Bagaimana Jika Bumi Kehilangan Atmosfer

Well, halo semuanya. Kembali lagi bersama channel kesayangan kalian apalagi kalau bukan channel Bicara. Seperti biasa channel bicara akan membahas info-info menarik seputar astronomi, pengetahuan, dan masih banyak lagi.

Di video kali ini channel Bicara akan membahas tentang bagaimana jika bumi sampai kehilangan semua atmosfernya. Pasti tidak terbayang dong, hal apa yang akan terjadi pada manusia? akan kah manusia bisa bertahan? penasarankan dengan video yang satu ini? saksikan video ini sampai habis ok.

Atmosfer punya fungsi yang vital

Atmosfer adalah salah satu elemen bumi yang sangat penting. Atmosfer melindungi kita dari serangan asteroid dan benda-benda langit berbahaya lainnya. Berkat atmosfer, manusia terlindung dari sinar matahari berbahaya dan iklim di bumi juga menjadi lebih bersahabat.

Mars adalah planet tanpa atmosfer

Kalau kalian penasaran apa jadinya bumi tanpa atmosfer, tidak perlu lihat jauh-jauh. Tengok saja ke tetangga sebelah, planet Mars. Sejak 4 miliar tahun lalu, Mars telah kehilangan semua atmosfernya. Ini menyebabkan permukaan planet Mars menjadi sangat tandus, kering, dan berdebu.

Manusia akan menjadi tuli

Efek pertama yang langsung terasa adalah kita semua tidak akan bisa mendengar apa-apa. Dunia akan menjadi sunyi sepi. Mengapa?

Gelombang suara adalah getaran yang dihantarkan melalui udara. Tanpa udara tidak ada media yang bisa menghantarkan suara. well apapun suaranya kalian tidak bisa mendengar karena suarat tidak dapat di hantarkan dengan baik.

Apa yang terjadi di film tidak nyata

Sampai disini, siapa yang mau protes hayo tunjuk tangan? Di film-film seperti Star Wars dan Avengers, orang-orang di luar angkasa tetap bisa berkomunikasi seperti biasa. Yah, namanya juga film kan. Pada kenyatannya, luar angkasa adalah tempat yang sangat sunyi.

Langit menjadi gelap gulita

Kalau kalian memperhatikan, langit bumi terang di siang hari meskipun langit di luar angkasa gelap gulita. Yang membuat bumi bercahaya adalah atmosfer bumi. Cahaya matahari yang diterima kemudian dibiaskan oleh atmosfer hingga ke seluruh permukaan bumi. Jika tidak ada atmosfer, jelas langit menjadi hitam, gelap gulita.

Aktivitas di udara terganggu

Benda-benda yang terbang di langit seperti pesawat dan burung membutuhkan teknan udara agar mereka tetap bisa melayang. Jika atmosfer hilang, maka tekanan udara tidak ada lagi. Semua pesawat terbang dan burung langsung berjatuhan ke bumi.

Air di lautan mendidih

Tanpa tekanan udara, titik didih air akan menurun. Bisa-bisa air mendidih pada suhu 50 derajat dan akan terus menurun.

Kalau sudah begini, semua lautan di bumi otomatis akan mendidih dan terus menguap sampai habis. Air yang menguap tadi akan mengembun dan bisa kembali menjadi air. Tapi karena suhu di bumi menurun drastis, semua air yang ada langsung berubah menjadi es. Suhu bumi bisa anjlok sampai -18 derajat celcius.

Sinar matahari bebas masuk ke bumi

Seperti kalian tahu, sinar matahari sangat berbahaya bagi manusia. Berkat adanya lapisan atmosfer, sinar matahari yang masuk ke bumi bisa dibatasi agar tidak membahayakan manusia. Jika atmosfer tidak ada, siap-siap menerima sinar matahari yang tidak terbatas. Akibatnya kulit manusia akan mudah terbakar meski suhunya sangat dingin.

Berapa lama manusia bisa bertahan

Ini dia pertanyaan yang terpenting. Berapa lama manusia bisa bertahan tanpa atmosfer?

Kalau kalian punya seragam luar angkasa seperti milik astronot lengkap dengan masker oksigen maka kalian akan bertahan. Tanpa keduanya, manusia langsung mati seketika itu juga. Tidak hanya manusia, seluruh makhluk hidup yang membu tuhkan oksigen akan punah.

Membentuk atmosfer baru

Sinar matahari bisa memecah uap air menjadi oksigen. Jika gas ini bersatu dengan karbon dioksida yang dihasilkan oleh letusan gunung berapi, lalu digabungkan dengan lapisan geotermal bumi maka terciptalah lapisan atmosfer baru.

Namun atmosfer baru ini baru bisa terbentuk dengan sempurna setelah ratusan juta tahun. Saat itu seluruh makhluk hidup sudah punah. Mungkin hanya tersisa mikro organisme saja di bumi. Tapi atmosfer baru ini jauh lebih tipis dsari sebelumnya dan tidak cukup untuk digunakaan bernafas oleh manusia.

Kesimpulan

Atmosfer adalah komponen yang sangat penting, dan tanpa atmosfer bumi akan hancur. so mulai dari sekarang kalian sudah paham kan gunanya atmosfer dan seberapa penting atmosfer itu? nah dengan menjaga lingkukan kita dan menghemat penggunaan bbm kita bisa memberikan dampak positif terhadap atmosfrer sehingga atmosfer kita jauh lebih baik ok.

untuk pembahasan video kali ini mungkin cukup sampai disini dulu ok bagi kalian yang belum subscribe ayo klik subscribe karena video selanjutnya masih ada yang seru dan masih membahas seputar sains dan astronomi so tunggu apalagi guys terakhir Terima kasih sudah menonton video sampai habis. Jdan sampai jumpa lagi di video selanjutnya hanya di channel bicara! bye..