Bisakah Kita menghentikan Asteroid Yang Menyerang Bumi?

Halo semuanya! Bertemu lagi dengan channel Bicara. Kalian pasti sudah menunggu-nunggu video baru dari channel kesayangan kalian ini kan? Pas banget! Hari ini channel bicara hadir dengan tema yang sangat menarik, yaitu asteroid.

Di film-film, banyak digambarkan bahwa serangan asteroid ke Bumi bisa menghancurkan seluruh kehidupan yang ada di dalamnya. Kalian yang pernah menonton film lawas seperti Deep Impact atau Armageddon pasti tahu deh betapa seremnya jika Bumi kejatuhan asteroid.

Jika suatu saat asteroid menyerang Bumi, bisakah manusia menghentikannya? Atau justru kehidupan di Bumi akan hancur dan tidak bersisa? Pernahkah Bumi diserang oleh asteroid? Gimana dampaknya? Daripada penasaran, yuk tonton video ini sampai selesai. Inget ya, jangan di-skip.

Apa itu asteroid?

Asteroid sering disebut planet mini. Dari namanya aja udah planet mini. Jangan heran kalau asteroid ada yang besarnya sama dengan planet Merkurius, Mars, atau Bumi. Salah satu asteroid terbesar adalah Ida, yang saking besarnya sampai punya bulan sendiri yang bernama Dactyl.

Bagaiman asteroid bisa menyerang Bumi?

Kumpulan asteroid terbesar di tata surya ada di antara planet Mars dan Jupiter, atau yang disebut dengan Sabuk Asteroid. Mereka membentuk orbit sendiri dan mengambang di luar angkasa.

Nah, walaupun sudah punya lintasan sendiri, beberapa asteroid sering nakal. Mereka melepaskan diri dari orbitnya dan bergerak mendekati Bumi dan kadang saat bergerak mendekati bumi mereka menjatuhkan dirinya ke bumi.

Berbagai serangan asteroid di masa lampau

Beberapa puluh tahun terakhir, serangan asteroid tidak pernah terjadi. Namun di masa lalu sangat sering terjadi lho. Ini dia daftar serangan asteroid yang pernah melanda Bumi nah berikut beberapa asteroid yang meng hantam bumi.

  1. Kawah Vredefort, Afrika Selatan

Kawah Vredefort adalah dampak serangan asteroid yang paling terkenal. Kawah ini dikenal sebagai kawah meteorit terbesar di dunia dengan diameter lebih dari 28 km. Ketika pertama terbentuk, diameter kawah mencapai 300 km, namun terkena longsor dan semakin menyusut. Usia kawah ini mencapai 2.032 milyar. Serangan asteroid diperkirakan terjadi pada zaman purba, tepatnya era Paleoproterozoic.

  • Semenanjung Yucatan, Meksiko

Asteroid juga pernah menghantam Semenanjung Yucatan di Meksiko. Akibatnya, terbentuk awan debu hitam yang sangat tebal. Asteroid ini membawa dampak yang besar bagi kehidupan di Bumi. Selain menyebabkan iklim di Bumi berubah total, konon jatuhnya asteroid ini juga menjadi penyebab punahnya dinosaurus sekitar 65 juta tahun lalu.

  • Kawah Arizona, Amerika Serikat

Kawah Arizona juga dikenal sebagai salah satu dampak serangan asteroid yang paling besar. Peristiwa yang terjadi sekitar 50.000 ribu tahun lalu ini menyebabkan terbentuknya kawah Arizona. Diameter kawah mencapai 1,6 km dengan kedalaman 170 meter.

  • Serangan Asteroid di Afrika Selatan

Sekitar 3 miliar tahun yang lalu, asteroid super besar pernah menghampiri Bumi. Ukurannya lebih dari 5 kali lipat gunung Everest! Asteroid melaju dengan kecepatan 19 km/jam dan menurut para ilmuwan, lokasi jatuhnya adalah suatu tempat di Afrika Selatan. Saking hebatnya hantaman asteroid ini sampai merubah struktur tektonik planet Bumi.

Ancaman serangan asteroid

Itu semua adalah cerita masa lalu. Gimana dengan sekarang? Beruntung kita hidup di zaman yang serba canggih. Kini serangan asteroid bisa diprediksi terlebih dahulu.

Menurut ilmuwan NASA, setiap tahun ada asteroid sebesar ukuran mobil yang bergerak ke arah Bumi. Ketika menembus atmosfer, ia terbakar menjadi bola api panas. Namun sebelum sampai di permukaan, asteroid sudah habis terbakar dan hancur di angkasa.

Sementara asteroid seukuran lapangan sepak bola akan mendekat ke Bumi setiap 5.000 tahun sekali, menyebabkan kerusakan yang sangat parah di Bumi. Dan setiap beberapa juta tahun sekali, Bumi akan bertabrakan dengan asteroid raksasa yang bisa menyebabkan bencana global.

Kalau itu sampai terjadi, mungkin kejadiannya akan persis seperti di film-film, dimana manusia panik dan mencari perlindungan sendiri-sendiri.

Mungkinkah menghentikan serangan asteroid

Sekarang kita ke inti pembahasan. Mungkinkah manusia bisa menghentikan asteroid yang menuju Bumi? Jawabannya, mungkin saja. Kini NASA sedang mengembangkan teknologi yang bisa mencegah agar asteroid tidak jatuh ke Bumi.

Rencananya, robot luar angkasa canggih buatan NASA akan diuji coba mulai tahun 2020, saat ada asteroid yang melintas dekat dengan Bumi. Tapi keberhasilan alat ini belum terbukti. Yah, semoga saja berhasil ya.

Kesimpulan

Asteroid adalah benda angkasa yang lajunya mustahil untuk dihentikan. Namun dengan kecanggihan teknologi, para ilmuwan di Bumi akan berusaha membuat alat yang bisa menghentikan, menghancurkan, hingga mengubah laju asteroid agar menjauh dari Bumi.

Nah itu dia pembahasan tentang asteroid. Semoga informasi tadi bermanfaat buat kalian semua ya. jangan lupa pantengin terus channel Bicara untuk video-video lain yang tidak kalah menarik. Supaya tidak ketinggalan video selanjutnya ayok tekan tombol subscribenya ya, selain kamu dapat notifikasi video baru kamu juga mendukung channel bicara agar tetap terus memberikan informasi yang menarik, terakhir terimakasih sudah menonton video ini sampai habis dan sampai jumpa lagi di video selanjutnya hanya di channel bicara bye-bye.

Sumber

Could We Stop an Asteroid from Hitting Earth? (Diakses pada 28 Maret 2019)