumi yang memiliki bulan, Mars sendiri mempunyai dua satelit yaitu Phobos dan Deimos. Planet Mars disusun oleh beberapa senyawa antara lain karbon dioksida sebanyak 95,7%, nitrogen sebanyak 2,7%, argon sebanyak 1,6%, dan sisanya diisi oleh oksigen, karbon monoksida, uap air, nitrogen monoksida, neon, xenon, dan lain-lain.

Memiliki periode mengorbit Matahari selama 687 hari, Planet Mars juga berotasi dengan waktu yang hampir sama dengan Planet Bumi, yakni waktu rotasi dari Mars ini adalah 24 jam 10 menit dan 44 detik. Suhu paling rendah di Planet Mars sebesar -87o C dan sebesar -5o C untuk suhu tertinggi.

Rahasia Planet Mars

Setelah mengenal Planet Mars, sudah siapkah kamu mengetahui apa saja rahasia planet ini? Siap dong! Berikut adalah beberapa rahasia Planet Mars yang harus kamu ketahui

Hari Yang Panjang

Rahasia pertama yang harus kamu tahu dari planet ke empat tata surya ini adalah rupanya planet ini memiliki pergantian tahun yang lebih lama dari Bumi. Sebenarnya, rahasia ini cukup logis dan mungkin tidak membuatmu terkejut.

Ya, Planet Mars adalah planet nomor empat dan Planet Bumi adalah planet nomor tiga. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa letak Planet Mars lebih jauh dari Matahari dibandingkan jarak Matahari dengan Planet Bumi.

Lebih tepatnya lagi, Planet Mars berjarak sepanjang 142 juta mil dari Matahari, sedangkan Bumi hanya berjarak 93 juta mil saja dari Matahari. Karena hal ini, Bumi membutuhkan waktu sekitar 365 hari saja untuk berevolusi atau berganti tahun, sedangkan Planet Mars membutuhkan waktu sekitar 687 hari untuk berganti tahun.

Ukuran Kecil Planet Mars

ya memang bukan hal yang sangat misterius sih jika ukuran planet mars ini lebih kecil di bandingkan dengan planet bumi, perbandingan diameter ukutan planet mars dengan bumi ini 1:2 ya ngartinya bumi memiliki ukuran 2x lebih beasr di bandingkan dengan planet mars.

lebih tepatnya bumi memiliki diameter sebesar 12,742 km sedangkan mars memiliki diameter sebesar 6,779 km itu artinya beda selisih sekitar 5,963 Km ya perbandingan itu lumayan besar sih.

Planet Mars lebih Dingin

Sebelumnya telah kita bahas bahwa Planet Mars lebih dingin daripada Planet Bumi. Inilah salah satu rahasia Planet Mars yang juga harus kamu ketahui. Seperti yang kita tahu bahwa suhu normal di Bumi saat ini di negara kita sekitar 30 an derajat celcius.

Rata-rata suhu Bumi secara keseluruhan adalah 14 derajat celcius, sedangkan di Planet Mars sana, suhu rata-ratanya adalah minus 63 derajat celcius. itu artinya air bisa membeku seketika di sana.

Atmosfer Berbahaya

Atmosfer Planet Bumi lebih bersahabat daripada atmosfer Planet Mars. Di Bumi sendiri diketahui atmosfernya tersusun oleh Nitrogen, oksigen, dan sebagian kecil unsur atau senyawa lainnya. Sedangkan di Planet Mars, atmosfernya tersusun oleh karbon dioksida, argon, dan sedikit nitrogen itu artinya jika kamu meng hirup udara disana seperti menghirup asap kenalpot yang beracun.

Pemandangan Indah

Mars memiliki pemandangan yang indah, hal ini dibuktikan dengan adanya gunung, lembah, es, dan hal lain yang ada di Mars. Bahkan, diketahui Planet Mars ini memiliki ngarai yang indahnya seperti Grand Canyon dan gunung berapi yang besar.

nah prespektif ini muncul ketika manusia sudah bosan dengan bumi dan ingin mencoba melihat keadaan planet lain sehingga planet mars menjadi salah satu planet yang indah. tapi menurut kalian planet ini indah enggak?

Kesimpulan

nah barusan tadi itu adalah tentang rahasia rahasia dan fakta planet mars, menurut kalian sediri bagaimana si planet merah ini? apakah planet ini bisa jadi tempat tinggal uman manusia di kehidupan yang akan datang? tuliskan jawaban kalian di kolom komentar di bawah ini ok.

enggak kerasa kita udah sampai di akhir cerita. terakhir terimakasih sudah membaca cerita ini sampai habis dan sampai jumpa lagi di cerita selanjutnya yang pastinya seru!