Saat di bangku sekolah, Guru-guru kalian pasti sudah menjelaskan kalau Bulan bercahaya karena memantulkan cahaya Matahari. Tapi jika demikian, kenapa Cahaya Bulan bisa lebih terang dari Venus dan Bintang ketika dilihat dari Bumi? Padahal seperti yag kita tahu Venus dan Bintang memancarkan caahayanya masing masing.

Hmm, ada yang tau kenapa? Kenapa warna Bulan menjadi kuning terang saatn sedang purnama? Kenapa Bulan bisa nampak di siang hari tapi bintang lain selain Matahari tidak?

Bulan Tidak Memantulkan Semua Cahaya yang Ia Terima

Oke, jadi sinar Matahari yang super terang itu memang membuat Bulan terlihat bercahaya. Tapi ternyata Bulan tidak memantulkan semua cahaya Matahari yang dia terima. Mungkin hanya sekitar 3 sampai 12 persen aja. Bayangkan kalau Bulan memantulkan semua cahaya Matahari, pasti dia bisa ratusan kali lebih terang. inilah salah satu penyebab cahaya bulan lebih terang dari Venus dan Bintang.

Bentuk Bulan di Pengaruhi Oleh Pergerakannya

Seluruh benda di alam semestaini bergerak, mulai dari planet, bintang, asteroid, dan termasuk Bulan. Nah,bedanya Bulan bergerak mengelilingi Bumi. waktu yang diperlukan Bulan untuksatu kali putaran adalah 29.5 hari. Ini sekaligus juga menjelaskan kenapa bulanpurnama hanya terjadi sebulan sekali.

Karena Bulan terus bergerak,maka bentuknya pun berubah-ubah. Kadang berbentuk sabit, separuh, 3/4, hinggaakhirnya utuh menjadi bulan purnama.

Cahaya Bulan Tergantung Pada Letaknya

Cahaya Bulan Lebih Terang Dari Venus Dan Bintang, tapi cahaya bulan bergantung pada letaknya

Tadi sudah dijelaskan bentukBulan dipengaruhi oleh pergerakannya mengitari Bumi. Pergerakan Bulan ini jugamempengaruhi kadar cahaya Matahari yang diterima. Misalnya ketika Bulanberbentuk sabit, itu artinya Bulan berada di lokasi yang paling jauh denganmatahari, sehingga hanya 1/4 bagian saja yang bisa menerima sinarnya.

Bulan Bersinar Terang Saat Purnama

Sebulan sekali ada fenomena full moon atau bulan purnama. Bulan purnama terjadi saat Bulan berada pada posisi 180 derajat, dimana Matahari, Bumi, dan Bulan ada dalam satu garis lurus. Pada saat purnama, setengah bagian Bulan yang disinari Matahari terlihat jelas dari Bumi.

Bulan Lebih Terang Dari Bintang Bintang

Kalian pasti suka dengan pemandangan bintang-bintang yang indah di malam hari ketika langit gelap bukan? Tapi tahukah kalian kalau cahaya bulan lebih terang dari Venus dan Bintang? Nggak percaya?

Sekarang coba deh ingat-ingat,kalian pasti pernah melihat Bulan di siang hari. Meski langit sangat cerah, adaobyek bentuk bulat berwarna keabu-abuan di langit yang tidak lain adalah Bulan.Tapi apa kalian pernah melihat bintang di siang hari?

Ini membuktikan kalau Bulanlebih bercahaya dari bintang.

Bulan Lebih Terang Dari Venus

Planet Venus dikenal sebagai planet paling terang di alam semesta. Nggak salah memang. Hanya saja, Venus masih kalah terang dengan Bulan. Padahal Venus lebih dekat dengan Matahari dan memantulkan 65% cahaya Matahari yang di terima. nah hal ini di karenakan jarak antara bumi dengan bulan lebih dekat di bandingkan jarak bumi dengan planet venus, sehingga planet venus terlihat lebih kecil dan redup di bandingkan bulan.

Tidak Semua Benda Langit Bisa Memantulkan Cahaya

Bulan bisa bercahaya? Ya jelasdong kan dia menerima cahaya matahari. Well, sebenarnya tidak sesederhana ituguys. Sekedar informasi aja, tidak semua benda langit bisa memantulkan cahaya. Lihataja bintang. Dia bercahaya terang tetapi dia tidak bisa memantulkan cahayamatahari yang dia terima kan? Buktinya di siang hari dia kalah terang denganMatahari.

Di tata surya kita ini hanya ada 3 benda yang bisa memantulkan cahaya yaitu Matahari, Bulan, dan planet Venus.

Kesimpulan

Oke, jadi dapat kita simpulkan bahwa Bulan memang mendapatkan cahaya dari Matahari. Tapi sinar Bulan didapatkan dari kemampuan Bulan untuk memantulkan cahaya yang dia dapat.

Jika Bulan tidak bisa memantulkan cahaya, maka dia akan sama dengan obyek lain di alam semesta yang hanya menerima sinar matahari.

Benda langit yang bisa memantulkan cahaya bisa akan menerangi obyek lain yang ada di sekitarnya. Jadi kemampuan Bulan ini termasuk langka. Seperti Bumi contohnya, Ia menerima banyak sinar Matahari tidak bisa memantulkannya ke mana-mana, tetapi Bulan bisa. Dan itulah mengapa Cahaya Bulan lebih terang dari Venus dan Bintang.

Sumber :

  • Why Does The Moon Shine – Live Science (Diakses pada 1 April 2019)