Planet ekstrem? Apa sih maksudnya? Yang dimaksud dengan planet ekstrem adalah planet yang memiliki kelebihan yang menonjol dan berbeda dari yang lainya ada planet paling panas, paling dingin, paling tua dan paling muda dan masih banyak yang lainya. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang planet-planet paling ekstrem di alam semesta di luar galaksi kita.

Nah apa sajakah planet itu semua? penasaran kan? daripada penasaran cari tahu yuk!

Planet Terpanas

Merkurius adalah planet terpanas di tata surya kita, dengan suhu mencapai 430 derajat celcius. Ternyata, merkurius tidak apa-apanya dibandingkan planet KELT-9B. Planet ini sangat besar dengan massa 2,5 kali lipat dari matahari. Sayangnya, ilmuwan belum bisa mengukur berapa jarak KELT-9B dengan bintang induknya, karena kesulitan dan keterbatasan alat.

Yang jelas, suhu rata rata di planet ini diperkirakan mencapai 4.300 derajat celcius! Duh, nggak kebayang dong gimana panasnya.

Planet Terdingin

Dulu, pluto sering disebutsebagai tempat terdingin. Namun pluto bukanlah planet terdingin yang pernahada. OGLE-2005-BLG-390Lb atau OGLE saja adalah sebuah planet yang mengitaribintang kerdil merah sebagai induknya.

Planet yang sering disebut sebagai Hoth ini adalah sebuah planet beku dengan suhu mencapai -223 derajat celcius. Dengan suhu ekstrem seperti itu, OGLE tidak memiliki atmosfer karena semua lapisan udaranya ikut membeku menjadi es. Ukuran planet ini hampir sama dengan dengan bumi, yang jelas planet ini lebih dingin dari pada hati mantan.

Planet Terbesar

Ketika sebuah bintang meledak, ia bisa menciptakan kerdil cokelat (Brown dwarf). Ukuran Brown dwarf sendiri lebih besar dari planet pada umumnya. DENIS-P J082303.1-91201b adalah planet yang masih diperdebatkan oleh para ilmuwan karena ukurannya yang sangat besar. Planet DENIS punya massa 28,5 kali lebih berat dari Jupiter dan 9063 kali lebih berat dari Bumi! itu artinya planet ini memiliki ukuran yang jumbo dan sangat besar.

Planet Terkecil

Ada planet terbesar, tentu adayang terkecil. Kepler 37-b adalah planet terkecil yang pernah ditemukan olehNASA. Ukurannya lebih kecil dari Merkurius namun sedikit lebih besar dariBulan. Planet ini juga mengitari bintang induk dalam jarak yang sangat dekat,lebih dekat dari jarak Merkurius dan Matahari. Dapat dipastikan planet inipunya suhu sangat panas, sehingga tidak mungkin ditemukan air atau kehidupan disana.

Planet Tertua

Umur alam semesta diperkirakan telah mencapai 13,8 milyar tahun, hanya 1,1 milyar tahun lebih tua dari planet PSR B1620-26b. Ya, planet ini adalah planet tertua yang ada di alam semesta sejauh ini. Tepatnya, planet PSR ini berusia 12,7 milyar tahun. Usia planet ini bahkan lebih tua dari dua bintang induknya, yaitu sebuah bintang neutron dan bintang kerdil putih.

Planet Termuda

V830 Tauri adalah sistemplanet yang belum terbentuk sempurna. Usianya saja baru 2 juta tahun. Bintanginduk dari sistem planet ini punya ukuran yang sama dengan Matahari, namunbelum terbentuk sempurna. Dalam beberapa juta tahun ke depan, sistem ini bisamembentuk tata surya sendiri atau justru termakan oleh gas besar yang ada didalamnya.

Planet Kanibal

WASP-12b adalah sebuah planetyang mengorbit dalam jarak sangat jauh dengan bintang induknya. WASP-12b  ditemukan melalui teleskop Hubble. Namun,planet yang terdiri dari gas ini dimakan oleh bintang induknya sendiri secaraperlahan. Atmosfer WASP-12 berkurang setidaknya 189 ribu triliun ton pertahunnya. Akibatnya, umur planet ini tinggal 10 juta tahun saja.

Planet Tergelap

Berikutnya adalah planettergelap yang pernah ada. TrES-2b adalah planet yang tidak memiliki cahayaapapun di dalamnya. Besar planet ini sendiri seperti planet Jupiter. Kenapaplanet ini bisa gelap gulita? Usut punya usut, TrES-2b terbentuk dari penguapansenyawa sodium dan potasium, serta gas titanium oksida yang menyerap semuajenis cahaya. Planet ini hanya bisa memantulkan 1% dari semua cahaya yang ada.Saking gelapnya, warna planet ini lebih hitam daripada arang.

Planet Saturnus Super

Saturnus adalah planet yangpaling unik di galaksi kita karena merupakan satu-satunya yang dikelilingi olehcincin yang sangat cantik. Nah di luar sana, ada planet yang sangat miripdengan Saturnus, bahkan punya cincin juga lho!

Super Saturn J1407-b adalah planet yang memiliki massa 20 kali lebih berat dari Saturnus dan ukuran cincinnya 200 kali lebih besar! Diameter cincinnya mencapai 180 juta kilometer. Jarak itu lebih jauh dari jarak matahari dengan Bumi.

Planet Tercepat

Di Bumi, manusia merayakanulang tahun setahun sekali. Gitu aja udah merasa tua banget ya? Gimana kalaukalian merayakan ulang tahun setiap 10 jam sekali! Itulah yang akan terjadikalau kalian hidup di SWEEPS-10, planet tercepat yang pernah ada.

Lokasi planet ini sangat dekatdengan bintang induknya, dengan kekuatan gravitasi yang amat besar. Karenajaraknya hanya 1,2 juta km saja dari bintang induk, siklus revolusi planet inihanya 10 jam! Itu artinya, 1 tahun di Bumi sama dengan 10 jam di planetSWEEPS-10.

Kesimpulan

Nah, itu dia pembahasan tentang planet paling ekstrem di alam semesta. Semua tentu tidak berhenti di sini ya. Di tahun-tahun yang akan datang akan ada lebih banyak lagi penemuan yang dilakukan oleh para ilmuwan dan pastinya akan menemukan planet planet yang extrime lainya dan tentu lebih unik.

Hmm, sepertinya sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, terimakasih sudah mampir, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. jagan lupa cek artikel kita yang lain ya, see u!

Sumber :

Most Extreme Planets In The Galaxy – Youtube (Diakses pada 21 Maret 2019)