Halo semuanya. Jumpa lagi dengan channel favorit kalian semua, apalagi kalau bukan channel Bicara. Well, kalau biasanya channel Bicara membahas segala sesuatu yang berbau luar angkasa, kali ini agak beda ya guys. Di video kali ini channel Bicara akan membahas tentang tempat anti gravitasi di Bumi.

Gaya gravitasi Bumi yang sangat kuat ini tidak tersebar merata di seluruh Bumi. Artinya ada tempat yang gravitasinya sangat kuat, ada yang biasa-biasa aja, dan ada juga yang tidak terpengaruh gravitasi sama sekali atau anti gravitasi. Hmm, aneh kan? Tempat mana aja di Bumi yang tidak terdapat gravitasi? Apa keunikan di tempat-tempat itu? Temukan jawabannya dengan menonton video ini sampai habis.

“Reverse” Waterfall di Inggris

Reverse waterfall atau air terjun terbalik ini bener-bener seperti namanya. Kalau biasanya air terjun dari atas ke bawah, Reverse Waterfall airnya justru naik ke atas. Lokasinya tidak jauh dari Hayfield, Inggris. Airnya mengalir ke atas menuju langit, mirip banget sama air mancur.

Yang membuat air naik ke atas adalah hembusan angin yang sangat kuat, sehingga air yang tadinya mau terjun ke bawah dihempas kembali ke atas. Dengan tinggi air terjun yang mencapai 24 meter, bisa dibayangin dong gimana kencangnya angin disana.

Rumah Misteri di Oregon, AS

Di dekat Oregon Vortex, ada sebuah kabin kecil yang terlarang dikunjungi siapapun. Dalam kabin ini dipercaya ada kekuatan pusaran misterius yang membuat manusia merasa berada di realitas yang lain. Ketika kalian berjalan di sana, kalian akan merasa seolah-olah akan terjatuh ke jurang. Anehnya lagi, di kabin ini ada sapu yang menempel di bagian atap dan tidak terjatuh ke bawah. Sampai saat ini, misteri kabin kecil ini belum terpecahkan.

Jalan di Kaki Gunung Aragats, Armenia

Gunung Aragats terletak di perbatasan negara Turki dan Armenia. Di kaki gunung ini ada sebuah jalan yang menarik para turis karena efek anti gravitasi yang menakjubkan. Mobil yang diparkir di jalan tersebut dengan keadaan mesin mati bisa berjalan sendiri ke atas bukit. Bahkan sungai-sungai di sekitar gunung itu mengalir ke atas, bukannya ke bawah. Well, menurut para turis yang berkunjung ke sana, naik ke atas gunung jauh lebih mudah daripada turun ke bawah.

Hoover Dam di Nevada, AS

Kalau kamu pergi ke bendungan Hoover, cobalah untuk naik ke puncaknya di ketinggin 221 meter. Setelah itu, coba buang air minum dari dalam botol. Jika biasanya air akan jatuh ke bawah, fenomena di Hoover Dam ini sangat unik. Air yang kamu buang justru akan naik ke atas. Sama halnya jika kamu membuang benda apapun, benda tersebut akan melayang-layang di udara karena kencangnya hembusan angin disana.

Devils Tower di Wyoming, AS

Devils Tower atau Menara para setan adalah fenomena alam yang unik di Bear Lodge Ranger District, Black Hill, Wyoming. Bentuknya adalah batu-batu alam yang menjulang tinggi dan kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di sana. Para pecinta alam juga tertarik untuk naik ke atas puncak Devils Tower. Tinggi Devils Tower hanya 386 meter saja, namun anehnya pendaki yang pernah menaklukkan Gunung Everest bahkan tidak pernah mampu mencapai puncaknya. Jika naik ke atas puncaknya saja sudah susah, ternyata lebih susah lagi untuk turun ke bawah.

Jalan Misterius di Pulau Jeju, Korea Selatan

Pulau Jeju adalah tempat wisata yang sangat menarik di Korea Selatan. Di pulau cantik ini ada sebuah jalan misterius. Jika kamu meletakkan kaleng soda di jalan itu, kaleng tersebut akan menggelinding ke atas bukit bukannya ke bawah. Anomali gravitasi ini menjadi daya tarik para turis yang datang ke sana.

Golden Boulder di Myanmar

Golden Boulder adalah bongkahan batu besar berwarna emas yang kelihatannya bisa jatuh setiap saat. Tapi nyatanya, tanpa penyangga apapun batu itu telah bertahan di tempat yang sama selama 2.500 tahun lamanya! Batu emas ini terletah di ketinggian 15 meter dengan pagoda yang ada di atasnya. Menurut kepercayaan, di dalam batu tersebut ada rambut Buddha yang membuatnya bertahan. Konon batu ini hanya bisa digerakkan oleh wanita. Itulah mengapa para wanita dilarang keras untuk menyentuh batu ini.

Kesimpulan

Tidak hanya astronomi saja yang menarik untukdipelajari. Bumi dan seisinya sendiri menyimpan banyak misteri yang dapatditeliti lebih jauh lagi. Menurut pendapat kalian, gimana dengan fenomena antigravitasi di Bumi? Share pendapatn kalian di kolom komentar di bawah ini ya.

Terima kasih sudah menonton video ini sampai habis. Jangan lupa tekan dulu tombol subscribe-nya, karena dengan men-subscribe channel Bicara kalian terus mendukung kami untuk memberikan konten-konten yang lebih menarik lagi. bagi yang belum ayok subscribe Sampai jumpa di video selanjutnya dan bye!

Sumber:

  • 8 Places on the Planet Where Gravity Doesn’t Work – BrightSide