Bumi Punya Satu Benua Tersembunyi, Benarkah?

Hai, hai, hai semuanya. Kembali lagi bersama channel kesayangan kalian semua, apalagi kalau bukan channel Bicara. Kalau biasanya channel Bicara membahas topik astronomi, kali ini kita akan membahas tentang teka-teki Bumi.

Seperti yang selama ini kita tahu, daratan di Bumi jumlahnya ada 6 benua besar yaitu Asia, Afrika, Eropa, Australia, Amerika, dan Antartika. Tapi perjaka kalian berpikir mungkin Bumi kita ini punya satu daratan tersembunyi yang belum pernah ditemukan manusia? Well… menarik juga ya.

Manusia terobsesi menemukan daratan

Kalian pasti sudah tidak asing dengan nama seperti Christopher Colombus yang menemukan benua Amerika di abad ke-15 kan? Nah sejak ratusan tahun yang lalu, manusia memang sudah berusaha menguak semua misteri yang ada di Bumi. Karena teknologi yang mereka miliki tidak cukup canggih, semua dilakukan dengan cara kuno. Untuk menemukan daratan, mereka harus berlayar menyeberangi Samudera hingga akhirnya bertemu dengan daratan baru.

Benua baru bernama Tasmania?

jika zaman dahulu sangat sulit menemukan benua, kini semua lebih mudah dengan adanya teknologi. Setiap daratan di Bumi bahkan pulau yang kecil dan tidak berpenghuni sekalipun bisa dideteksi melalui satelit.

Baru-baru ini, para ilmuwan membuat pernyataan mengejutkan bahwa ada satu benua lagi yang belum tercatat di Bumi, yaitu benua Tasmania.

Penemuan mengejutkan

Penemuan benua baru bernama Tasmania ini tentu sangat mengejutkan dunia. Jika memang ada benua baru, kenapa nggak terlihat dari satelit? Well, ini akan dijelaskan nanti jadi pastikan kamu tonton video ini sampai habis ya.

Letak Tasmania

Satu pertanyaan yang muncul pasti, dimana yang letak benua baru ini? Sekarang coba kalian ambil peta dunia atau globe deh biar lebih jelas. Benua Tasmania yang kata para ilmuwan memiliki kekayaan alam melimpah ini terletak di wilayah Selandia Baru dan Kaledonia Baru. Kok bisa?

Tasmania adalah benua yang tenggelam

Rasanya belum ada satu daratan pun di dunia ini yang belum pernah terjamah manusia. Setiap tempat di Bumi pernah dikunjungi manusia untuk dipelajari dan diteliti. Tapi, kenapa para ilmuwan baru menemukan Tasmania? Padahal kalau Tasmania adalah benua seharusnya dia langsung terlihat.

Oke, jadi Tasmania adalah benua yang tenggelam. Tadi sudah dijelaskan kalau Tasmania ada di Selandia Baru atau Kaledonia Baru. Kedua negara ini adalah negara kepulauan kecil. Para ilmuwan percaya keduanya adalah bagian dari satu benua besar yang tenggelam di lautan. Jadi, kedua negara ini seperti dataran tinggi yang muncul dari dasar laut.

Bukti penemuan

Tentu saja para ilmuwan kita nggak asal bicara guys. Mereka punya alasan yang kuat kenapa ada benua tenggelam di bawah Selandia Baru dan Kaledonia Baru. Dari penelitian yang dilakukan di Samudera Pasifik dekat kedua negara, ilmuwan menemukan lapisan granit yang luas di laut.

Well, granit adalah material pembentuk daratan. Sedangkan material pembentuk dasar laut adalah batu asal. Penemuan ini menguatkan dugaan bahwa ada benua tenggelam yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Pada penelitian lanjutan, ditemukan lagi lebih banyak lapisan bumi di perairan dekat Selandia Baru.

Menurut perkiraan ilmuwan, jumlah permukaan benua Tasmania yang muncul di atas laut hanya 7% dari jumlah keseluruhan. Yaitu Selandia dan Kaledonia Baru, serta pulau batu karang kecil di sekitar kedua negara. Nah, jika kedua negara digabung, maka luas daratannya akan sama dengan negara Perancis.

Kesimpulan

Gagasan tentang benua baru ini masih menjadi perdebatan. Para ilmuwan sendiri masih terus melakukan penelitian untuk menemukan bukti-bukti lain yang semakin menguatkan bahwa benua ini pernah ada 500 juta tahun yang lalu. Kalian sendiri gimana, apa kalian percaya ada satu benua tersembunyi di dunia?

Nah, sekian dulu ya pembahasan di video kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang Bumi kita. Pantengin terus channel Bicara karena masih akan banyak video lain tentang sains dan astronomi. Terima kasih sudah menonton video sampai habis dan sampai jumpa di video selanjutnya. Bye!

Sumber

The Earth Has a Secret Hidden Continent – YouTube (Diakses pada 2 April 2019)