10 Fenomena Alam Langka Yang Terjadi di Dunia!

Halo Guys! Bertemu lagi dengan Bicara, yang kali ini akan bercerita tentang fenomena alam langka yang ditemukan di dunia. Biar kamu nggak penasaran, kita lanjutkan saja cerita tentang keajaiban alam yang indah ini.

Planet Bumi selalu dipenuhi dengan keindahan alam yang luar biasa. Dapat dilihat dari penampakan pantai berpasir putih yang menakjubkan, hingga jajaran pegunungan yang spektakuler.

Tetapi ada kalanya juga ditemukan suatu fenomena alam yang misterius, hingga membuat kita terpana.

Manifestasi kekuatannya yang terkadang tidak selalu dapat dijelaskan secara ilmiah, membuat manusia harus mempercayai bahwa keajaiban itu ternyata memang benar adanya!

Dari sudut pandang manusia, Bumi akan selalu menyimpan suatu rahasia alam yang selalu menarik. Masih nggak percaya? Yuk, kita lihat ulasannya berikut ini.

Sailing stones, California, Fenomena alam langka batu bergerak dengan sendirinya!

“Sailing stones", California!. Fenomena alam langka
“Sailing stones”, California!.

Death Valley di California adalah salah satu tempat paling tidak berpenghuni di Planet Bumi. Namun di tempat sunyi inilah ditemukan suatu fenomena alam langka, berupa batu yang dapat berjalan.

Aneh memang!. Bukti bahwa batu itu bergerak, dengan ditemukannya suatu lintasan berpasir hingga mencapai tempat dimana batu tersebut berlabuh.

Masih belum ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena geologi ini. Karena hal tersebut tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Dari lokasi dimana alur lintasan berada, tidak ditemukan adanya jejak kaki manusia.

Fenomena alam langka Sort sol, Denmark, Matahari hitam yang fenomenal! 

“Sort sol” , Denmark Fenomena Alam Langka
“Sort sol”, Denmark

Selama Bulan Maret dan April, di daerah rawa dekat Tønder dan Ribe, Denmark, akan disuguhi  pemandangan “sort sol”, yang berarti matahari hitam.

Fenomena alam langka tersebut merupakan suatu peristiwa ketika jutaan burung berkumpul di langit saat matahari terbenam. Seketika itu juga alam akan berwarna kehitaman, karena terhalang oleh kawanan unggas yang mencari tempat menetap untuk malam itu.

Hidden Beach, Mexico, pantai tersembunyi yang indah!

“Hidden Beach”, Mexico, Fenomena Alam Langka
“Hidden Beach”, Mexico

Pada suatu tempat di daerah Playa Del Amor, terdapat suatu pantai unik yang letaknya sangat tersembunyi. Lokasi tepatnya berada di salah satu Kepulauan Marieta, di lepas pantai Meksiko.

Beberapa orang mengatakan, bahwa fenomena alam langka tersebut terjadi akibat ledakan bom pada sekitar tahun 1900-an. Lubang menganga di permukaan salah satu pulau tersebut pun, akhirnya secara perlahan mulai terisi pasir dan air hingga bertahun-tahun. 

Pantai terpencil yang berada di dalam lubang tersebut tidak terlihat dari luar, tetapi pengunjung dapat mengaksesnya melalui terowongan sepanjang 24 m. Jalan pintas tersebutlah yang menghubungkan pantai tersembunyi yang indah tersebut ke laut lepas.

Fenomena alam langka, Lenticular clouds yang ditakuti para pilot!

“Lenticular clouds” Fenomena Alam Langka
“Lenticular clouds”

Lenticular Clouds merupakan kumpulan awan yang berlapis menyerupai kapas tebal. Fenomena alam langka ini terbentuk karena adanya aliran udara lembab yang mengalir ke atas  puncak gunung.

Awan ini akan sangat berbahaya bagi pesawat terbang yang mencoba melintasinya, karena dapat menyebabkan turbulensi yang cukup kuat.

Satu hal yang menjadi keunikan dari awan ini adalah, bentuknya yang terlihat seperti membeku di satu tempat selama berhari-hari. Namun pada akhirnya, kumpulan awan tersebut akan terpecah dengan sendirinya, karena faktor alam maupun cuaca.

Monarch Butterflies, Fenomena alam langka di Amerika Utara!

“Monarch Butterflies”
“Monarch Butterflies”

Salah satu pemandangan paling menakjubkan di Amerika Utara adalah, ketika kumpulan kupu-kupu mulai berpindah tempat ke daerah yang lebih hangat. Hal tersebut akan terjadi setiap menjelang musim gugur. 

Setiap Bulan Oktober, ribuan kupu-kupu akan bermigrasi ke Meksiko dari AS dan Kanada. Mereka akan melintasi udara hingga ribuan kilometer jauhnya.

Namun sayangnya, tidak semua kupu-kupu tersebut akan bertahan hidup selama perpindahan terjadi. Beberapa diantara kupu-kupu betina akan bertelur, dan anak-anaknya akan melanjutkan perjalanan tersebut hingga sampai tujuan.

Christmas Island, Australia, ketika lautan kepiting merah bermigrasi!”

Setiap musim hujan di Christmas Island, Australia, puluhan juta kepiting merah akan muncul dari hutan untuk berkembang biak di pantai.

Berdasarkan perkiraan, paling tidak ada sekitar 43 juta kepiting merah yang  akan bermigrasi dan bertelur di pantai.

Seluruh pulau terlihat diselimuti warna merah tua, dan seluruh aspal jalanan dipenuhi dengan tanda bekas cakaran. Fenomena alam langka yang indah dan spektakuler!. 

Frozen Methane Bubbles, Canada, Gelembung es yang dapat mendesis saat siap meledak!

“Frozen Methane Bubbles”, Canada
“Frozen Methane Bubbles”, Canada

Gelembung es yang mudah terbakar ini merupakan gelembung gas yang terperangkap di bawah Danau Abraham, Canada. Gelembung gas ini tercipta ketika sisa-sisa dedaunan yang dan hewan yang mati tenggelam di danau. 

Bakteri pembusuk yang memakan semua benda tersebut mengeluarkan gas metana, yang kemudian dilepaskan sebagai gelembung beku berwarna putih. Sungguh pemandangan yang menakjubkan, tetapi memiliki potensi bahaya yang cukup besar.

Gas rumah kaca yang kuat ini tidak hanya dapat menghangatkan Planet Bumi, tetapi juga sangat mudah terbakar.

Pada setiap musim semi, ketika es di danau mulai mencair, gelembung metana tersebut akan mulai memperdengarkan suara desisan dan letusan yang spektakuler!

Waterspouts, Badai Tornado di permukaan air!

“Waterspouts” Fenomena Alam Langka
“Waterspouts”

Waterspouts merupakan Badai Tornado yang terjadi di permukaan air laut. Pusaran air yang tingginya dapat mencapai hingga ke atas awan tersebut, memiliki kecepatan hingga 305 km/jam.

Fenomena alam langka dalam bentuk badai ini sangat berbahaya, karena memiliki kecenderungan untuk dapat menghisap apapun yang berada di wilayah jangkauannya.

Spherical Boulders, bola-bola alam dari dari dasar laut yang keren!

“Spherical Boulders”
“Spherical Boulders”

Spherical Boulders merupakan batuan keras yang  terbentuk dari suatu fenomena alam langka. Bentuknya menyerupai bola raksasa, dengan bulatan yang sangat sempurna.

Sekilas terlihat seperti buatan tangan manusia. Namun faktanya, batuan tersebut bukanlah hasil karya manusia, tetapi terbentuk secara alami oleh alam selama jutaan tahun lamanya.

Pada awalnya, batuan ini terbentuk di dasar laut. Lama kelamaan,  karena banyaknya erosi yang terjadi selama bertahun-tahun, bola ini akhirnya muncul ke permukaan laut.

Nuansa pemandangan dari bola-bola besar ini pun menjadi terlihat sangat unik, bagi manusia yang melihatnya.

Mahakarya hewan laut, Crop Circles yang unik!

Crop Circles
Crop Circles

Crop circle merupakan suatu pola lingkaran yang terbentuk pada suatu lahan tertentu. Umumnya, pola- pola tersebut  ditemukan pada sebuah yang luas. Namun di sebuah lautan di Jepang, ditemukan beberapa crop circle yang memiliki pola yang sangat unik.

Berdasarkan hasil pengamatan para ahli, ternyata  pola- pola yang indah tersebut dibuat oleh ikan- ikan kecil yang berada di dalam lautan tersebut. Ikan- ikan ini menciptakan mahakaryanya dengan tujuan untuk menarik lawan jenisnya.

Kesimpulan

Alam selalu menyisakan sebongkah misteri yang tidak selalu dapat dipecahkan secara ilmiah. Kejadiannya hanya terjadi begitu saja, tanpa adanya suatu perencanaan maupun rekayasa.

Yang pasti, fenomena alam apapun yang terjadi di Bumi, akan  selalu berakhir dengan hal  yang menakjubkan, mengerikan atau pun  bisa keduanya dalam waktu yang bersamaan.

Well Guys! Selesai sudah cerita kita kali ini. Semoga kamu semua menyukainya, dan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan. Kami undur diri dulu, dan jangan lupa stay tuned for the next story! Ciao!

Sumber :

  • World Most Bizarre Natural Phenomena – BBC Travel
  • 13 Spectacular Natural Phenomena in The Sky – Travel Earth
  • 7 incredible natural phenomena – Opodo UK
  • Nine Rare Natural Phenomena Worth Traveling For – Smithsonian Mag
  • How Nature Creates Uncannily Spherical Boulders – Atlas Obscura
  • Underwater crop circle mystery solved – Earth Sky