Apa Yang Terjadi di Bumi Jika Matahari Padam? 10 Faktanya!

Halo Guys! Ketemu lagi dengan Bicara yang kali ini akan bercerita tentang hal apa saja yang terjadi di Bumi jika Matahari padam. Tanpa berlama-lama, kita ikuti terus cerita seru ini ya!

Matahari merupakan sebuah  bintang induk pada jajaran tata surya. Bumi dan benda langit lainnya akan bergerak secara simultan untuk selalu mengelilinginya. Matahari juga merupakan pusat energi di dalam tata surya, dan memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di Bumi dan alam semesta.

Dalam keseharian, kita sudah terbiasa dengan siklus Matahari yang terbit di pagi hari dan terbenam di malam hari. Saat terbit, pusat energi ini  akan menerangi Bumi, dan meredupkan sinarnya di malam hari.

Tapi tahukah kamu, bahwa Albert Einstein pernah berpikir, bagaimana jadinya Bumi ini berjalan jika Matahari harus padam? Apakah Bumi akan bertahan tanpa matahari? Mau tau jawabannya? Yuk, kita simak penjelasan selanjutnya.

1. Katastrofi besar yang tidak diketahui manusia pada 8 menit mendatang

Matahari Padam
Matahari Padam

Apabila Matahari padam, maka cahaya terakhir yang akan sampai ke bumi adalah 8 menit setelahnya. Seperti yang dikatakan Einstein dalam Teori Relativitas, bahwa gaya gravitasi tidak akan terjadi secara seketika, tetapi akan bergerak dengan kecepatan yang sama dengan cahaya. Dalam arti kata yang lain, cahaya tidak langsung tercipta. Ia akan bergerak dengan kecepatan 671 juta mil per jamnya, dan akan  membutuhkan waktu sekitar 8 menit sebelum mencapai Bumi.

Jadi saat ketika matahari mulai memadamkan dirinya, manusia tidak akan langsung menyadari hal tersebut hingga delapan menit kemudian.  Dan pastinya malapetaka besar pun tidak akan dapat dihindarkan lagi oleh siapapun.

2. Matahari padam menyebabkan kemungkinan terjadinya tabrakan antara Bumi dan seluruh planet di tata surya!

Tabrakan Antar Planet - Matahari Padam
Tabrakan Antar Planet

Massa matahari berfungsi untuk  menjaga agar semua planet di tata surya tetap bergerak pada orbitnya. Kalau Matahari padam,  maka yang terjadi adalah adanya kemungkinan seluruh jajaran tata surya akan saling menghantam satu sama lain dengan kecepatan tinggi. Bahkan tidak menutup kemungkinan ketika semua tabrakan dahsyat itu terjadi, semua planet termasuk Bumi akan berhamburan ke angkasa luar. Hal tersebut pastinya akan menyebabkan kekacauan total di sistem tata surya.

3. Bulan Menghilang! Tidak ada lagi siang dan malam!

Kondisi Bumi Saat Matahari Memadamkan Dirinya
Kondisi Bumi Saat Matahari Memadamkan Dirinya

Bulan hanya dapat terlihat dari Bumi karena ia memantulkan cahaya dari Matahari. Jadi jika Matahari padam, Bulan juga tidak akan dapat terlihat lagi. Selain itu, hal pertama yang langsung terasa adalah, semua manusia di Bumi menghilang tidak dapat membedakan situasi siang dan malam.

Bumi tidak akan seluruhnya mengalami kegelapan secara total. Bintang-bintang di angkasa tetap akan bersinar dan cahaya dari listrik pun tetap akan dapat terus bekerja menerangi Bumi selama masih terdapat sumber daya listrik. Seluruh planet pada jajaran tata surya pun masih dapat terlihat. Namun semua itu hanya akan terjadi sementara waktu. Pada akhirnya, Bumi akan berada di dalam kegelapan selamanya!

4. Matahari padam menyebabkan suhu di Bumi akan mendingin secara perlahan

Suhu di Bumi Yang Mendingin - Matahari Padam
Suhu di Bumi Yang Mendingin

Matahari memiliki peran penting dalam mengatur suhu Bumi. Suhu Bumi pada siang hari akan lebih hangat karena terpapar langsung oleh cahaya Matahari. Sebaliknya pada malam hari. Suhu akan menurun sehingga menjadi  lebih dingin, karena posisi Bumi yang membelakangi Matahari. Jika Matahari padam, suhu udara di Bumi akan terus mendingin, karena tidak ada lagi yang bisa menghangatkan Bumi. Dan satu minggu setelahnya, suhu Bumi akan terus mendingin secara drastis hingga mencapai titik beku sekitar -17 °C.

Bayangkan saat ketika Gunung Krakatau pernah meletus. Peristiwa  tersebut mampu membuat suhu  temperatur di Bumi turun hingga 1,2°C. Padahal bencana meletusnya Gunung Krakatau masih sangat jauh bila dibandingkan dengan bencana Matahari yang padam.

5. Tidak dapat dihindari, Seluruh Bumi akan membeku!

Bumi Akan Membeku
Bumi Akan Membeku

Dalam situasi kegelapan selama berhari-hari, dan temperatur yang terus menurun hingga mencapai  -73°C tidak akan banyak yang dapat dilakukan.  Ada sejarah dimana antartika pernah merasakan temperatur hingga  -89°C pada tahun 1985. Namun situasi tersebut hanya terjadi  di satu belahan Bumi bumi saja, dan tidak terjadi secara terus menerus. Bagi manusia yang terbiasa dengan iklim tropis, dapat dipastikan tidak akan dapat bertahan hidup dengan temperatur serendah itu.

6. Seluruh elemen kehidupan di Bumi akan lenyap satu per satu! Hanya ada satu tempat yang dapat bertahan.

Kondisi  dan Inti Bumi Saat Matahari Padam
Kondisi dan Inti Bumi Saat Matahari Padam

Dalam situasi yang mengerikan tersebut, dijamin tidak akan ada satu elemen kehidupan pun yang dapat bertahan di Bumi. Namun ada satu solusi  yang diperkirakan akan dapat membuat seluruh elemen kehidupan di Bumi tetap bertahan hidup. Yaitu apabila semua yang ada di Bumi pindah ke tempat yang  berada di dekat geothermal vents atau ventilasi inti Bumi yang berada di dasar lautan. Di tempat tersebut semuanya akan dapat  merasakan panas dari inti bumi, untuk mengimbangi situasi pembekuan yang terjadi.

Namun permasalahannya adalah, manusia harus mampu menciptakan suatu kapal selam yang dapat menyelam hingga mencapai kedalaman dasar Palung Mariana. Dimana palung tersebut berada pada kedalaman sekitar 10.994 meter. Titik paling bawah dari palung laut terdalam di dunia tersebut diperkirakan sangat dekat lokasinya dengan celah menuju inti bumi.

7. Seluruh rantai makanan akan terputus, Tumbuhan dan hewan akan mati secara perlahan!

Rantai Makanan
Rantai Makanan

Ketika Matahari padam, rantai makanan pun akan ikut serta menjadi kacau. Tumbuhan tidak dapat berfotosintesis karena tidak adanya cahaya dari matahari. Dengan transformasi situasi yang seperti ini, akan membuat semua tumbuhan layu dan mati secara perlahan.

Sebagai dampak dari matinya tumbuhan, hewan pun akan mengikuti nasib yang sama. Kepunahannya tidak dapat dihindarkan lagi. Hewan yang akan mati pertama adalah golongan hewan herbivora, karena sudah  tidak akan mendapatkan asupan makanan. Selanjutnya, jika hewan herbivora punah,  golongan karnivora dan omnivora pun akan menyusul, karena tidak ada daging yang bisa dimakan lagi.

8. Saat air membeku, oksigen pun akan berkurang. Hanya sesaat setelah Matahari padam.

Kerak Bumi Yang Hancur Saat Tidak Ada Oksigen
Kerak Bumi Yang Hancur Saat Tidak Ada Oksigen

Ketika tumbuhan dan hewan mati, hal tersebut merupakan pertanda bahwa pasokan makanan untuk manusia pun berkurang. Suhu udara yang dingin secara perlahan akan membuat air membeku dan persediaan air minum pun akan habis. Suhu yang semakin dingin akan membuat oksigen berkurang secara otomatis. Hingga pada satu titik oksigen akan lenyap, dan manusia pun akan berhenti bernafas.

9. Beberapa Hewan dapat bertahan hidup dan terus berkembang hingga miliaran tahun

Hewan Air Dapat Hidup Tanpa Matahari
Hewan Air Dapat Hidup Tanpa Matahari

Dengan kondisi  matahari yang padam, akan sulit untuk meyakini bahwa manusia akan dapat bertahan hidup. Namun lain halnya dengan hewan-hewan yang hidup di lautan, dan berlokasi dekat dengan ventilasi inti Bumi. Diperkirakan mereka akan tetap dapat bertahan hidup selama miliaran tahun setelah matahari padam.

Hal tersebut dikarenakan hewan tidak membutuhkan Matahari untuk dapat tetap hidup. Hewan-hewan itu pun akan mendapatkan makanan dan energi yang dibutuhkan, dari panas yang keluar dari ventilasi inti Bumi yang berada di sekitarnya.

10. Bumi akan Keluar Orbit

Bumi Mendekati Centauri - Matahari Padam
Bumi Mendekati Centauri

Ketika Bumi bergerak sesuai dengan orbitnya, Matahari akan berputar dengan kecepatan yang sangat sangat tinggi, yaitu 67.000 mil per jam. Jika Matahari padam, tarikan gravitasinya akan hilang, tetapi kecepatan Bumi akan tetap sama. Dalam situasi tersebut, Bumi akan melayang ke luar angkasa dalam garis lurus  dan bergerak menjauh dari Matahari.

Ada kemungkinan Bumi akan bertabrakan dengan planet lain atau asteroid dan komet yang berada di sekitarnya. Tetapi jika selamat, hanya dibutuhkan 43.000 tahun atau 4,3 tahun cahaya Bagi Bumi untuk dapat mendekati bintang terdekat Alpha Centauri.  Dan setelah menjangkau 1 miliar tahun, diperkirakan Bumi akan menempuh jarak sekitar  100.000 tahun cahaya. Jarak ini  sama dengan panjang seluruh Galaksi Bimasakti.

Kesimpulan

Ternyata Matahari itu memiliki peran yang sangat penting ya teman teman, baik itu bagi kehidupan di Bumi maupun bagi planet Bumi itu sendiri. Tanpa Matahari, tidak hanya Bumi, tapi seluruh isi Tata Surya kita juga akan mengalami kekacauan yang besar.

Well, Selama Matahari masih menjalankan fungsinya, Manusia masih akan dapat merasakan indahnya kehidupan di Bumi ini. Rantai makanan pun tetap akan berjalan sebagaimana mestinya, tanpa adanya satu elemen pun yang hidup di Bumi akan merasakan kelaparan.

Saat manusia mengeluh karena panas dan teriknya Matahari, mungkin harus berpikir sebaliknya. Bagaimanakah hidup tanpa adanya Matahari?

Well Guys! Selesai sudah cerita Bicara kali ini tentang Apa Yang Terjadi di Bumi Jika Matahari Padam? Semoga kamu semua menyukai cerita ini, dan dapat memberikan informasi yang berguna. Stay tuned for the next story!

Hasta La Vista!

Sumber :

  • Here’s what would happen if the sun disappeared right now – Business Insider