5 Kota Terkecil Di Dunia yang Akan Membuatmu Tercengang

Kota Terkecil – Negara adalah suatu daratan besar yang menaungi beberapa wilayah/kota yang didalam pemerintahannya.

wilayah/kota tersebut memiliki kondisi alam yang berbeda, maupun luas wilayah berbeda, seringkali kita mendengar kota terbesar atau kota terkecil.

Julukan itu bukan hanya didasarkan pada luas wilayah saja terkadang jumlah penduduk mendukung kondisi yang terjadi. Ada begitu banyak kota terbesar atau kota terkecil yang tersebar hingga penjuru dunia, tidak hanya kota terkadang negara pun memilikinya.

Seperti Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang memiliki banyak kota yang menaunginya, seperti mojokerto, bukit tinggi, padang panjang, dsb yang merupakan urutan kota terkecil yang berada dalam naungan Indonesia.

Dalam artikel kali ini akan membahas kota terkecil di dunia yang akan membuatmu bingung dan bahkan tercengang mendengarnya.

Vatikan, Bukan Kota Terkecil di Italia

Vatikan

Vatikan merupakan negara sekaligus kota terkecil didunia, negara yang berada didalam negara Italia ini memiliki kekuasaan tertinggi yang terletak pada paus.

Sebuah kota yang dianggap suci bahkan sebelum Agama Kristen datang ke negara tersebut. Sehingga Vatikan dulunya tak memiliki penghuni satu pun juga.

Fakta menarik yang wajib diketahui pembaca adalah negara Vatikan dan Italia tidak memiliki batas resmi layaknya negara lain. Sehingga para turis yang tidak mengetahuinya akan masih terasa didalam negara Italia, faktanya turis tersebut telah memasuki negara Vatikan.

Uniknya dari negara ini seseorang yang mendapatkan status sebagai warga negara Vatikan hanya berdasarkan pekerjaannya saja. Semua warga negara yang berada di Vatikan merupakan orang pendatang dan tak ada satupun warga negara asli dari negara tersebut.

Vatikan memiliki perpustakaan yang berisikan dokumen dengan rentang 1000 tahun yang kerahasiaannya dijaga sangat ketat. Hanya para peneliti dan sarjana terpercaya saja yang mendapatkan akses ke dalam perpustakaan tersebut.

Fakta menarik lainnya yang dimiliki kota Vatikan adalah setiap aspek yang dimiliki negara, seperti tiang listrik, jalanan, pemukiman warga, hingga lukisan terindah hasil mahakarya dari Michaelangelo menjadi situs warisan yang lindungi oleh UNESCO.

San Marino, Kota Terkecil San Marino

5 Kota Terkecil Di Dunia yang Akan Membuatmu Tercengang

San Marino merupakan sebuah negara dengan urutan kelima sebagai negara terkecil di dunia yang memiliki ibukota yang bernama San Marino juga. San Marino disahkan pada tahun 1600 yang menjadikan negara ini sebagai negara tertua di dunia.

Fakta menarik yang dimiliki kota ini mendapatkan julukan sebagai ‘Least Visited Country in Europe’. Hal tersebut dikarenakan San Marino memiliki kunjungan turis sebanyak 60.000 turis di setiap tahunnya.

Begitu banyak obyek wisata yang di sajikan dari San Marino. Selain itu ketenangan dan kedamaian juga diberikan membuat setiap pengunjung memiliki ketentraman yang cukup untuk menyelimuti setiap para turis.

T├│rshavn

5 Kota Terkecil Di Dunia yang Akan Membuatmu Tercengang

Torshavn merupakan ibukota terkecil didunia dengan penduduk yang mendiami kota tersebut sebanyak 20.500 orang, memiliki nama yang sangat unik yang terinspirasi dari Dewa Petir, Thor.

Jarang sekali untuk orang mengetahui kota tersebut, tetapi jika orang tersebut mengetahui Torshavn, ia akan mengingat dua kata ‘pelabuhan thor’

Tidak ada yang mengetahui secara jelas mengapa nama tersebut mendapatkan inspirasi dari Dewa Thor.

Ada yang berkata nama tersebut didapatkan akibat kota tersebut seringkali mendapatkan petir tetapi beberapa orang berkata bahwa orang zaman dahulu ingin eksistensi Dewa Thor di wilayah tersebut sangat besar.

Kota Torshvan juga menyimpan begitu banyak bangunan bersejarah yang akan menarik mata para turis terkagum, ditambah sejarah yang melengkapi setiap bangunan yang ada.

Salah satunya adalah kota tersebut menjadi pos perdangan viking yang terkenal hingga saat ini masih digunakan dengan sangat baik.

Dalam kehidupan sehari-harinya masyarkat yang tinggal didalam kota tersebut mengandalkan industri perikanan dalam menyokong kehidupan sehari-harinya.

Andorra

Andorra

Andorra disebut sebagai jantungnya Eropa, keindahan yang tersimpan didalam kota kecil ini memang sangat memikat hati setiap orang ditambah aktivitas ski yang dapat kita lakukan menambah segala keindahan yang ada didalam kota tersebut.

Andorra adalah daratan eropa yang cukup banyak menerima pasokan salju dan dapat bertahan berbulan-bulan lamanya. Itulah yang menjadi alasan primadona dari kota ini adalah aktivitas skinya.

Pemerintahan Andorra di jalankan oleh kerajaan dimana kekuasaan tertinggi berada ditangan pangeran. Begitu banyak fakta menarik dan mengejutkan yang tersimpan dari kota indah Eropa ini.

Andorra menjadi salah satu kota teraman didunia dengan tingkat kejahat yang dimiliki hampir nol. Hampir 700 tahun Andorra tidak pernah berperang dan anggaran militer di Andorra berasal dari sumbangan sukarela masyarakat Andorra.

Fakta yang akan membuat terkejut adalah terdapat pernyataan bahwa hidup wanita dikota ini lebih lama dibandingkan para pria. Penjelasan lebih dalam mengenai ini semua belum disajikan secara lengkap

Buford

Buford

Buford sebuah kota terkecil yang dimiliki oleh negara adikuasa, Amerika Serikat. Kota yang terletak di jalan tol antar negara bagian yang menghubungkan San Fransisco dan New York.

Ketika kota tersebut di bangun, terdapat 2000 masyarakat yang mendiaminya. Lalu tidak ketahui apa yang terjadi dalam kota tersebut, karena hanya tinggal satu orang penduduk yang masih setia mendiami kota tersebut.

Saat ini Don Sammons, pemilik tunggal kota Buford, menginginkan untuk membuka lembaran hidup baru ditempat yang baru pula dan ia memutuskan untuk menjual segalanya di dalam kota tersebut.

Rumah dengan tiga kamar, sekolah, pom bensi hingga jabatannya sebagai “walikota” dilepaskannya demi memulai kehidupan yang baru.

Tak lama dari iklan yang dikeluarkan oleh Don Sammons dan telah laku terjual kepada dua orang bekebangsaan Vietnam dengan harga sebesar US $900.000

Fakta menarik dari kota ini memiliki kode pos serta kotak pos sendiri.

Kesimpulan

Kota-kota tersebut mungkin bisa dinyatakan sebagai kota terkecil didunia tetapi begitu banyak kisah menarik yang menyelimuti kota ini. Tidak selalu kota terkecil akan memiliki dampak negatif akan keterbatasan yang dimiliki wilayah tersebut.

Justru begitu banyak dampak positif yang dimiliki kota tersebut, seperti kota Andorra yang menjadi salah satu kota teraman dikarenakan tingkat kriminalitas hampir nol. Membuat siapa saja menginginkan untuk tinggal dikota tersebut.

Sesuatu yang kecil tidak akan membuatmu berhenti untuk memberikan yang terbak begitu pula dengan suatu kota yang akan memberikan sesuatu yang terbaik untuk masyarakatnya.

Bagi yang tertarik dengan cerita-cerita yang tersimpan didunia akan selalu update cerita tersebut di bicara Indonesia. Jangan sungkan-sungkan untuk tetap terus kunjungi bicara Indonesia untuk membaca update cerita-cerita yang tersimpan didunia ini.

Sumber :

  • Sejarah Vatikan, Dari Kota Kosong Hingga Menjadi Pusat Gereja Katholik – Phinemo
  • 7 Fakta Menarik San Marino, Salah Satu Negara Terkecil di Dunia – kumparan
  • Mengintip Kehidupan Ibu Kota Terkecil di Dunia, T├│rshavn – AGolf
  • 33 Fakta Unik Andorra, Negara yang Terkurung Daratan di Eropa Barat Daya – Tribuntravel
  • Dilelang: Kota berpopulasi 1 jiwa di AS -BBC News Indonesia