Ternyata Harga Makanan di Luar Angkasa Mahal!

Teman Bicara, Kalian tau kan kalau astronot sering mendapatkan kiriman makanan ke luar angkasa ketika mereka bertugas di ISS? Nah, tahukah kalian ternyata harga makanan di luar angkasa mahal banget jika dibandingkan dengan harga makanan di Bumi?

Kok bisa lebih mahal ya? dan semahal apa? pasti kalian sudah menebak nebak kan? coba kita lihat, apakah tebakan kalian benar? Yuk kita simak pembahasannya.

Pengiriman Makanan Keluar Angkasa

Ternyata Harga Makanan di Luar Angkasa Mahal!
Source : Nasa.gov

Sebelumnya kalian harus tau dulu kalau mengirim makanan ke luar angkasa itu nggak mudah dan nggak murah guys. NASA membutuhkan roket dan juga harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk Biaya pengiriman keluar angkasa.

Untuk beberapa tahun terakhir NASA menggunakan jasa roket milik Orbital Science dan juga Space X untuk mengirim makanan kesana. Dan biaya yang ia keluarkan bisa mencapai lebih dari 1 juta miliar dolar, cukup mahal juga ya.Well, tapi berapa sebenarnya harga makanan ini untuk ukuran di luar angkasa? Beberapa kali NASA mengirimkan sampel makanan seperti sayuran dan Buah Buahan untuk di uji perkembangannya di luar angkasa. Dan inilah harga makanan makanan tersebut.

1. Air Minum Botol

air minum di ISS

Well, air memang hal yang sangat di perlukan untuk kehidupan, baik untuk makhluk hidup lain bahkan juga manusia, baik itu manusia di Bumi, maupun astronot yang sedang bertugas di luar angkasa. Jadi sempat beberapa kali NASA mengirimkan pasokan air minum kemasan ke astronot yang berada di ISS.

Kalau di Bumi, berat air minum kemasan ini hanya sekitar 16 ons tapi kalau di luar angkasa beratnya akan setara dengan 1 pon. Kalian kalau beli air putih kemasan di Bumi mungkin cuma bayar dengan harga paling mahal 10 ribu lah. Kalau di luar angkasa harga air kemasan ini adalah sekitar $9,100 hingga $ 43.000 guys. Kalau dirupiahkan, 1 botol air minum ini berharga sekitar 144 juta lebih hingga 682 juta rupiah :). well, mahal sekali ya guys.

Pengiriman Air Kemasan Berhenti

Tapiby the way, sekarang NASA sudah berhenti mengirimkan air minumkemasan ke luar angkasa, karena emang difikir fikir cukup mengurasbanyak biaya juga. Sekarang astronot di ISS tidak minum air kemasan,mereka minum cairan yang ada di dalam tubuh mereka sendiri. Janganmikir yang macem macem dulu ya, astronot di ISS telah dibekali sebuahalat pendaur ulang urin maupun keringat yang dapat mengubahnyamenjadi air minum guys.

2. Sayuran

Harga Pengiriman Makanan di Luar Angkasa seperti Sayuran untuk bahan eksperimen astronot

Selain air minum, NASA juga pernah mengirimkan Sayuran untuk para astronot. Sayuran ini bukan hanya dikirim untuk dikonsumsi oleh para astronot ya guys. Tujuan pengiriman sayuran ini adalah untuk sebuah eksperimen efek gravitasi mikro pada tanaman. Penelitian ini sangatlah penting untuk perkembangan kemungkinan kehidupan di Planet Mars. Jadi astronot harus melakukan percobaan menanam tanaman di luar angkasa terlebih dahulu.

Dan tahukah kalian berapa harga sayuran ini diluar angkasa? Sayuran yang hanya memiliki berat beberapa ons atau kilo di Bumi, akan seberat 16 pon di luar angkasa, dan harganya sekitar $ 145.600 hingga $ 690.900. jika dirupiahkan, harga sayuran ini sekitar 2,3 miliar hingga 10,9 miliar. Well, yang masih beli kangkung 2000 an di pasar dapet 3 iket minggir dulu ehehehe. Tapi memang mahal sekalinya harga makanan di luar angkasa.

3. Lemon

Harga Pengiriman Makanan di Luar Angkasa seperti lemon untuk bahan eksperimen astronot

Lemon juga pernah dikirim keluar angkasa oleh NASA sebagai bahan penelitian Astronot Scott Kelly mengenai metabolisme tubuh di luar angkasa. Pengiriman lemon ini nggak cuma 1 atau 2 buah aja guys, tapi 1 kantung lemon. Dan harga buah lemon diluar angkasa adalah lebih dari $ 2000 hingga $ 9.446 per buahnya. Harga ini setara dengan 31 juta rupiah hingga 149 juta rupiah.

Well kalian bayangkan, berat 1 buah lemon di Bumi aja sekitar 3,5 ons. Sedangkan 1 kantung lemon beratnya bisa lebih dari 1 kilo gram. Well, kira kira berapa tuh biaya yang dikeluarkan NASA untuk eksperimen di luar angkasa?

4. Bayi Cumi Cumi/Baby Squid

Harga Pengiriman Makanan di Luar Angkasa seperti Cumi Cumi untuk bahan eksperimen astronot

Selain sayuran dan buah buahan, ternyata NASA juga pernah mengirimkan cumi hidup keluar angkasa guys. Bukan cumi yang sudah mati dan siap di masak ya guys, tapi cumi hidup yang tentakelnya masih bergerak gerak. Hal ini diungkapkan sendiri oleh para astronot di ISS.

Pengiriman Cumi Cumi ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara binatang dengan bakteri yang menguntungkan. Karena diketahui bayi cumi cumi memiliki sebuah susunan bakteri didalam tubuhnya, bakteri itu membantu cumi cumi untuk bercahaya saat berada di bawah air. Cumi yang dipilih ini bernama Cumi Bobtail.

Berat cumi cumi ini sendiri sangat ringan guys kurang dari 1 ons, jadi tidak memakan terlalu banyak biaya untuk pengiriman. Harga satu cuminya adalah sekitar $ 1,60 hingga $ 7,59, atau sekitar 20 ribu rupiah hingga 120 ribu rupiah per cumi. Well memang cukup murah ya jika di bandingkan dengan harga makanan yang lain, tapi kalau di bandingkan dengan harga makanan di Bumi kalau 1 ekor cumi harganya segini, yaa tetep menguras dompet si ehehe :3

Biaya Yang diKeluarkan Sebanding

Well, jadi gimana menurut kalian, apakah harga makanan diluar angkasa cukup mahal? Bukan cukup mahal sih ya tapi memang benar benar mahal!!

Tapi menurut salah satu Insinyur luar angkasa, Ravi Margasahayam. Harga yang dikeluarkan NASA untuk pengiriman bahan bahan eksperimen keluar angkasa ini sangatlah sebanding dengan hasil yang mereka terima. Well bagaimana tidak, setiap kali peluncuran, Astronot di ISS selalu membuahkan hasil penelitian, apapun itu. Jadi ini adalah harga yang sebanding untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Kemajuan Teknologi di Bumi

Berbagai Eksperimen yang dilakukan di luar angkasa maupun di stasiun luar angkasa seperti ISS memiliki potensi yang bagus. Kita bisa belajar mengenai metabolisme tubuh manusia dan juga masa depan penelitian ke luar angkasa. Betul nggak guys? Penemuan para ilmuwan dan astronot kita itu sangatlah memberikan kemajuan bagi segala macam teknologi yang ada di Bumi.

Harga Makanan yang dikirimkan ke luar angkasa mahal juga bukannya tidak beralasan. Makanan ini memiliki berat yang berbeda di luar angkasa. Selain itu, NASA juga harus mengeluarkan Biaya pengiriman seperti bahan bakar roket dsb.

Kesimpulan

Well, jadi itulah alasan harga makanan di luar angkasa sangat mahal guys. Memang mahal, tapi dapat kita simpulkan bahwa biaya pengiriman ini sebanding dengan kemajuan penelitian di Bumi. Kalau masih ada yang protes ngapain meneliti luar angkasa sedangkan lautan di Bumi saja belum semuanya terjamah. Well, selama kita bisa berbagi wilayah penelitian berbeda kenapa nggak? Lautan bukan wilayah penelitian NASA guys ehehe.

Hargamakanan yang mahal di luar angkasa merupakan Investasi Bumi terhadapperkembangan teknoogi modern di masa depan, jadi ini tidak sia sia.NASA tidak hanya mengiimkanmakanan untuk astronot, tapi itu semua adalah bahan eksperimen bagipara Astronot dalam menjalan kan misinya. Begitu.

Sumber :

  • Here’s how much money it actually costs to launch stuff into space – Business Insider