Membahas tentang luar angkasa memang nggak akan pernah habis. saking luasnya alam semesta, bisa membuat kita takjub akan hal-hal misterius yang pernah ditemukan di sana. Dari penemuan sinar misterius, objek misterus, sampai penemuan bintang zombie. Berikut ini adalah 10 Hal Paling Misterius di Luar Angkasa.

10. Oumuamua

Hal Paling Misterius di Luar Angkasa pertama adalah Oumuamua, yaitu benda misterius yang ditemukan oleh para astronom saat melayang melintasi tata surya pada Oktober 2017. Benda ini terbang sangat dekat dengan matahari, mendekati ¼ jarak matahari dari Bumi. Tapi setelah itu benda ini tiba-tiba melaju lebih cepat dan menghilag dari tata surya.

Para ilmuwan menyimpulkan Oumuamua adalah komet yang bergerak tidak normal. Namun penelitian lebih lanjut menduga Oumuamua adalah bongkahan dari planet yang hancur.

9. Tabby Star

Stasiun luar angkasa Kepler milik NASA menemukan bintang yang meredup dan kemudian bersinar jembali tahun 2011. Hal ini dianggap tidak wajar karena bintang yang meredup tandanya bintang itu akan mati, tetapi Tabby Star justru bersinar terang kembali.

Ada banyak teori tentang penyebab meredupnya Tabby Star. Para ilmuwan menganggap hal itu disebabkan adanya komet yang melewati bintang tersebut, tetapi ada juga yang menganggap meredupnya Tabby Star akibat pengaruh black hole.

10 Hal Paling Misterius di Luar Angkasa

8. FRB 121102

FRB adalah sinyal radio yang sangat kuat yang kadang diterima Bumi dari luar angkasa. Sampai saat ini tidak diketahui darimana asal sinyal ini. Ilmuwan telah menerima lebih dari 150 sinyal sejak tahun 2012.

Ada 3 teori menarik tentang asal sinyal ini. Pertama berasal dari sebuah galaksi berjarak 3 miliar tahun cahaya dari Bumi, kedua berasal dari sinyal bintang neutron, dan teori terakhir mengatakan asal sinyal ini berasal dari teknologi alien.

7. The Dark Flow

Hal Paling Misterius di Luar Angkasa selanjutnya adalah Dark Flow.

Dark flow atau aliran gelap adalah gerakan galaksi yang sangat cepat, mencapai 1 juta meter per detik. Pergerakan ini sangat tidak wajar, dan para ilmuwan tidak bisa menemukan penyebabnya. Para astronom menduga gerakan ini didorong oleh kekuatan misterius yang mengendalikan galaksi tersebut.

6. The Cow

Pada bulan Juni 2018, astronom menemukan kerlipan cahaya sangat terang dari konstelasi Hercules yang jaraknya 200 tahun cahaya dari Bumi. cahaya tersebut sangat terang, setara dengan cahaya yang dikeluarkan oleh 10-100 kali supernova. Para ilmuwan menyebutnya “The Cow”. Cahaya ini bertahan sampai 2 minggu.

Belum diketahui darimana asal semburan cahaya tersebut. Ilmuwan menduga asalnya dari bintang yang ditelan oleh black hole, namun ada juga yang menduga cahaya tersebut berasal dari pembentukan black hole.

5. Sinyal Misterius dari Bintang Mirip Matahari

15 Mei 2015 para astronom di stasiun teleskop Rusia menerima sinyal aneh dari sebuah bintang, jaraknya 94 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini punya struktur kimia dan temperatur yang sama dengan matahari. Ilmuwan berpendapat sinyal misterius ini dikirim oleh alien. Tetapi para ahli membantahnya karena alien memerlukan setidaknya 500 triliun watt energi untuk bisa mengirim sinyal tersebut.

Jumlah tersebut melebihi seluruh energi yang digunakan manusia pada saat itu, dan ilmuwan meragukan para alien akan menggunakan energi sebesar itu hanya untuk mengirimkan sinyal pada manusia.

4. Supervoid Misterius

Hal Paling Misterius di Luar Angkasa adalah sebuah Void. Void adalah istilah untuk menyebut ruang-ruang kosong di luar angkasa. Meski ada banyak void di luar sana, terdapat beberapa void berukuran besar yang disebut dengan supervoid.

Satu supervoid setara dengan 10.000 galaksi. Hmm, bisa dibayangkan berapa besarnya kan. Namun karena supervoid tidak punya kepadatan sempurna, ruangan ini kosong dan tidak berisi apa-apa.

Anehnya, supervoid ini menyerap energi setiap cahaya yang terbang melintasinya. Dan semakin alam semesta ini membesar, maka ukuran supervoid juga ikut membesar.

3. Sinyal Radio Misterius dari Galaksi M82

Pada tahun 2009, astronom Inggris mendeteksi sinyal radio aneh saat mengamati ledakan bintang di galaksi M82. Normalnya, sinyal radio akan melemah setelah dua minggu, namun sinyal dari M82 masih sama kuatnya meskipun sumber emisi sinyal tersebut bergerak dengan kecepatan tinggi.

Ilmuwan percaya sinyal ini dikirimkan oleh supermassive black hole yang ada di pusat galaksi tersebut. Namun ilmuwan lain menduga sumber sinyal ini berasal dari microquasar yang dipancarkan oleh black hole di galaksi M82.

10 Hal Paling Misterius di Luar Angkasa

2. CMB Cold Spots

Alam semesta kita ini dipenuhi oleh energi sisa ledakan big bang yang disebut radiasi cosmic microwave background (CMB). Anehnya hanya ada satu area di alam semesta yang tidak memiliki energi tersebut, yaitu CMB Cold Spots. Awalnya para ilmuwan menduga CMB Cold Spots adalah supervoid. Namun penelitian lebih lanjut menunjukkan CMB Cold Spot dikelilingi oleh void-void kecil, bukan satu supervoid. Sampai saat ini tempat tersebut masih menjadi misteri alam semesta.

1. Bintang Zombie

Hal Paling Misterius di Luar Angkasa yang terakhir adalah Bintang Zombie.

Sama seperti namanya, bintang Zombie adalah istilah yang digunakan untuk bintang yang sudah mati, namun terlahir kembali. Namanya adalah bintang iPTF14hls yang jaraknya 500 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang ini ditemukan tahun 1954. Namun pada 2014 terjadi ledakan supernova di bintang tersebut dan kali ini bintang tersebut diyakini benar-benar telah mati.

Kesimpulan

Alam semesta adalah tempat yang sangat luas. Umat manusia selalu tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai alam semesta dan isinya. Kalau menurut kalian sendiri, apakah penemuan benda-benda misterius ini bermanfaat buat kita? tuliskan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini ya.

Well, teman teman, itulah 10 Hal Paling Misterius di Luar Angkasa versi Bicara. semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya.